Cara Membuat Webinar Dengan
Topik Yang Menarik

Cara Membuat Webinar

Mengenal webinar dan cara membuat webinar yang menarik menjadi satu topik penting bagi setiap industri pada saat ini. Mengapa bisa begitu? Dengan semakin mudahnya melaksanakan kelas online dan virtual meeting, maka webinar adalah cara tepat untuk memberikan informasi penting dan berharga. Tertarik untuk mengetahui kedua hal tersebut? Dapatkan informasi lengkapnya di sini.

Topik yang akan dibahas:

1. Mengenal Webinar

2. Cara Membuat Webinar yang Menarik

Mengenal Webinar

Mari membahas tentang webinar terlebih dahulu. Jika Anda belum tahu, webinar adalah gabungan dari dua kata sekaligus, yaitu web dan seminar. Jadi ketika ada seminar yang dilangsungkan secara online atau melalui website sendiri, tentunya dengan bantuan jaringan internet, maka itu disebut webinar.

Cara ini memang semakin lumrah untuk dilakukan pada saat ini. Apalagi pandemi COVID-19 di Indonesia masih terus berlangsung. Berkumpul dengan jumlah orang yang terlalu banyak juga tidak boleh. Inilah yang membuat webinar menjadi pilihan paling tepat di dalam menjalankan seminar pada hari ini.

Tidak hanya dipengaruhi kondisi saja. Internet dan perangkat lainnya seperti laptop tidak lagi menjadi teknologi yang sulit dijangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan semakin terbukanya penggunaan teknologi tersebut, maka semakin banyak pula orang yang tertarik untuk mengikuti webinar. Apalagi promosi untuk webinar juga bisa dilaksanakan via website, media sosial, dan media elektronik lainnya. Pada akhirnya, website, seminar, dan teknologi jaringan internet menjadi satu paket lengkap dalam memberikan ilmu pengetahuan penting bagi para peserta.

Baca juga: Alat Video Conference Yang Bisa Membantu Anda Dalam Berkolaborasi

Cara Membuat Webinar yang Menarik

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin membuat webinar secara menarik. Ikuti cara-cara ini:

1. Membuat tema menarik

Pertama, Anda harus membuat tema menarik sebagai suguhan utama dalam webinar. Membuat tema yang menarik bisa dibilang susah tapi juga gampang. Anda bisa melihat tren di dalam industri yang sedang dijalankan. Jika ada tren menarik, jadikan itu sebagai tema.

Namun jangan melihat dari point of view yang sama. Cari point of view yang sedikit berbeda agar para peserta semakin tertarik untuk mengikuti webinar Anda.

2. Memilih pembicara kompeten

Jika sudah menemukan tema webinar, sekarang saatnya memilih pembicara yang kompeten. Anda bisa mencari figur yang memang sudah berkecimpung di industri tersebut dan dekat dengan topik yang dibahas.

Dengan memilih pembicara berkompeten, maka para peserta juga merasa yakin bahwa bahasan yang akan dibicarakan lebih berbobot dan penting untuk didengar.

3. Membuat susunan acara yang jelas

Untuk membuat webinar terasa mengalir dan gampang diikuti, Anda wajib membuat susunan acara yang jelas. Dimulai dari pembukaan, poin apa saja yang akan dibahas, berapa lama setiap poin dibicarakan, dan juga perlu meluangkan waktu untuk sesi tanya jawab.

Sesi tanya jawab terhitung penting karena bisa membuat webinar lebih interaktif dan terjadi komunikasi dua arah. Para peserta pasti merasa bahwa pertanyaan yang muncul bisa dijawab oleh pembicara. Jadi mereka bisa mendapatkan solusi dan jawaban dari apa yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Peralatan yang Dibutuhkan untuk Teleconference

Sekarang Anda sudah mengenal webinar dan cara membuat webinar yang menarik. Anda juga perlu perangkat teknologi paling tepat untuk menyelenggarakan webinar. Untungnya Edavos telah hadir sebagai solusi video conference di Indonesia. Dengan paket perangkat untuk virtual meeting dan webinar  yang siap diberikan, Anda bisa lebih mudah menyelenggarakan webinar tanpa perlu mendapatkan gangguan teknis. Ingin tahu lebih lengkap? Jangan ragu untuk mengunjungi Edavos sekarang juga demi mendapatkan solusi terbaik.

Leave a Comment

shares