Work From Home VS Work From Office, konsep kerja mana yang lebih produktif?

Pandemi yang berlangsung sudah hampir 2 tahun membuat karyawan sudah terbiasa bekerja dari rumah, lantas apakah wfh lebih produktif? Bekerja selama 8 jam sehari sudah menjadi rutinitas yang harus dijalani oleh karyawan perkantoran. Rutinitas ini harus dijalani sebagai bentuk dari tanggung jawab seorang karyawan. Tapi mengapa ada standar 8 jam kerja perhari?

Dilihat dari sejarah, aturan ini digagas oleh Robert Owen pada abad ke-18 atau saat Revolusi Industri. Ia berkampanye agar semua pekerja tidak melebihi 8 jam dengan slogan “8 jam kerja, 8 jam rekreasi, dan 8 jam istirahat”. Hal tersebut ia lakukan karena ingin mengubah aturan yang saat itu berlaku, dimana manusia harus bekerja sekitar 10-16 jam perhari untuk menjalankan mesin pabrik yang bekerja nonstop 24 jam sehari selama 7 hari.

Lantas apakah standar kerja 8 jam masih bisa dianggap efektif di era yang serba teknologi seperti sekarang ini? Rasanya tak berlebihan jika aturan tersebut sudah patut dikaji ulang karena sudah tak lagi efektif. Kenapa demikian? Berikut ini penjelasanya.

Baca Juga: 5 Dampak Positif WFH Bagi Perusahaan

WFH lebih produktif

4 Alasan Kerja 8 Jam Menjadi Tidak Produktif

1. Lama Kerja Tidak Menentukan Produktivitas

Dengan adanya perkembangan teknologi seperti sekarang sudah mengubah banyak hal. Aktivitas yang dulunya dilakukan secara manual, sekarang bisa diselesaikan secara otomatis. Perkembangan teknologi inilah yang menjadi salah satu alasan, mengapa produktivitas tidak terkait dengan berapa lama bekerja. Dengan kata lain, lamanya bekerja tidak berbanding lurus dengan produktivitas yang dihasilkan.

Jika seorang karyawan bisa menghasilkan kualitas kerja yang sama hanya dengan 4 jam kerja, maka tidak perlu menghabiskan waktu sampai 8 jam. Kita ambil contoh bila dahulu seorang staf keuangan harus menulis laporan keuangan secara manual. Ia akan menghabiskan waktu selama 8 jam untuk menyelesaikan tugas tersebut. Tetapi, sekarang dengan adanya teknologi komputer, menjadikan pekerjaan pembuatan laporan bisa dengan mudah dilakukan. Hanya dalam 4 jam saja, ia dapat menyelesaikan semuanya. Lantas, untuk apa ia harus berlama-lama di kantor selama 4 jam sisanya?

2. Kapasitas Konsentrasi Otak Manusia Untuk Bekerja Kurang Dari 1 Jam

Pada dasarnya manusia memiliki kapasitas, yang pastinya tak akan bisa bekerja terus menerus tanpa adanya istirahat. Menurut penelitian, rasio ideal konsentrasi otak manusia untuk bekerja adalah 52 menit, sedangkan 17 menit setelahnya dibutuhkan waktu untuk beristirahat. Dengan menerapkan rasio seperti ini dapat meningkatkan fokus kerja yang lebih tinggi. Dan hal ini akan berdampak pada efektifitas waktu dan produktivitas dalam bekerja.

3. Setiap Orang Memiliki Jam Produktivitas Masing-Masing

Setiap orang pastinya memiliki waktu produktifnya masing-masing, ada yang waktu produktifnya saat pagi hari dan ada pula yang waktu produktifnya malam hari atau sering disebut dengan istilah “night owl”. Sehingga menyamakan setiap karyawan untuk datang ke kantor pagi hari dan pulang sore hari sudah dianggap tidak lagi efektif.

Yang mana saat ini dunia kerja memerlukan kualitas dan kecepatan dalam bekerja. Hal ini membuat penilaian yang dilihat adalah hasil akhirnya, tak peduli kapan waktu yang Anda punya dan kapan Anda bisa menyelesaikan pekerjaan.

4. Mengatur Energi Lebih Berharga Ketimbang Mengatur Waktu

Pekerja seharusnya mengatur energi yang mereka miliki, bukan jam kerja yang harus dialokasikan. Ini artinya, setiap pekerja harus bisa menempatkan dirinya, kapan untuk bekerja dan kapan untuk mengisi energi. Lebih lanjut dijelaskan bahwa pekerja harus mampu mengatur empat tipe energi yaitu energi fisika (kesehatan), energi emosional (kebahagiaan), energi mental (fokus), dan energi spiritual (tujuan hidup).

