Tips Merawat Webcam External

Saat ini untuk sebagian orang webcam menjadi perangkat yang cukup penting dalam menunjang pekerjaan dan aktivitas yang serba virtual atau online. Entah itu untuk melakukan video conference, webinar, belajar daring, hingga kegiatan sejenis lainnya. Namun bagi Anda yang masih belum terlalu familiar dengan yang namanya webcam berikut penjelasan singkatnya.

Webcam adalah kependekan dari web camera yang merupakan perangkat kamera digital untuk dihubungkan ke komputer atau laptop. Dengan webcam, maka gambar Anda bisa tertangkap secara live kepada siapapun di berbagai penjuru dunia. Tentunya dengan jaringan internet serta aplikasi yang juga Anda gunakan.

CD DSKCAM C WW 2 600x600 3

For your information, terdapat fakta menarik mengenai webcam. Pada awalnya webcam terinspirasi dari sebuah Mesin pembuat kopi. Hal ini bermula karena terdapat seorang mahasiswa di Universitas Cambridge yang malas membuang waktunya hanya untuk beranjak dari tempat duduknya demi mengambil kopi di teko mesin pembuat kopi yang ternyata kosong. Dan akhirnya dibuatlah webcam untuk memonitor teko kopi tersebut dengan nama “Xcoffee”. Penemunya adalah Dr. Quentin Stafford-Fraser dan Paul Jardetzky pada tahun 1991. Lalu kemudian, pada tahun 1993 barulah “kamera pot kopi” ini masuk ke dunia internet berkat bantuan bantuan Daniel Gordon dan Martyn Johnson dan menjadi webcam streaming pertama di dunia.

Baca Juga: Perbedaan Webcam Built-in dan External, Manakah yang Lebih Baik?

Ok, sekarang kita kembali lagi ke topik utama dari artikel ini. Merawat webcam adalah hal yang cukup perlu Anda lakukan. Apabila Anda kurang memperhatikan kemungkinan fungsinya akan mudah rusak. Sehingga Anda terpaksa mengeluarkan bujet yang tidak perlu untuk membeli produk webcam external yang baru.

Tips Merawat Webcam External yang Baik

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam merawat dan memelihara webcam external agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Cara tersebut bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Jadi pastikan anda tidak melewatkan sedikitpun tips-tips berikut ini;

1. Perhatikan cara pemakaian webcam external Anda

Anda pernah menggunakan webcam di tempat terbuka? Jika iya ada baiknya kamu tidak sering melakukanya. Karena hal ini berpotensi merusak kondisi lensa kamera webcam. Ini disebabkan cahaya matahari yang terlalu kuat akan membuat lensa kamera webcam menjadi lebih cepat rusak.

Oleh karena itu jika Anda masih menggunakan webcam di luar ruangan, pastikan untuk tidak mengharapkannya langsung ke arah sinar matahari. Namun alangkah lebih baiknya Anda tidak menggunakannya di luar ruangan agar kondisi webcam Anda tetap tetap dan tidak mudah rusak.

2. Bersihkan lensa webcam secara teratur

Cara merawat webcam external Anda berikutnya adalah dengan membersihkan lensa webcam secara teratur. Seperti halnya lensa kamera pada umumnya, lensa webcam juga perlu dibersihkan untuk membuatnya lebih awet. Untuk cara membersihkanya tidak terlalu sulit, cukup menggunakan kain khusus yang halus. Lalu jika ingin membersihkan debu dari sela-sela sempit di bagian lensa bisa menggunakan dust blower.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih khusus lensa untuk membersihkan lensanya. Namun perlu diperhatikan, ada baiknya jangan langsung menyemprotkan cairan tersebut. Lebih baik bila terlebih dahulu disemprotkan pada kain yang lembut atau tisu. Lalu, mulailah mengusapkannya pada lensa webcam.

3. Perhatikan tempat penyimpanan webcam external

Langkah berikutnya dalam merawat webcam external Anda adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanannya. Dengan penyimpanan yang baik Anda dapat terhindar dari potensi yang dapat menyebabkan webcam Anda cepat rusak.

Jadi usahakan Anda menyimpannya di tempat khusus. Seperti apa tempat khusus tersebut? Tempat yang akan digunakan sebaiknya yang aman dari debu dan air. Lalu perhatikan kelembapan udaranya agar terhindar dari jamur, untuk mengatasinya Anda bisa menambahkan “silica gel” kedalam wadah tempat penyimpanan webcam. Dan terakhir pastikan wadah tersebut aman dari benturan maupun guncangan yang bisa merusak bagian luar webcam.

4. Perhatikan selalu kondisi webcam external dalam keadaan normal

Dan terakhir upaya Anda dalam merawat webcam external adalah selalu menjaga kondisi webcam dalam keadaan normal. Caranya usahakan mengoperasikan webcam untuk beberapa saat ketika Anda jarang menggunakannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan komponen yang ada pada webcam tidak rusak dan bisa digunakan kapan saja ketika diperlukan.

Yang perlu Anda perhatikan secara berkala misalnya terhadap kualitas video, audio, perangkat penghubung ke laptop atau komputer, dan sebagainya. Dengan begitu, ketika ada kerusakan kecil dapat segera diantisipasi dan tidak merembet pada kerusakan yang lebih besar.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam merawat webcam agar tidak gampang rusak dan dalam kondisi yang normal jika hendak digunakan.

Dapatkan Webcam External Terbaik untuk keperluan virtual Anda

Anda ingin memiliki webcam external yang selalu dalam kondisi yang baik dan memiliki segudang fitur di dalamnya? Edavos memiliki rekomendasi perangkat yang tepat untuk Anda yaitu Cisco Webex Desk Camera.

Baca Juga: Cara Memilih Webcam External: 10 Poin yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Membeli Webcam External

Webcam external dari Cisco ini memiliki begitu banyak fitur seperti; menghasilkan video 4k, memiliki dedicated chipset, memiliki mikrofon high quality dengan background noise reduction, terdapat IR Sensor, IR LED, dan IHDR yang dapat meningkatkan kualitas gambar saat cahaya rendah, dan dilengkapi dengan sistem AI. Selain itu Webex Desk Camera dapat diintegrasikan dengan Webex Control Hub dan terhubung dengan Cisco privacy and security, sehingga keamanan serta management perangkat terkontrol dengan baik. Jadi Anda tak perlu ragu jika ingin membelinya. Langsung saja pesan sekarang juga dan dapatkan potongan harga dari kami!

Rev Desain 2 1

Leave a Comment