Cara Video Conference di Rumah

Situasi saat ini membuat banyak hal yang biasanya bisa dilakukan tatap muka harus beralih secara daring atau virtual. Salah satunya adalah rapat atau meeting yang harus dilakukan secara daring. Bagi yang tidak terbiasa, hal ini tentu akan menjadi masalah baru, terlebih jika Anda harus WFH alias work from home. Nah, agar Anda tidak mengalami kesulitan, berikut adalah cara video conference di rumah.

Hindari Persiapan Mendadak

Jangan pernah melakukan persiapan mendadak saat harus video conference di rumah. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa tiba-tiba terjadi pada detik-detik terakhir. Melakukan persiapan secara mendadak akan membuat Anda panik saat harus mencari solusi permasalahan. Bukannya cepat selesai, yang ada Anda justru bertambah panik.

Untuk itu, sebaiknya lakukanlah persiapan yang tidak terlalu mepet. Tiga puluh menit sebelum diharuskan melakukan video conference, pastikan semuanya sudah beres. Cek apakah koneksi internet Anda lancar. Lihat webcam untuk merekam, ada gangguan atau tidak. Tes microphone Anda, bisakah menangkap suara atau tidak. Melakukan pengecekan seperti ini penting untuk menghindari terjadinya gangguan mendadak.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Menerapkan cara video conference tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya internet. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa koneksi internet tetap stabil sebelum video conference berlangsung. Cek Wi-Fi di rumah Anda, apakah network bandwidth yang tersedia cukup atau tidak (minimal 1 Mbps). Jika kurang, coba gunakan paket data.

Penting sekali untuk menyediakan rencana-rencana cadangan semacam ini. Dengan adanya rencana cadangan, Anda tidak perlu bingung lagi saat rencana awal gagal atau tidak terlaksana. Nah, rencana cadangan ini hanya bisa dibuat jika Anda melakukan persiapan jauh-jauh waktu. Untuk itu, pastikan untuk tidak melakukan persiapan mendadak, ya.

Biasakan Diri Anda

Perubahan seperti ini tentu akan membuat Anda merasa bingung, terlebih jika sebelumnya Anda tidak terlalu paham dengan teknologi. Sebagai solusi cara video conference, coba biasakan diri Anda dengan peralatan video conference di rumah.

Luangkan sedikit waktu Anda untuk mempelajari bagaimana software atau program untuk video conference bekerja. Lakukan tes mandiri untuk mengetahui cara kerja program tersebut. Dengan cara seperti ini, Anda pun akan terbiasa melakukan video conference sendiri di rumah. Ingat-ingat saja kalimat berikut: “bisa karena biasa.”

Selalu Mute Microphone

Cara video conference di rumah yang selanjutnya ini sering kali dilupakan: menonaktifkan atau mute microphone sebelum rapat dimulai. Lupa mematikan microphone akan sangat mengganggu konsentrasi. Peserta video conference akan mendengar suara lain yang tidak perlu karena microphone Anda lupa dimatikan.

Untuk itu, sebelum terhubung dengan ruang video conference, pastikan mic Anda sudah nonaktif. Nyalakan mic hanya saat diminta atau dipersilakan berbicara. Dengan begitu, conference bisa tetap berjalan tanpa adanya gangguan suara yang tidak perlu.

Perhatikan Penampilan

Saat WFH, Anda mungkin tidak dituntut untuk berpakaian seperti saat sedang bekerja di kantor. Namun, bukan berarti Anda meremehkan penampilan saat melakukan video conference. Bagaimanapun juga, saat melakukan video conference, Anda berhadapan dengan banyak orang meski tidak secara tatap muka langsung.

Untuk itu, pastikan penampilan Anda sesuai dan presentable. Gunakan pakaian yang rapi. Duduk dengan tegap dan berikan ekspresi yang ramah. Jangan berbaring atau duduk malas di sofa karena tidak terlihat profesional. Lakukan video conference di tempat yang hening dan tenang agar tidak mengganggu.

Nah, itulah beberapa cara video conference di rumah. Agar video conference tetap lancar, Anda bisa menggunakan Webex Room Kit Mini & USB. Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu menyiapkan terlalu banyak peralatan untuk melakukan video conference. Hanya dengan satu alat, video conference bisa dilakukan di rumah. Segera dapatkan hanya di sini.

Leave a Comment