fbpx

Alat Video Conference yang Bisa Membantu Anda dalam Berkolaborasi

 In Blog, Info

Video conference identik sebagai metode rapat selama bekerja secara remote. Dengan koneksi internet, Anda dapat terhubung dengan sejumlah rekan kerja atau klien dan berkomunikasi layaknya sedang melakukan tatap muka langsung. Walaupun terkadang video conference tetap memiliki kendala teknis seperti audio yang macet atau video yang tiba-tiba berhenti.

Banyak orang yang beranggapan bahwa berkolaborasi tidak mungkin dilaksanakan secara remote. Nyatanya, ini bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan selama Anda memiliki alat-alat video conference yang memadai. Berikut pilihan alat video conference untuk memudahkan Anda dalam kerja kolaboratif.

 

Software Video Conference

Alat video conference yang Anda butuhkan untuk kerja kolaboratif secara remote dimulai dengan software. Sekarang ini, semakin banyak pilihan software video conference, baik yang berbayar maupun gratis. Sangat disarankan untuk memilih software video conference yang berbayar untuk menjamin kelancaran kerja tanpa terganggu dengan limit waktu.

Biasanya, layanan software video conference memiliki konsep subscription atau berlangganan setiap bulan. Sehingga, lebih mudah juga untuk mengganti software video conference bila dirasakan kurang sesuai. Pilihlah software video conference yang sesuai kebutuhan bisnis Anda. Misalkan Anda harus berkolaborasi bersama lebih dari 50 orang, maka harus memilih software video conference yang mampu menampung lebih dari 50 orang dalam sekali sesi meeting.

 

Web Camera

Apa yang terjadi bila Anda tidak menggunakan web camera yang mumpuni? Video tidak akan terlihat jelas, bahkan bisa saja mati total ketika sedang digunakan. Tanpa adanya alat video conference ini, Anda tidak mampu melakukan kerja kolaboratif bersama rekan lainnya. Web camera yang optimal adalah web camera yang memiliki resolusi tinggi sehingga dapat menciptakan kualitas gambar HD.

Akan lebih baik bila web camera dapat dipasang atau ditempelkan dengan mudah di atas monitor, sehingga bisa dipindah-pindahkan tergantung kebutuhan. Beberapa pilihan web camera dapat digerakkan dengan fitur 360o swivel agar memudahkan penggunaan di ruangan meeting yang lebar.

 

Monitor

Apabila hanya ada satu atau dua orang di dalam ruangan, maka monitor laptop saja sudah cukup sebagai alat video conference. Namun, lain halnya bila dalam kerja kolaboratif ini, terdapat puluhan orang yang terkumpul dalam satu ruangan meeting. Biasanya terjadi dalam rapat bersama kantor cabang dan semacamnya.

Untuk memastikan bahwa setiap orang dalam ruangan tersebut mampu melihat video lawan bicara serta presentasi yang ditampilkan dengan jelas, dibutuhkan monitor berukuran besar. Anda bisa menggunakan proyektor, meskipun kualitas video yang ditayangkan tidak akan sebagus monitor. Pilih monitor yang memiliki resolusi gambar yang bagus untuk menyeimbangi kualitas video HD.

 

Hardware Tambahan

Speaker, smartboard, dan mixer termasuk ke dalam kategori hardware tambahan. Bukan alat video conference yang wajib, namun proses kerja kolaboratif akan lebih lancar dan produktif dengan kehadiran hardware tambahan. Untuk video conference dengan anggota yang cukup banyak, tentunya speaker akan semakin memudahkan anggota rapat dalam mendengar apa yang dipresentasikan oleh lawan bicara.

Sementara itu, smartboard yang berbentuk seperti kanvas atau papan tulis ini memungkinkan Anda untuk membuat gambar, menambahkan catatan, dan terhubung langsung dengan file-file di dalam komputer Anda. Cocok untuk memberikan input ketika bekerja. Mixer berguna sekali untuk acara di mana ada lebih dari satu pembicara. Mixer membantu Anda dalam mengatur level mikrofon masing-masing pembicara, sehingga kualitas suara yang keluar tetap stabil.

 

Perlengkapan Audio

Untuk berkolaborasi via video conference, Anda membutuhkan mikrofon eksternal dengan omnidirectional pickup pattern. Alat video conference ini memungkinkan setiap anggota rapat berbicara dengan lebih leluasa tanpa harus mengoper mikrofon dari satu orang ke orang selanjutnya.

Selain itu, pilih juga mikrofon eksternal yang dapat menghalangi suara latar agar suara yang dihasilkan lebih jernih. Anda bisa memilih mikrofon eksternal USB atau bluetooth, tergantung dengan kebutuhan bisnis Anda.

 

 

Meeting Online Tanpa Ribet?

#TryWebex Room kit mini & USB.

Solusi meeting online Anda. Hanya dengan satu perangkat jadikan meeting Anda lebih mudah dan nyaman.

Alat Video Conference Webex Room Kit Mini & USB

Referensi:

Recent Posts

Leave a Comment

Download Webex untuk Laptop