Work From Home Lebih Produktif Jika Dibandingkan Bekerja Dari Kantor

Sebuah penelitian yang belum lama ini rilis, menunjukan bahwa bekerja secara jarak jauh alias Work From Home membuat kinerja menjadi produktif. Studi ini dilakukan kepada 30.000 pekerja di Amerika Serikat (AS), hasilnya terdapat peningkatan produktivitas ekonomi Amerika Serikat sebesar 5 persen. Selain itu hasil penelitian lain dari Stanford terhadap 16.000 pekerja selama 9 bulan pada 2020, menemukan bekerja dari rumah meningkatkan produktivitas sebesar 13 persen. Lantas apa yang membuat bekerja dari rumah lebih produktif ketimbang dari kantor? Berikut beberapa alasannya yang dapat kami rangkum.

1. Karyawan Yang Bekerja Dari Jarak Jauh Dapat Menginvestasikan Waktu Perjalanannya

Salah satu kendala dalam menurunya produktivitas saat bekerja dari kantor adalah terbuangnya waktu akibat perjalanan ke kantor. Menurut survey, rata-rata waktu yang dihabiskan seseorang dalam melakukan perjalanan ke kantor bisa menghabiskan waktu selama 4 jam dalam sehari. Bayangkan saja waktu 4 jam bila Anda bekerja dari rumah mungkin bisa digunakan untuk menyelesaikan satu buah report bulanan.

2. Lebih Sehat Dan Dapat Mengurangi Stres

Dengan bekerja dari rumah waktu menjadi lebih fleksibel, hal ini dapat membantu karyawan dalam memperhatikan kesehatannya. Selain itu ketika bekerja dari rumah juga dapat menghindari tekanan-tekanan yang ada di kantor. Hal ini lah yang dapat mengurangi stres seorang karyawan dan menjadikannya lebih rileks karena tak berhadapan langsung dengan bos atau rekan kerja. Suasana rumah yang “homie” serta nyaman membuat lebih produktif untuk bekerja dan lebih cepat menyelesaikan pekerjaan.

3. Minimnya Gangguan

Lingkungan kantor bisa menjadi tempat yang sangat mengganggu, seperti ruang kantor yang berisik, atau distraksi dari rekan kantor yang mengajak kamu untuk mengobrol. Tetapi bila bekerja di rumah akan terasa lebih tenang, karena Anda dapat menyesuaikan lingkungan ketika bekerja. Yang tentunya ini akan meningkatkan produktivitas kerja sehingga semua pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan.

4. Mengembangkan Kemampuan Diri

Ketika fokus dengan pekerjaan kantor, saat bekerja di rumah Anda juga dapat fokus dalam mengembangkan serta memperkaya kemampuan Anda yang lainnya. Hal ini dapat dilakukan karena adanya kefleksibelan waktu yang dimiliki. Apabila bekerja di kantor terkadang akan sangat sulit untuk mengembangkan diri, karena terlalu fokus dengan urusan pekerjaan yang akhirnya melupakan diri sendiri.

Baca Juga: Tips Work From Home yang Produktif,
beserta Kelebihan & Kekurangannya

Nah, Bagaimana? Masih ingin bekerja 8 jam sehari dari kantor atau ingin merubah gaya kerja dengan bekerja dari rumah? Tak selamanya bekerja dari rumah akan memberikan efek negatif, dengan  manfaat-manfaat yang sudah kami infokan diatas, kerja dari rumah memberikan begitu banyak manfaat serta membuat diri lebih santai dan juga lebih produktif.

Jika Anda membutuhkan tools yang dapat membantu Anda dalam berkolaborasi ketika bekerja dari rumah, Edavos telah menyiapkan solusi rental video conference per bulan menggunakan Cisco Webex Room Kit Mini/USB beserta softwarenya dengan mudah di Tokopedia Edavos. Solusi rental video conference dari Edavos siap memajukan bisnis Anda di masa pandemi seperti sekarang ini, yang tentunya dengan fitur All In One Package yang memudahkan Anda untuk menjalani Work From Home dengan produktif dan aman. Jika anda ingin memiliki perangkat Cisco Webex Room USB silahkan order disini. Tunggu apa lagi? Kunjungi Edavos sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

rental video conference

Leave a Comment