Tools Hybrid Working Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tools Hybrid Working menjadi kebutuhan utama seluruh perusahaan selama pandemi ini berlangsung. Work from home (WFH) atau hybrid working telah menjadi gaya cara bekerja kebanyakan orang saat ini. Bisa saja ketika pandemi telah berakhir pun, banyak perusahaan yang akan tetap menerapkan WFH atau Hybrid working kepada para karyawannya. 

Pada kali ini kita akan membagikan informasi mengenai tools yang dapat mendukung kalian ketika WFH atau Hybrid Working yang dapat meningkatkan produktivitas kalian. Berikut beberapa tools yang dapat digunakan untuk mendukung produktivitas ketika WFH atau Hybrid Working.

Video Conference / Online Meeting

Cisco Webex Meeting

Cisco Webex Meeting merupakan pemain lama (sejak tahun 1995) dalam aplikasi Video Conference / online meeting. Pada awalnya target pengguna webex adalah level Enterprise. Jadi dari sisi infrastruktur & Applikasi mungkin lebih mature dari yang lain. 

Cisco Webex juga memiliki Collaboration solution seperti Cisco Webex Meeting Suite yang sangat cocok untuk level Enterprise di masa WFH atau Hybrid Working saat ini. Lalu ada juga Room Kit series yang merupakan line up perangkat Video Conference dari Cisco Webex. 

Baca Juga: Mengenal Tren Hybrid Working

Zoom

Zoom merupakan aplikasi online meeting yang populer ketika masa pandemic berlangsung. Kemudahan dan penggunaan akses bagi para pengguna personal maupun level enterprises adalah keunggulan utamanya.

Salah satu keunggulan dalam fitur zoom adalah dalam hal penyimpanan file recording. Zoom menyediakan beberapa fitur kustomisasi file video recording seperti : 

  • Dapat memperlihatkan rekaman dalam beberapa tampilan seperti, menampilkan rekaman Active speaker saja,Gallery View & Shared Screen menjadi file rekaman terpisah.
  • File Recording Audio & Video dapat di pisah.
  • Layout Video Recording dapat diatur sendiri.
  • Keuntungan tersebut memudahkan bagi para editor video yang akan menggunakan rekaman dari Zoom.

Google Meet

            Hampir setiap orang memiliki account google, sehingga orang-orang tersebut sudah bisa menggunakan Google Meet. Untuk versi Desktop/Notebook hanya ada versi web, jadi tidak ada versi aplikasinya.

Keunggulan Google Meet antara lain :

  • Karena web based, google meet memiliki 3rd Party Extension yang menawarkan bermacam-macam feature seperti dual layar dan yang lainnya.
  • Dapat menampilkan hingga 49 vidio partisipan dalam 1 layar.

Komunikasi seperti Chat atau messaging dengan Team

tools hybrid working

Bisa saja kita menggunakan aplikasi whatsapp untuk berkomunikasi dengan team. Tapi aplikasi whatsapp tersebut di dalam terdapat banyak pesan pribadi atau group. Apabila ditambah dengan pesan untuk kepentingan pekerjaan, maka isi list pesan di whatsapp akan menjadi sangat banyak dan memusingkan. Oleh karena itu memisahkan antara pesan personal dan pekerjaan merupakan ide yang bagus.  Berikut aplikasi messaging dengan team rekomendasi dari kami.

Cisco Webex Teams

Cisco Webex Teams merupakan all in one aplikasi untuk komunikasi yang bagus digunakan saat ini. Selain fitur basic seperti chat, call,video conference & transfer file lewat internet. Pada level enterprise Webex Teams dapat diintegrasikan dengan webex calling (telepon menggunakan PSTN) dan solusi lainnya dari Cisco & 3rd Party apps lainnya.

Slack

Aplikasi Slack saat ini juga tengah popular karena kemudahan access nya bagi siapapun. Slack juga dapat melakukan integrasi ke aplikasi 3rd Party seperti webex teams,Trello, Google drive,dll.

Remote Desktop Software

Walaupun kita bekerja dari rumah, terkadang ada kalanya kita perlu mengakses komputer kita yang ada di kantor. Untuk hal itu berikut ini ada pilihan kami untuk software Remote Desktop Software.

TeamViewera

TeamViewer adalah aplikasi Remote Desktop yang telah lama dikenal. Keunggulannya adalah cakupan Operating System yang dapat mensupport TeamViewer dan banyak feature yang ada menjadi pilihan bagi pengguna personal maupun level enterprise.

AnyDesk

Bila anda mencari Remote Desktop gratisan, mungkin AnyDesk bisa menjadi pilihan utama. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah bandwidth yang digunakan tidak sebesar aplikasi remote desktop lain. Hanya saja kelemahannya ada pada fitur yang lebih sedikit dari pada aplikasi remote desktop sejenisnya.

Cloud Storage

Cloud storage sangat dibutuhkan bagi para pekerja WFH,Hybrid Working atau Remote Worker. Karena dengan ini kita dapat mengakses, sharing dan mengupdate data pekerjaan kita dari mana saja.

Google Drive

Setiap pemegang akun Gmail, memiliki dan langsung dapat mengakses Google Drive masing-masing. Keunggulan dari google drive adalah kemudahan dalam penggunaannya. Untuk paket yang berbayar pun google drive menawarkan harga yang cukup murah. Menurut kami Google Drive sangat cocok untuk pengguna cloud storage pemula atau yang menyukai hal yang praktis dan simpel.

Dropbox

Aplikasi Dropbox memiliki keunggulan dari sisi kaya akan fitur dan paket pilihan harga yang lebih bervariatif. Kebanyakan pada level enterprise , Dropbox lebih disukai karena ada pilihan unlimited storage serta fitur advan yang ditawarkan dibandingkan cloud storage lainnya.

Task atau Project Management

Monday.com

Monday.com adalah aplikasi project management yang sudah sangat terkenal. Kekuatannya ada pada penggunaanya yang mudah dan dapat di kostumisasi sesuai dengan yang kita inginkan. sehingga mempermudah anda dalam mengatur pekerjaan yang banyak bersama team. Tapi sayangnya Monday.com tidak ada yang versi gratis.

Trello

Sama halnya dengan Monday.com Trello juga terkenal sebagai aplikasi project management. Perbedaan yang mencolok bila dibandingkan dengan Monday.com adalah tampilan yang lebih simple dan mudah digunakan. Trello memiliki versi gratis dan berbayar.

rental video conference

Leave a Comment