room capacity alert feature

Room Capacity Alert Cisco Webex

Proses transisi untuk bekerja kembali di kantor seperti sebelum pandemic, menjadi perhatian bagi banyak organisasi dan karyawan. Rekomendasi seperti masker, jadwal pembersihan yang ketat, dan menjaga jarak sosial perlu dipertimbangkan untuk memastikan bahwa semua pihak menjadi aman.

Bagi sebuah instansi ataupun organisasi, ruang meeting merupakan tempat mereka berkolaborasi dan menyalurkan ide, sayangnya dengan adanya pandemic ini, ruang meeting dapat menjadi cluster baru ketika orang-orang yang berkumpul tidak mematuhi protokol kesehatan, lalu bagaimana cara kita agar dapat mengingatkan mereka dimanapun mereka berada? Sehingga kita dapat mengontrol banyaknya orang dalam sebuah ruangan dengan technology penghitung orang (room capacity alert) secara otomatis.

Room Capacity Alert 1

Seluruh perangkat Video Conference cisco Webex Room Series, telah dibekali dengan teknologi People Counting (room capacity alert) secara otomatis sejak pertama kali di luncurkan, feature ini di gunakan sebagai tambahan feature speaker tracking dan juga best overview. Namun tidak berhenti sampai disitu, feature ini dapat terus di kembangkan untuk kondisi seperti kita alami saat ini, dengan sedikit konfigurasi di macro editor yang telah di siapkan webex.

Room Capacity Alert 2
Tampilan pengingat di perangkat Cisco Touch 10, saat ruangan melebihi kapasitas
room capacity alert feature
Tampilan pengingat di layar video conference

Awalnya saya berpikir bahwa untuk menampilkan notifikasi peringatan otomatis ini akan membutuhkan waktu dan usaha yang panjang, namun kemudian saya tersadar, bahwa perangkat cisco video conference memiliki fitur editor makro yang dapat di gunakan langsung dan dapat menyelesaikan banyak kasus, setidaknya untuk menampilkan pesan otomatis baik dilayar control “touch 10” ataupun video system, bahkan anda membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk melakukan setup ini pada perangkat video conference anda.

Pertama-tama, anda perlu mengakses perangkat video conference anda melalui web atau management dashboard webex anda, dan juga mendownload file script macro yang akan kita gunakan sebagai pesan pengingat di web berikut:

https://github.com/CiscoDevNet/roomdevices-macros-samples/tree/master/Room%20Capacity%20Alert

Setelah anda dapat login, pilih menu integration – macro editor.

Room Capacity Alert 4
Tampilan setelah anda meng-akses video conference

Setelah itu akan tampil seperti halaman berikut:

Room Capacity Alert 5
Tampilan menu editor macro

Pilih import from file, lalu paste file code yang telah anda download dari github tadi.

Pada bagian ini, anda dapat menentukan berapa maksimal kapasitas ruangan dan juga berapa lama anda akan menampilkan pesan tersebut, dalam kasus ini, maksimal ruangan akan sebanyak 4 orang, dan pesan akan di tampilkan selama 20 detik, baik di screen ataupun di touch 10.

const maxPeople = 4; //Not to exceed occupancy for this room

const alertTime = 20; //Time in seconds to display alert on screen and touch 10

Bila sudah selesai, klik save, dan kapasitas ruangan anda akan termonitor secara otomatis oleh perangkat video conference.

Selain menampilkan pesan secara otomatis, anda dapat pula menjadikan perangkat webex room series anda menampilkan kampanye tentang menjaga jarak serta protokol kesehatan lainnya selama mode standby dengan digital signage fitur yang sudah ada seperti contoh di bawah ini:

Room Capacity Alert 6

Semoga artikel tentang pengingat kapasitas ruangan (room capacity alert) ini bisa membantu anda dalam men-design ruang kerja baru di era new normal.

ANDA TERTARIK DENGAN CISCO WEBEX MEETINGS?

Kami memiliki penawaran untuk Cisco Webex

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares