3 Perbedaan Video Conference dan Video Chat

Akhir-akhir ini, sepertinya banyak orang menyebutkan frasa video conference dan video chat. Keduanya biasa dipakai untuk merujuk ke aktivitas meeting online saat harus bekerja maupun sekolah dan kuliah.

Namun, tahukah Anda bahwa kedua frasa tersebut sebenarnya berbeda? Perbedaan video conference dan video chat yaitu pada fitur pendukung serta jumlah orang yang bisa ikut bergabung. Kondisi percakapan di video conference pun seringnya lebih formal ketimbang video chat. Supaya tidak bingung, mari simak penjelasan perbedaan keduanya di bawah ini!

Situasi Percakapan

Perbedaan video conference dan video chat yaitu pada situasi di mana percakapan atau online meeting dilaksanakan. Meski keduanya sama-sama melakukan pertemuan lewat video, suasana keduanya tampak jelas berbeda.

  • Video Conference video conference sering dipakai pada saat suasana formal, seperti sekolah, kuliah, maupun kerja. Karena dipakai untuk tujuan dan situasi formal, maka video conference biasanya digunakan oleh kalangan pengajar, siswa, serta pekerja kantoran. Tak jarang juga pemilik bisnis menggunakan video conference untuk rapat bersama karyawannya. Tidak menutup kemungkinan bila video conference dipakai untuk acara.
  • Video Chat – bila video conference lebih sering dipakai untuk situasi formal pembelajaran maupun pekerjaan, maka video chat kerap digunakan pada situasi informal. Misalnya, dipakai oleh keluarga yang ingin saling bertukar kabar atau teman yang ingin cerita tentang kegiatan harian.

Jumlah Audiens Yang Bisa Bergabung

Berikutnya, perbedaan video conference dan video chat yaitu pada jumlah orang yang bisa bergabung dalam satu kali sesi meeting. Mana yang lebih banyak, bisa dilihat di penjelasan berikut.

  • Video Conference – video conference adalah layanan online meeting yang bisa mencakup banyak orang. Per sesinya, video conference mampu menampung lima puluh hingga ratusan orang dari berbagai tempat dan negara. Tidak mengherankan apabila layanan ini dipakai untuk kebutuhan pendidikan maupun pekerjaan karena kapasitasnya yang besar.
  • Video Chat – berbeda dari video conference, video chat hanya mampu menampung maksimal delapan atau sepuluh orang saja. Ini karena video chat memang tidak dibuat untuk memenuhi kebutuhan meeting dalam jumlah banyak. Selain itu, fitur video chat ini biasanya menjadi salah satu fitur yang ada dalam satu aplikasi, seperti WhatsApp, Instagram, Tinder, maupun Line.

Fitur Pendukung Video

Antara video conference dan video chat, keduanya memiliki fitur yang berbeda. Perbedaan video conference dan video chat yaitu salah satunya memiliki fitur pendukung pekerjaan yang lebih lengkap daripada lainnya.

  • Video Conference – video conference adalah layanan yang menawarkan lebih banyak fitur untuk mendukung produktivitas kerja maupun kebutuhan pembelajaran. Dengan menggunakan video conference, Anda dapat menikmati fitur screen sharing, screen recording, whiteboarding, presenting, mute beberapa audiens, dan juga fitur lainnya.
  • Video Chat – karena dibuat lebih sederhana dan untuk kebutuhan nonformal, maka di dalam layanan video chat Anda tidak akan menemukan fitur untuk mendukung pekerjaan. Jadi, layanan ini murni untuk mengobrol melalui video saja. Anda tidak akan bisa screen sharing, whiteboarding, maupun presenting.

Terakhir, perbedaan video conference dan video chat juga yaitu pada waktu meeting dan biaya yang perlu Anda keluarkan. Biasanya, video conference dibatasi hanya untuk beberapa menit jika Anda menggunakan versi gratis. Namun, bila Anda menggunakan versi premium atau berbayar, maka waktu meeting tidak akan dibatasi. Hal ini berbeda dari video chat yang tidak menerapkan batasan waktu maupun menawarkan versi premium untuk menikmati layanan yang lebih lengkap.

Jika Anda adalah bagian dari bisnis maupun pendidikan, maka video conference adalah layanan yang lebih cocok untuk digunakan. Anda dapat menyelenggarakan meeting dengan lebih banyak orang serta mempresentasikan materi. Gunakan aplikasi video conference Webex Meetings dari Edavos sebagai salah satu solusi memudahkan pekerjaan!

Leave a Comment

shares