Pengertian Video Conferencing Beserta Manfaatnya

pengertian video conferencing

Pertemuan secara virtual semakin marak terjadi pada saat ini. Untungnya dengan kemajuan teknologi yang ada serta semakin banyak orang mengerti penggunaannya, video conferencing sudah tidak asing lagi untuk digunakan. Namun sebenarnya apa pengertian video conferencing? Kemudian, apa saja manfaat yang bisa dirasakan ketika memutuskan untuk melakukan video conferencing? Anda bisa mendapatkan seluruh informasi penting tersebut di bawah ini.

Pengertian Video Conferencing

Pada dasarnya, video conferencing adalah teknologi yang memungkinkan setiap penggunanya dalam satu ruang meeting sama walaupun dari lokasi berbeda-beda. Mereka bisa tetap saling bertatap muka dengan bantuan berbagai perangkat tanpa harus berada di satu lokasi yang sama. 
 
Teknologi video conferencing memang membawa rasa nyaman sekaligus praktis. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, semakin sulit untuk bertemu secara langsung dalam jumlah orang yang banyak. Inilah mengapa video conferencing dinilai sangat membantu dalam proses bisnis saat ini. 

Baca juga: Apa Manfaat Kantor Virtual untuk Bisnis?

Video conferencing juga tidak mengenal perbedaan kota dan negara. Di mana pun Anda berada walaupun dari lokasi sangat jauh sekali pun tetap bisa menjalankan meeting dengan nyaman dan cepat. Selain bisa tetap menjaga kesehatan satu sama lain karena bertemu secara virtual, dari segi biaya dan kerepotan juga cenderung minim. 
 
Dengan teknologi ini, Anda bisa melaksanakan meeting dalam skala besar. Bahkan untuk negosiasi bisnis, interview kerja, seminar online, serta kelas online. Jadi dalam satu teknologi yang sama, semua sisi sangat terbantu.

Manfaat Video Conferencing

Jika anda sudah tahu bagaimana pengertian video conferencing, lalu apa saja manfaatnya? Berikut manfaat video conferencing dalam berbagai sektor.

1. Bisnis
Manfaat video conferencing untuk kelas bisnis adalah mengurangi biaya perjalanan serta mampu melaksanakan briefing dengan lebih cepat. Interview kerja juga bisa dilaksanakan dengan cepat tanpa harus terganggu masalah keterlambatan di jalan dan hambatan lainnya.

2. Pribadi
Manfaat video conferencing untuk penggunaan pribadi adalah bisa melakukan komunikasi tatap muka dengan lebih mudah bersama keluarga. Ya, dengan kondisi pandemi maka sulit untuk bertemu dengan keluarga besar secara langsung. Begitu juga kerabat dan lainnya. Rasa kangen yang muncul karena belum bertemu dalam jangka waktu cukup lama bisa terobati berkat video conferencing.

3. Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, video conferencing bisa bermanfaat untuk melaksanakan kelas dan kuliah online. Seminar yang juga sering dilaksanakan di kampus pun bisa tetap dilaksanakan dengan mudah melalui video conferencing. Jadi sudah tidak ada lagi alasan untuk menunda pendidikan walaupun kondisinya seperti sekarang ini.

4. Masyarakat
Pihak masyarakat luas sangat membutuhkan video conferencing, khususnya untuk beribadah. Semakin hari sudah banyak yang nyaman menjalankan ibadah online di rumah saja. Sama seperti dunia pendidikan, tidak ada lagi alasan untuk tidak menjalankan ibadah. Semua sudah dimudahkan dengan video conferencing.

Jadi itulah pengertian video conferencing beserta manfaatnya yang bisa Anda dapatkan dengan mudah pada saat ini. Jangan sampai Anda melewatkan manfaat video conferencing yang sangat berguna untuk kehidupan sosialisasi. 

Baca juga: Barisan Aplikasi Rapat Virtual yang Optimal

Anda memiliki bisnis yang membutuhkan paket lengkap perangkat video conferencing? Edavos telah hadir sebagai solusi tepat bagi Anda. Telah tersedia rental video conference cisco yang siap memberikan Anda seluruh perangkat lengkap demi memudahkan proses kelangsungan bisnis secara virtual. Jangan khawatir karena cisco merupakan platform video conferencing tepercaya dan memiliki tingkat keamanan tinggi. Anda butuh berlangganan akun webex meetings tahunan atau bahkan bulanan? silahkan kunjungi tokopedia PT.Edavos!

Leave a Comment

shares