Pengertian, Fungsi, serta Jenis Webcam

Pernah melihat benda kecil di atas layar komputer atau laptop? Jika Anda pernah melihatnya, mungkin itu adalah webcam. Sebenarnya apa itu webcam? Mengapa hingga sekarang perangkat teknologi ini tetap dicari padahal sudah banyak laptop yang memiliki kamera sendiri? Untuk menjawab seluruh pertanyaan tersebut, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Webcam?

Webcam adalah kependekan dari web camera yang merupakan perangkat kamera digital untuk dihubungkan ke komputer atau laptop. Dengan webcam, maka gambar Anda bisa tertangkap secara live kepada siapapun di berbagai penjuru dunia. Tentunya dengan jaringan internet serta aplikasi yang juga Anda gunakan.

Jadi Anda bisa menggunakan webcam untuk foto hingga menjalankan video ketika melakukan video conference. Tidak dapat dimungkiri, sekarang semakin banyak pihak yang melakukan video conference. Bahkan sudah menjadi hal yang lumrah. 

Baca juga: Cara Membuat Ruangan Kedap Suara untuk Area Kerja

Biasanya di dalam webcam tidak hanya terdapat kamera saja. Tetapi juga ada fitur lain seperti mikrofon, bisa digeser sesuai posisi yang diinginkan, memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan, serta lampu indikator yang akan menyala kalau kamera sedang aktif. 

Dewasa ini, teknologi webcam semakin tinggi saja. Bahkan bisa memberikan hasil video 4K HD dengan kualitas suara yang jernih. Untungnya dari sisi harga juga beragam. Jadi Anda bisa mendapatkan satu paket audio video yang terbaik sesuai kualitas webcam.

Fungsi Webcam

Ada berbagai fungsi webcam yang bisa Anda manfaatkan, di antaranya:

1. Meeting

Anda bisa melaksanakan meeting online dengan mudah jika menggunakan bantuan webcam. Anda bisa berkomunikasi dengan berbagai pihak dari lokasi yang berbeda-beda dengan tampilan visual serta audio mumpuni. Hal ini membuat urusan bisnis dan lainnya bisa lebih lancar lagi.

2. Belajar

Pandemi sekarang ini membuat semakin sulit untuk belajar secara langsung di sekolah atau kampus. Untungnya dengan webcam, maka ada bantuan dari sisi visual dan audio untuk urusan belajar. Selain itu webcam juga bisa membantu untuk melakukan pelatihan atau training online seperti webinar dan lainnya. Saat ini semakin banyak webinar yang diselenggarakan dan masih terus dilakukan. Anda seharusnya bisa mendapatkan ilmu baru dengan mengikuti webinar.

Baca juga: 5 Peralatan yang Dibutuhkan untuk Teleconference

Jenis-Jenis Webcam

Ada beberapa jenis webcam pada saat ini, seperti:

1. USB Webcam

Webcam ini cocok untuk para pengguna baru karena hanya tinggal dicolok ke port USB tanpa harus melakukan pengaturan lainnya. Namun sistem operasi komputer atau laptop yang digunakan juga tentunya harus bisa mendukung penggunaanwebcam tersebut.

2. Firewire and Card Based Webcam

Firewire adalah sebuah teknologi video capture device untuk kamera yang mendukungnya. Biasanya kalau ada webcam dengan teknologi ini, maka harganya terhitung mahal. Mengapa bisa begitu? Alasan utamanya adalah kemampuannya dalam menghasilkan frame rate tinggi, di antara 24 sampai 30 fps.

3. Network and Wireless Camera

Network Camera merupakan perangkat kamera yang tidak perlu disambungkan dengan komputer. Malah kamera ini sudah terhubung dengan modem jadi transfer visual dan audio bisa langsung muncul di layar dari lawan bicara Anda.

Sekarang Anda sudah tahu pengertian webcam, fungsi, dan jenisnya. Untuk pilihan webcam kali ini, Anda bisa memilih paket Cisco Webex Room Kit yang ditawarkan oleh Edavos. Dengan kualitas terbaik di kelas dengan paket lengkap perangkat video conference, Anda bisa melakukan online meeting hingga webinar dengan kualitas audio dan visual jernih. Jadi tunggu apalagi? Dapatkan penawaran rental paket video conference edavos sekarang juga! Kuota terbatas. 

Leave a Comment