fbpx

Webex Meetings

CARA PEMAKAIAN APLIKASI TATAP MUKA

“WEBEX MEETINGS”

Edavos akan berbagi pengalaman supaya seluruh partner dapat meng-optimalkan aplikasi Webex Meetings untuk meningkatkan produktifitas dalam berkolaborasi dengan koleganya, terutama dalam kondisi kita tidak dapat bertatap muka secara langsung di masa pandemik Covid-19. Saat ini anda bisa berlangganan Webex Meetings dengan gratis untuk personal use dengan limitasi 100 participants dan 100 menit durasi pemakaian. Corporate Use bisa menggunakan Webex Meetings untuk 3 bulan trial gratis.

Apa itu Webex Meetings ?

Webex Meetings adalah aplikasi tatap muka, dimana anda dapat melakukan Audio & video conferencing, web conferencing , dan juga  sharing content yang akan di presentasikan, kontek dapat berupa gambar,  audio, video ataupun aplikasi yang terdapat di device anda.

Bagaimana saya mendaftarkan sebagai account webex meetings?

Ada 2 cara untuk menggunakan Webex, yaitu :

  1. Corporate Use, yaitu dengan anda berlangganan account webex melalui partner Cisco seperti PT. Expert Data Voice Solution (Edavos)
  2. Personal Use dengan Sign Up dan ikuti langkah-langkahnya, seperti pada gambar berikut:

Ikuti petunjuk pada link tersebut dengan mengisi form data diri, dan gunakan email yang aktif karena akan ada verifikasi melalui email. Bila sudah selesai maka anda akan mendapatkan konfirmasi di email anda. Segera aktivasi dengan klik tombol create password, dan akun anda akan berhasil di verifikasi.

Antarmuka aplikasi Webex Meetings:

Berikut adalah tampilan aplikasi Webex Meeting versi web dengan cara masuk ke url www.webex.com di aplikasi browser anda dan login dengan username dan password yang sudah di berikan.

Bagaimana cara mengunduh aplikasi Webex Meetings?

Anda dapat mengunduh applikasi webex meeting di sini atau anda bisa mengunduh applikasi Webex Meetings di smartphone baik IoS maupun Android melalui Play Store atau Apps Store dengan keyword Webex Meetings. Setelah anda download, install aplikasi tersebut di laptop atau smartphone.

Bagaimana saya membuat schedule meetings?

Login ke akun webex anda melalui www.webex.com. Anda dapat meng-copy link meeting di informasi webex link, atau membuat jadwal yang terschedule dengan memilih “schedule” lalu ikuti langkah dibawah :

Anda dapat join ke webex meeting dengan mengklik tautan yang dikirimkan melalui email oleh Webex Meetings dan para undangan meeting akan mendapatkan notifikasi sebagai berikut:

Fitur aplikasi Webex Meetings

1. Informasi Ruang Rapat Virtual

Dengan tombol ini, anda dapat melihat informasi mengenai informasi alamat web conferencing, dimana di dalam nya terdapat url link, informasi meeting number, password untuk masuk ke dalam ruang meeting tersebut.

2. Informasi status Recording

Icon ini menunjukkan bahwa rapat ini dalam status recording, sehingga apabila  suatu anda membutuhkan informasi dari meeting ini, anda dapat meng-aksesnya sewaktu-waktu.

3. Nama Pembicara

Informasi di point 3 adalah nama yang sedang berbicara, sehingga kita bisa tau siapa yang saat ini sedang berbicara.

4. Setup Priority View

Icon ini menunjukkan bahwa rapat ini dalam status recording, sehingga apabila  suatu anda membutuhkan informasi dari meeting ini, anda dapat meng-aksesnya sewaktu-waktu.

5. Setup Layout View

Dengan Tombol ini, anda dapat meng-ubah-ubah tampilan untuk layout view anda, defaultnya adalah presenter view, jadi pembicara yang akan menjadi tampilan utama, atau anda juga dapat mengubah semua peserta dapat terlihat, misalnya merubah tampilan agar semua peserta rapat dapat terlihat.

6. Tombol Screen

Tombol ini berfungsi untuk merubah layout tampilan baik full screen atau partial screen.

7. Tampilan Pembicara

Dengan mode presenter view, setiap pembicara aktif akan terlihat di tampilan utama.

8. Tombol Mute Mic

Dengan tombol ini, anda dapat meng aktifkan atau menon-aktifkan mic anda.

9. Tombol Enable/Disable Camera

Dengan tombol ini, anda dapat meng-aktifkan dan menon-aktifkan kamera anda.

10. Sharing content

Saat meeting menggunakan webex, anda dapat men-share content yang akan anda presentasikan secara spefisik sesuai applikasi atau keseluruhan layer anda. Berikut contoh ketika sedang sesi sharing content dari peserta. Berikut contoh saat akan sharing content, dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Gambar diatas merupakan tampilan ketika content sharing berlangsug.

11. Recording

Dengan tombol ini, anda dapat me-record rapat anda, pada saat record, anda juga dapat mem-pause/menghentikan sementara, atau men-stop recordingnya.

12. Chat

Anda juga dapat melakukan persistant chat baik ke personal atau keseluruhan peserta.

13. More option

Anda dapat melakukan pengaturan tambahan seperti: lock meetings, pilihan audio video, meeting link informasi dari tombol ini.

14. Tombol keluar dari ruang rapat

Dengan tombol ini, anda akan di konfirmasi bilamana akan keluar dari ruangan meetings, bila anda sebagai host, otomatis meeting akan di sudahi, bila anda sebagai partisipan mungkin saja meeting tetap berlangsung.

15. Tampilan Peserta meeting

Anda dapat melihat wajah peserta meeting di layout ini.

16. Tampilan Selfview

Tampilan point 16 adalah tampilan diri anda.

17. Informasi peserta Meeting

Untuk point 17 adalah list nama  peserta meeting yang hadir.

18. Video/audio setting for host

Sebagai host anda dapat mendisable/enable video dari peserta meeting.

Anda tertarik dengan Webex Meetings?

Edavos siap membantu anda

Leave a Comment