Tips Work From Home yang Produktif,
beserta Kelebihan & Kekurangannya

Tips Work From Home yang Produktif

Banyak yang belum tahu tentang bagaimana tips n trick work from home, kelebihan dan kekurangannya yang memang harus dikenal terlebih dahulu. Apalagi pada saat ini semakin digalakkan program untuk melakukan work from home. Namun Anda juga harus tahu kelebihan dan kekurangannya agar bisa segera diantisipasi sejak awal daripada merasa dirugikan. Jadi tunggu apalagi? Simak seluk beluk tentang work from home di bawah ini.

Tips Work From Home yang Produktif

Sebenarnya tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Tidak dapat dimungkiri, ada beberapa pekerjaan yang hanya bisa dilakukan dari luar rumah. Namun jika memang Anda bisa melakukan pekerjaan di rumah saja, maka ikuti beberapa tips n trick ini.

  • Tentukan jadwal kerja yang tepat agar tidak terlambat memulai pekerjaan. Banyak yang malah telah bekerja karena terlalu santai saat mau memulai aktivitas. Jika begini, maka hasil kerja Anda pada hari tersebut tidak efektif.
  • Tetap luangkan waktu untuk istirahat dan makan siang karena itu penting. Terkadang bekerja di rumah terasa lebih capek daripada di kantor. Kalau sudah begini, jangan lupa untuk meluangkan waktu 10 menit untuk peregangan sedikit. Begitu juga atur jadwal jam makan siang dengan baik.
  • Terkadang bekerja dari rumah juga membuat Anda lebih malas. Itu adalah perasaan yang alamiah. Namun jangan biarkan rasa malas mengendalikan diri Anda. Sejak awal, tanamkan di kepala bahwa untuk bekerja dari rumah adalah suatu privilege di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, maksimalkan kesempatan yang ada.
  • Jangan lupa untuk menentukan kapan waktu selesai bekerja. Banyak kasus karyawan yang malah merasa jam kerja selama di rumah lebih panjang daripada di kantor. Sudah pasti itu sangat merugikan. Anda harus memastikan kepada diri sendiri dan juga atasan di kantor bahwa ada waktu pribadi yang tidak bisa diganggu pekerjaan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan work life balance selama work from home.

Baca juga: Barisan Aplikasi Rapat Virtual yang Optimal

Kelebihan Work From Home

Ada berbagai kelebihan work from home, seperti:

  • Tidak perlu pulang-pergi ke kantor dan melewati berbagai kemacetan di jalan
  • Bisa mendapatkan sudut rumah yang nyaman untuk bekerja
  • Masih tetap bisa menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah
  • Mempunyai kesempatan lebih besar untuk istirahat di tengah jam kerja daripada di kantor
  • Bisa bangun pagi lebih lama dibandingkan ketika masih kerja di kantor

Kekurangan Work From Home

Namun tetap ada kekurangan dari work from home, yaitu:

  • Lebih sering bekerja hingga melewati jam pulang kantor biasanya
  • Terkadang terganggu dengan urusan rumah tangga
  • Lebih mudah terdistraksi jika sudah memiliki anak

Jadi dengan penjelasan tips n trick work from home, kelebihan dan kekurangannya yang telah diberikan di atas, Anda bisa melihat seluk beluk dari gaya bekerja saat ini. Pasti selalu ada kelebihan dan kekurangan di dalam hal apapun, termasuk work from home. Namun di tengah pandemi COVID-19 memang sebaiknya Anda bekerja dari rumah saja demi menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Baca juga: Cara Video Conference di Rumah

Semoga informasi yang diberikan di atas bisa memberikan ilmu baru kepada Anda di dalam menjalani pekerjaan. Memilih untuk bekerja di rumah atau di kantor terkadang membuat orang bingung. Ada kelebihan dan kekurangan yang bisa dirasakan. Namun mau memilih opsi apa pun, Anda harus tetap berkomitmen dalam menjalani pekerjaan setiap harinya.

Leave a Comment

shares