5 Peralatan yang Dibutuhkan untuk Teleconference

Apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk teleconference? Bagi yang sedang work from home (WFH), Anda mungkin akan sering melakukan teleconference. Jika saat kerja di kantor Anda sering mengikuti meeting, maka di saat WFH meeting berubah menjadi rapat daring seperti teleconference ini.

Bagi Anda yang terbiasa dengan pertemuan tatap muka, teleconference tentu terdengar asing. Anda tentu bingung dengan persiapannya. Apa saja yang harus disiapkan? Nah, agar Anda tidak kebingungan, berikut lima peralatan yang dibutuhkan untuk teleconference.

Device untuk Akses Teleconference

Salah satu peralatan yang dibutuhkan untuk teleconference adalah device. Anda perlu perangkat yang bisa mengakses internet agar terhubung dengan ruang rapat virtual. Device bisa berupa gadget seperti smartphone atau tablet. Namun, jika Anda menginginkan kualitas koneksi dan audio visual yang stabil, gunakanlah komputer.

Untuk teleconference yang lancar, paling tidak komputer yang digunakan telah memiliki RAM setidaknya 2 GB (lebih tinggi, lebih baik). Prosesor yang digunakan pun sebaiknya quad core agar kualitas video dan audio tetap jernih. Komputer dengan spesifikasi di bawah itu mungkin masih bisa digunakan untuk teleconference, tapi dikhawatirkan Anda akan mengalami gangguan di tengah jalan karena tidak mampu menampung data.

Koneksi Internet yang Stabil

Selanjutnya, Anda juga harus memiliki koneksi internet yang stabil untuk bisa melakukan teleconference dengan lancar. Koneksi internet sangat memengaruhi kualitas teleconference. Jika koneksi baik, maka kualitas audio visual yang ditampilkan pun baik. Sebaliknya, jika koneksi internet buruk, maka kualitas audio visualnya pun ikut buruk.

Anda sebaiknya menyesuaikan network bandwidth dengan resolusi video yang diperlukan. Misalnya, jika Anda ingin teleconference yang jernih dan kualitas videonya pun baik, network bandwidth yang diperlukan setidaknya adalah 1 Mbps. Jika butuh kualitas lebih tinggi lagi, maka network bandwidth yang harus tersedia paling tidak adalah 4 Mbps.

Software untuk Teleconference

Device sudah, internet sudah, sekarang apa lagi yang harus dipersiapkan? Langkah selanjutnya adalah meng-install software untuk teleconference. Saat ini sudah ada banyak sekali software yang bisa digunakan untuk melakukan rapat virtual, baik itu untuk smartphone maupun komputer. Salah satu software yang direkomendasikan adalah Webex.

Pastikan Anda memilih software yang memang sesuai dengan kebutuhan. Gunakanlah perangkat lunak yang tidak menyusahkan Anda. Cek apakah software pilihan Anda memungkinkan penggunaan kamera dan microphone tambahan karena mungkin perangkat bawaan dari komputer kurang bisa diandalkan. Jangan ragu membandingkan beberapa software demi mengetahui mana yang paling cocok untuk Anda.

Peralatan Pendukung Audio

Ada kalanya microphone bawaan dari smartphone atau komputer Anda tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, suara Anda atau suara dari peserta teleconference lainnya tidak terdengar jelas. Jika hal ini terjadi, maka jalannya rapat akan sangat terganggu. Agar Anda terhindar dari risiko microphone bawaan rusak, sebaiknya sediakanlah peralatan pendukung audio.

Sekarang ini sudah ada banyak sekali headphone, headset, hingga earphone yang dilengkapi dengan microphone. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya budget yang tersedia. Pilihan lain adalah menggunakan microphone terpisah yang bisa dihubungkan ke komputer melalui USB.

Peralatan Pendukung Video

Selain audio, terkadang Anda juga tidak bisa mengandalkan peralatan pendukung video bawaan dari smartphone atau komputer. Sebagai solusinya, Anda perlu menyiapkan peralatan pendukung video berupa webcam. Pastikan untuk memilih webcam beresolusi tinggi agar ekspresi Anda bisa terekam dan ditampilkan pada peserta teleconference lain dengan baik.

Setidaknya, pilihlah webcam dengan resolusi 720p. Webcam tipe ini cocok untuk kebanyakan software teleconference yang menggunakan resolusi 1280×720 (720p). Jika Anda menginginkan kualitas video yang lebih baik lagi, pilih webcam dengan resolusi 3840×2160 (4K).

Itulah lima peralatan yang dibutuhkan untuk teleconference. Merasa kesulitan untuk mendapatkan semuanya? Tidak perlu khawatir, kini telah hadir Webex Room Kit Mini & USB. Hanya dengan satu peralatan saja, Anda sudah bisa melakukan teleconference dengan kualitas audio dan video yang prima. Coba sekarang di sini.

Leave a Comment