aplikasi rapat virtual yang optimal feature

Barisan Aplikasi Rapat Virtual yang Optimal

Berbagai perusahaan kini menerapkan kebijakan work from home. Karena bekerja dari rumah, maka diperlukan adanya teknologi yang bisa “menyatukan” para karyawan. Aplikasi rapat virtual menjadi salah satu jawaban untuk kebutuhan online meeting. Namun, apa saja pilihan layanan video conference paling optimal untuk mendukung kolaborasi dan produktivitas pekerjaan Anda?

Aplikasi Rapat Virtual Berbasis Google

Aplikasi rapat virtual berbasis Google memungkinkan Anda untuk berkolaborasi bersama tim dengan menggunakan seluruh aplikasi besutan Google. Jika sehari-hari Anda sangat familiar dengan Google Docs, Google Sheet, Gmail, dan Google Drive, maka aplikasi satu ini cocok untuk digunakan.

Alasannya, jika seluruh tools yang Anda pakai untuk bekerja semuanya adalah produk Google, maka akan lebih mudah menggunakan aplikasi video conference dari developer yang sama. Google Meet adalah aplikasi yang dimaksud. Anda bisa mengundang hingga lima puluh audiens dalam satu sesi meeting dengan kualitas video jernih dan stabil.

Aplikasi Online Meeting Berbasis Microsoft

Kalau tadi ada aplikasi video conference berbasis Google, maka berikutnya ada aplikasi dengan basis Microsoft. Aplikasi ini merupakan besutan Microsoft sehingga otomatis terintegrasi dengan Microsoft Office 365. Bila sehari-hari Anda menggunakan aplikasi dari Microsoft Office 365, maka menggunakan layanan video conference dari pengembang software yang sama bisa lebih gampang. Anda bisa mempresentasikan langsung file hasil kerja dari Microsoft Office 365.

Aplikasi Untuk Rapat Online Skala Kecil

Kalau yang Anda butuhkan adalah aplikasi rapat virtual skala kecil, maka WhatsApp bisa jadi alternatif. Aplikasi ini memungkinkan percakapan melalui video conference untuk empat hingga maksimal delapan orang. Ditambah, tidak ada batasan waktu maksimal untuk video chat. Jadi, Anda bisa bebas melakukan percakapan via video berapa pun durasi yang dibutuhkan.

Terlebih, WhatsApp adalah aplikasi yang populer di kalangan perusahaan. Untuk chat dan koordinasi sehari-hari, seringnya hal tersebut disampaikan melalui pesan WhatsApp. Jadi, kalau mau rapat virtual sederhana yang tidak membutuhkan tools untuk presentasi, maka video chat WhatsApp akan sangat cukup.

Aplikasi Untuk Rapat Berbasis Cloud

Slack adalah aplikasi komunikasi berbasis Cloud. Banyak perusahaan menggunakan aplikasi tersebut untuk berkomunikasi dan berkolaborasi. Melalui chat room Slack, setiap anggota tim bisa mengirimkan file dan data penting perusahaan. Anda tak perlu khawatir data ini bocor karena hanya karyawan berizin saja yang bisa masuk ke chat room ini. Selain bisa kirim data dan chatting, Slack juga memiliki fitur rapat online sederhana. Namun, tools-nya tidak terlalu lengkap sehingga cocok dipakai bila Anda tiba-tiba butuh berkomunikasi via video call saja dengan divisi lain.

Aplikasi Rapat Virtual Dengan Fitur Lengkap

Aplikasi online meeting lengkap dengan fitur record meetings, share content, whiteboarding, share screen, dan terhubung dengan Google maupun Microsoft pasti akan sangat memudahkan sesi rapat Anda. Fitur-fitur tersebut bisa ditemukan di aplikasi Webex Meeting. Untuk versi gratisnya, Webex Meeting menawarkan kapasitas hingga seratus audiens dengan durasi meeting hingga lima puluh menit.

Bahkan, Webex Meeting pun menawarkan fitur penjadwalan rapat untuk beberapa hari atau minggu ke depan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lupa jadwal meeting yang harus diselenggarakan bersama dengan anggota tim. Kalau mau memakai Webex Meeting untuk webinar pun bisa. Anda tinggal beralih ke versi premium agar durasi video conference dan audiens semakin bertambah.

Tiap aplikasi rapat virtual pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, bila Anda menginginkan satu aplikasi dengan fitur lengkap dan berkapasitas besar, gunakan Webex Meeting. Informasi lengkap mengenai instalasi Webex Meeting untuk perusahaan, silakan lihat di website Edavos.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares