Tips Mengadakan Kelas Online Yang Efektif

Mengadakan kelas online menjadi satu aktivitas yang sangat sering dilakukan pada saat ini. Dengan keadaan yang masih seperti sekarang, maka kelas online jauh lebih efektif dan aman dibandingkan harus bertatap muka secara langsung.

4 Tips Mengadakan Kelas Online yang Efektif

Tujuan utama dari kelas online sudah pasti memberikan ilmu kepada para peserta. Tapi apakah Anda tahu tips and trick dalam mengadakan kelas online? Ada cukup banyak tips n trick yang bisa memberikan Anda bantuan ketika ingin mengadakan kelas online pada hari-hari mendatang. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Harus Ada Komunikasi Dua Arah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengadakan kelas online adalah harus ada komunikasi dua arah. Banyak kesalahan yang dilakukan ketika kelas online berjalan. Pihak pengajar atau pembicara sangat sering berbicara hingga tidak ada ruang pertanyaan atau feedback dari peserta. Kalau sudah begini, maka suasana kelas online tidak lagi nyaman. Bahkan terasa membosankan.

Baca juga: Download Webex untuk Laptop Demi Memudahkan Mobilitas Anda

Oleh karena itu, ketika kelas online sedang berlangsung, harus ada sesi memberikan ruang bagi peserta untuk bertanya, memberikan feedback, atau berinteraksi dengan bantuan fitur yang tersedia di dalam platform video conference tersebut. Jadi suasana kelas online menjadi lebih seru dan membuat para peserta semakin tertarik mengikuti pembahasan yang ada.

2. Menggunakan Media Visual dan Audio Untuk Alat Pembelajaran

Cara ini memang ditujukan kepada pihak penyelenggara atau pengajar. Jika hanya menggunakan media teks saja, sudah pasti suasana kelas online lebih membosankan. Tapi bagaimana jika lebih memaksimalkan visual dan audio? Pasti jauh lebih seru dan berwarna.

Media visual dan audio memang lebih mampu meningkatkan suasana kelas online. Para peserta bisa lebih fokus untuk mengikuti materi dan dari sisi pengajar juga dipermudah karena ada bantuan dari kedua media tersebut.

3. Buat Ruang Diskusi

Selain harus ada komunikasi dua arah, diperlukan pembuatan ruang diskusi bagi para peserta yang ikut kelas online. Biasanya di dalam platform video conference terdapat fitur untuk membentuk beberapa ruang diskusi agar para peserta bisa dibagi dalam grup. Di sana, mereka bisa berdiskusi dengan tujuan akhir untuk dijelaskan dalam kelas online.

Pembentukan kelas online ini sangat bagus agar para peserta merasa dilibatkan. Mereka juga bisa menunjukkan pemahaman atas materi yang sebelumnya telah diberikan. Jadi metode pembelajaran yang diberikan lebih memberikan dampak positif.

Baca juga: Cara Video Conference di Rumah

4. Mudah Diakses

Berbicara mengenai tips and trick dalam mengadakan kelas online, maka dibutuhkan bantuan platform video conference yang berkualitas dan terbaik. Saat ini telah tersedia beberapa platform video conference yang bisa dipilih. Namun di antara semua platform, Anda harus memilih yang paling mudah diakses. Maka solusi paling tepat adalah Cisco Webex.

Platform video conference ini sangat mudah diakses menggunakan berbagai macam perangkat teknologi. Sebut saja komputer, laptop, smartphone, hingga tablet. Selain itu cukup banyak fitur yang membantu sepanjang proses kelas online. Termasuk memiliki tingkat keamanan paling tinggi di antara platform lainnya. Inilah mengapa Anda wajib menggunakan Cisco Webex.

Bagaimana caranya mendapatkan aplikasi ini? Sekarang Anda sudah bisa mendapatkannya dengan mudah di tokopedia Edavos. Tidak hanya menyediakan aplikasinya saja, Edavos juga memiliki solusi rental video conference Cisco Webex Room Kit dan software webex meetings. Dengan kemudahan yang ditawarkan, Anda bisa melaksanakan kelas online dengan mudah. Tunggu apalagi? Kunjungi Edavos untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Leave a Comment