fbpx

Perbandingan Webex Meeting vs Webex Teams

Dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi Cisco, Webex merupakan sebuah platform berbasis komunikasi virtual yang memungkinkan Anda untuk mengadakan rapat atau konferensi tanpa bertatap muka secara langsung. Fasilitas ruang rapat virtual ini didukung oleh teknologi cloud communication yang dapat diakses dengan mudah melalui perangkat desktop di komputer maupun aplikasi di tablet dan ponsel pintar.

Webex menawarkan kemudahan berkomunikasi dan berkolaborasi bersama kolega, klien, atau kelompok kerja di masa pandemi global seperti sekarang. Di antara sejumlah layanan yang tersedia, Webex Meeting dan Webex Teams menjadi dua pilihan yang paling banyak diminati saat ini. Simak ulasan komprehensif tentang perbandingan Webex Meeting vs Webex Teams berikut untuk memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

 

Apa Itu Webex Meeting dan Webex Teams?

Sebelum membahas lebih jauh tentang perbandingan fitur Webex Meeting vs Webex Teams, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu pengertian dua layanan konferensi virtual ini.

Webex Meeting diperkenalkan sebagai fasilitas ruang konferensi virtual yang bisa melibatkan banyak orang. Bahkan, layanannya bisa menjangkau hingga ratusan partisipan. Karena sifatnya lebih global, Anda bisa menggunakan layanan ini untuk video conference, seminar virtual, dan rapat daring bersama banyak anggota.

Sementara itu, Webex Teams adalah aplikasi berbasis cloud yang biasanya digunakan untuk skala lebih kecil. Seperti namanya, layanan ini hadir untuk mendukung produktivitas tim atau kelompok yang bekerja dalam satu proyek yang sama. Dengan Webex Teams, Anda dan anggota lainnya dapat saling terhubung untuk rapat, bertukar pesan dan dokumen, hingga melakukan brainstorming bersama-sama.

 

Perbandingan Webex Meeting vs Webex Teams

Membandingkan Webex Meeting vs Webex Teams bisa dilakukan secara mudah dengan melihat fitur-fitur yang ditawarkannya. Meski kedua layanan ini sama-sama didukung enkripsi end-to-end dan dapat diakses lewat gawai atau perangkat komputer, ada beberapa poin utama yang menjadi pembeda. Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  • Pengaturan Jadwal Pertemuan

Untuk mengatur jadwal pertemuan konferensi, Webex Meeting dan Webex Teams menggunakan fitur Schedule di masing-masing aplikasinya, yakni Meetings app dan Teams app. Fitur ini juga bisa diakses melalui opsi Calendar di fasilitas surel yang Anda gunakan.

Khusus untuk rapat ad hoc virtual, fitur Meeting dan Teams agak berbeda. Webex Meeting menggunakan fitur Meet Now dengan membagikan tautan langsung ke portal rapat. Sementara itu, Webex Teams melakukan pendekatan yang lebih personal melalui panggilan grup.

 

  • Fitur Chatting atau Obrolan

Perbedaan Webex Meeting vs Webex Teams juga bisa dilihat dari fitur chatting. Di platform Webex Meeting, fitur obrolan hanya bisa dilakukan saat konferensi sedang berlangsung.

Namun, fitur chatting di Webex Teams memiliki jangkauan lebih luas. Anda tidak hanya bisa mengobrol dengan peserta lain saat rapat. Obrolan tim bisa dilakukan sebelum rapat dimulai, bahkan setelah rapat selesai.

 

  • Fitur File Store and Share

Saat rapat, tak jarang Anda memerlukan fasilitas khusus untuk menyimpan atau berbagi data dan dokumen dengan peserta lainnya. Sayangnya, fitur penyimpanan data hanya bisa digunakan di Webex Teams untuk mendukung kolaborasi anggota tim dalam satu proyek yang sama.

 

Itulah perbandingan Webex Meeting vs Webex Teams dari segi pengertian, fitur, serta sejumlah perbedaannya. Informasi di atas bisa Anda jadikan salah satu rujukan untuk memilih layanan terbaik yang dapat mendukung efektivitas dan produktivitas kerja saat berada di rumah.

Tertarik berlangganan dan menggunakan layanan Webex Meeting atau Webex Teams? Edavos.com bisa dijadikan solusi utama untuk membantu Anda terhubung dengan layanan konferensi virtual berteknologi cloud communication ini.

Recent Posts

Leave a Comment

VoIP adalahApa itu Teleconference