fbpx

Apa Manfaat Kantor Virtual untuk Bisnis?

Dalam tren dunia kerja saat ini, kantor virtual menempati salah satu posisi tertinggi yang banyak diminati. Di negara-negara maju, istilah virtual office sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak awal dekade 80-an. Awalnya, fasilitas ini digunakan oleh para pengacara baru yang belum terikat firma atau pegawai yang ingin bekerja dari rumah. Di Indonesia sendiri, keberadaan kantor virtual baru populer dalam satu dekade terakhir, seiring dengan banyaknya perusahaan start-up dan bisnis baru yang bermunculan. Dengan lokasi dan waktu bekerja yang fleksibel, kantor virtual ternyata menawarkan banyak keuntungan di berbagai aspek usaha. Lalu, apa sajakah manfaat kantor virtual untuk bisnis Anda?

Berikut adalah beberapa manfaat kantor virtual untuk bisnis yang tengah Anda jalankan.

 

  • Anggaran Perusahaan Bisa Dihemat

Dibandingkan kantor konvensional di sebuah gedung atau kompleks ruko, biaya sewa kantor virtual jauh lebih murah. Hal ini akan menguntungkan pebisnis yang baru mulai merintis usahanya. Anggaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan pun dapat dihemat. Sebagai alternatif, Anda bisa mengalihkan anggaran menjadi tambahan modal atau biaya untuk hal lain yang lebih diperlukan.

 

  • Jadwal Bekerja yang Fleksibel

Manfaat kantor virtual selanjutnya berkaitan dengan fleksibilitas bekerja. Saat bekerja di kantor konvensional, Anda mungkin harus masuk dan keluar kantor dalam waktu yang telah ditentukan, biasanya dari pagi hingga petang.

Berbeda halnya dengan virtual office. Waktu dan tempat Anda bekerja menjadi lebih fleksibel. Anda bisa bekerja dan mengurus bisnis dari mana saja tanpa harus tergesa untuk melakukannya di waktu-waktu tertentu.

 

  • Lebih Diminati Calon Investor atau Klien

Virtual office merupakan fasilitas modern yang menguntungkan bagi berbagai jenis usaha, terutama bisnis yang dijalankan secara online. Dengan memiliki kantor virtual, pebisnis dapat lebih mudah berinteraksi dengan calon investor atau klien tanpa harus menyewa ruang pertemuan khusus.

Mayoritas investor di era digital seperti saat ini cenderung lebih tertarik pada bisnis yang terlihat profesional dan mengikuti perkembangan zaman. Kantor virtual bisa menjadi salah satu bukti profesionalitas dan eksistensi bisnis Anda.

 

  • Jangkauan Rekrutmen Karyawan yang Lebih Luas

Manfaat kantor virtual tak hanya bisa dirasakan oleh pebisnis atau pemilik perusahaan, tetapi juga oleh karyawan yang Anda rekrut. Karena kantor pusat perusahaan tidak terpaku pada satu lokasi tertentu, Anda bisa menjangkau karyawan secara lebih luas. Karyawan juga dapat bekerja dari mana saja dengan tetap berfokus pada target yang ingin dicapai perusahaan.

 

  • Meningkatkan Produktivitas

Kantor virtual yang menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat bekerja ternyata bisa membuat pebisnis dan pekerja menjadi lebih produktif. Anda dapat bekerja di lingkungan yang lebih nyaman, santai, dan tidak dibayangi banyak gangguan. Selain itu, keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi (work-life balance) bisa dicapai secara lebih mudah.

 

  • Sistem Kontrak yang Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Manfaat kantor virtual lainnya yang bisa Anda rasakan adalah kemudahan sistem kontrak. Tak seperti kontrak kantor konvensional yang harus melalui perjanjian dengan biaya administrasi yang cukup tinggi, kontrak kantor virtual bisa dilakukan dengan lebih fleksibel. Anda juga bisa melakukan perjanjian kontrak sesuai kebutuhan, tanpa harus mengikuti jangka waktu panjang seperti kontrak bangunan pada umumnya.

 

  • Lebih Banyak Kesempatan Mengembangkan Bisnis

Memiliki kantor virtual memberikan kesempatan lebih besar bagi pengembangan bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa lebih berkonsentrasi mengembangkan bisnis tanpa harus dibebani urusan untuk membeli peralatan kantor atau membayar biaya sewa kantor fisik yang mahal.

 

Itulah beberapa manfaat kantor virtual yang memberikan berbagai keuntungan bagi pebisnis pemula. Dengan sejumlah manfaat yang ditawarkan, virtual office pantas dijadikan sebagai salah satu solusi utama pengembangan bisnis Anda.

Recent Posts

Leave a Comment

Jenis Jenis Presentasi VideoWebex Analytics 2