Perbedaan Webcam Built-in dan External, Manakah yang Lebih Baik?

Jika Anda telah bekerja dari rumah selama pandemi seperti saat ini, mungkin Anda sudah mengenal benda kecil di atas layar komputer atau laptop yang disebut dengan webcam. Yang mana perangkat ini sering kali Anda gunakan untuk melakukan video conferencing dengan rekan kerja atau client Anda, maupun sekedar melakukan video call dengan keluarga atau teman Anda. Namun pernahkah Anda mempertimbangkan untuk membeli webcam eksternal atau tetap menggunakan webcam bawaan dari laptop Anda?

Baca Juga: Apa itu Webcam? Inilah Fungsi dan Jenisnya

Perbedaan Webcam

Perbedaan Webcam Built-in dan Webcam External

Edavos akan mengulas mengenai perbedaan dari webcam built-in (bawaan) dan juga webcam eksternal, agar Anda dapat menentukan manakah webcam yang tepat untuk Anda gunakan, berikut ini penjelassanya di bawah.

Apa itu Webcam Built-in?

Hampir setiap laptop yang beredar pada pasaran saat ini memiliki kamera webcam yang langsung “tertanam” dan menjadi sebuah fitur yang tersedia di laptop tersebut. Letaknya yang pas pada sisi tengah atas pada layar laptop membuatnya pas digunakan untuk melakukan kegiatan video call atau video conferencing. Selain itu terdapat juga mikrofon yang terpasang tepat di sebelah webcam yang dapat membantu orang lain mendengar suara kita. Saat ini beberapa produsen laptop sangat memikirkan kecanggihan dari webcam bawaan yang mereka miliki agar dapat bersaing dengan webcam eksternal, namun tetap saja webcam bawaan masih bekerja secara standar, sehingga gambar yang dihasilkan masih terlihat kurang tajam atau terlihat gelap dan berbintik, terutama dalam kondisi pencahayaan yang kurang optimal.

Kelebihan dan Kekurangan Webcam Built-in

Lalu bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki webcam built-in? berikut ini penjelasanya;

Kelebihan

  • Webcam built-in sangat mudah digunakan, semuanya sudah diatur dan siap digunakan saat Anda membeli laptop. Perangkat lunak serta driver yang diperlukan juga telah terinstal langsung.
  • Dengan asumsi Anda sudah memiliki laptop dengan webcam built-in, menjadikan tidak adanya biaya tambahan yang perlu Anda keluarkan.
  • Webcam built-in sudah terpasang pada ketinggian yang sesuai untuk melakukan panggilan video, jadi tidak perlu menyesuaikannya atau menemukan sudut yang tepat.

Kekurangan

  • Resolusi dan sensor pada Webcam built-in terkesan kurang bagus, sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat kurang tajam dan terlihat gelap.
  • Kualitas suara yang dihasilkan bergantung pada spesifikasi mikrofon bawaan laptop.
  • Webcam built-in terkesan kurang fleksibel, yang mana membuat Anda tidak dapat melakukan penyesuaian pada sudut pandang pengambilan gambar. Serta tidak adanya pengaturan lanjutan pada webcam built-in.
  • Karena webcam built-in adalah bagian dari komputer Anda, akan lebih sulit untuk diperbaiki jika terdapat suatu masalah, dan harus diperiksa secara menyeluruh.

Apa itu Webcam Eksternal?

Webcam eksternal adalah kamera yang dirancang agar dapat digunakan untuk melakukan video call atau untuk merekam video diri Anda; misalnya untuk tujuan vlogging atau melakukan live streaming. Webcam eksternal biasanya “dijepit” pada bagian atas layar latop untuk dapat digunakan, atau dipasang pada tripod agar dapat lebih leluasa dalam mengambil gambar. Dibandingkan dengan webcam built-in, webcam eksternal memiliki lebih banyak fitur dan pengaturan lanjutan yang bisa Anda sesuaikan; misalnya terdapat fitur fokus otomatis, lalu zoom yang dapat disesuaikan, dan masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Webcam Eksternal

Seperti halnya webcam built-in, webcam eksternal juga memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, berikut ini penjelasanya;

Kelebihan

  • Sebagian besar webcam eksternal memiliki resolusi yang lebih besar dari pada webcam built-in, setidaknya webcam eksternal menawarkan resolusi 1080p HD hingga bahkan ada yang mencapai resolusi 4K UHD yang dapat menghasilkan kualitas gambar yang jauh lebih baik. Sehingga hasil rekaman video atau video call menjadi jernih.
  • Webcam eksternal biasanya memiliki field of view yang lebar dan fitur zoom yang dapat disesuaikan, sehingga memudahkan Anda dalam menyesuaikan pengambilan gambar
  • Sebagian Webcam eksternal sudah memiliki fitur untuk dapat menyesuaikan pencahayaan saat minim cahaya, sehingga gambar yang dihasilkan tidak akan gelap dan berbintik
  • Webcam eksternal biasanya dapat memiringkan atau memutar kepala kamera untuk menunjukkan bagian lain dari ruangan Anda jika perlukan.
  • Webcam eksternal menawarkan kualitas video yang cukup bagus, sehingga bagi Anda yang gemar melakukan live streaming Webcam eksternal cukup bagus untuk digunakan.

Kekurangan

  • Tidak seperti webcam built-in, yang merupakan bagian dari laptop, Anda harus membeli webcam eksternal secara terpisah. Sehingga Anda memerlukan biaya tambahan.
  • Beberapa webcam eksternal memerlukan pengaturan tambahan maupun perlu menginstal beberapa driver atau perangkat lunak untuk menjalankannya.
  • Jika Anda ingin membuat vlogging atau melakukan live streaming, Anda mungkin memerlukan mikrofon yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Peralatan yang Dibutuhkan untuk Teleconference

Jadi setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang webcam built-in dan webcam eksternal, inilah saatnya untuk memutuskan mana yang tepat untuk Anda. Secara obyektif, webcam eksternal menawarkan kualitas video yang lebih baik, ditambah berbagai fitur yang tidak akan Anda temukan dalam webcam built-in. walau begitu beberapa orang mungkin lebih senang tetap menggunakan webcam built-in.

Namun pada akhirnya webcam yang baik dapat menyediakan sarana untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi. Dan webcam terbaik dapat menawarkan Anda pengalaman “seperti berada di ruangan yang sama dengan lawan bicara Anda.”

Tapi jika Anda ingin merasakan pengalaman meeting online dengan kualitas kamera 4K dan Audio yang dilengkapi fitur noise reduction. Edavos telah menyiapkan webcam eksternal terbaik dari Cisco untuk Anda, sehingga Anda dapat bekerja dengan produktif dan berkualitas dimanapun anda berada. Langsung saja pesan sekarang juga dan dapatkan promonya!

rental video conference

Leave a Comment