Mengenal Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Kekurangannya

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah LAN atau WAN? Kedua istilah tersebut merupakan jenis dari jaringan. Namun sebelum kita membahas lebih dalam mengenai apa itu LAN dan WAN, kita mulai terlebih dahulu mengenal jaringan komputer itu sendiri.

Apa itu jaringan?

Mengenal Jaringan

Jaringan adalah kumpulan perangkat jaringan (network devices) dan perangkat end host (end devices) yang terhubung satu sama lain dan dapat melakukan sharing informasi serta resources. Sebuah jaringan dibangun dengan memadukan konfigurasi hardware dan software untuk dapat menciptakan sebuah sistem yang dapat bekerja dengan baik.

Adapun pengertian jaringan menurut ahli:

  • Menurut Izaas El Said jaringan ialah suatu sistem dimana terdapat beberapa komputer yang saling terhubung, untuk saling dapat berbagi informasi dan juga sumber daya yang dipunyainya.
  • Menurut Melwin Syafrizal, pengertian jaringan adalah himpunan interkoneksi antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
  • Menurut Jafar Noor Yudianto menyatakan bahwa jaringan ialah suatu sistem yang terdiri atas yaitu komputer-komputer yang didesain untuk bisa berbagi suatu sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan agar dapat mengakses informasi (peramban web).

Untuk membuat jaringan, switch serta router menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk dapat bertukar informasi dan membawa data ke titik akhir yang diinginkan. Setiap titik akhir dalam suatu jaringan memiliki tanda pengenal, yang biasa disebut dengan alamat IP (Internet Protocol) atau alamat media access control.

Sebuah jaringan dibuat dengan menggunakan gabungan teknologi kabel maupun wireless. Karena perangkat jaringan berkomunikasi melalui melalui medium transmisi kabel atau wireless. Untuk jaringan yang menggunakan kabel, membutuhkan kabel berjenis optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga. Sedangkan untuk jalur jaringan wireless termasuk dalam kategori jaringan yang menggunakan koneksi data nirkabel untuk menghubungkan titik akhir. Titik akhir ini termasuk radio siaran, radio seluler, microwave, dan satelit.

Baca Juga: Pengertian Internet of Things

Sebuah Jaringan juga dapat diatur menjadi privat maupun publik. Dalam penggunaan jaringan private, biasanya memerlukan akses user untuk memasukkan kredensial berupa kata sandi. Biasanya akses ini diberikan secara manual oleh administrator jaringan atau diperoleh langsung oleh pengguna melalui kata sandi atau dengan kredensial lainnya. Sedangkan jaringan publik seperti contohnya internet tidak memiliki batas akses.

7 Jenis Jaringan

Setelah Anda mengetahui pengertian dari jaringan, sekarang kita masuk kedalam pembahasan dari jenis – jenis dari jaringan itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis jaringan komputer yang biasa digunakan.

1. LAN (Local Area Network)

LAN
Sumber gambar: Dataglobal

Jenis jaringan LAN ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Misalnya jaringan pada sebuah gedung kantor, sekolah, maupun rumah. Dan biasanya dalam jenis jaringan ini berisi satu LAN, walau begitu terkadang bisa saja dalam satu gedung akan berisi beberapa LAN kecil (mungkin satu per ruangan). 

Jenis jaringan LAN ini biasanya dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh satu organisasi dan cenderung menggunakan teknologi konektivitas tertentu, terutama Ethernet dan Token Ring. Selain itu Ada juga LAN yang menggunakan teknologi jaringan wireless dengan Wi-Fi yang dikenal dengan nama Wireless Local Area Network (WLAN).

2. PAN (Pearson Area Network)

PAN
Sumber gambar: imtechies

Untuk jenis jaringan ini sama seperti jaringan LAN, jenis jaringan komputer PAN biasanya mencakup wilayah yang lebih kecil seperti misalnya jaringan rumah atau kantor. Dan biasanya jenis jaringan ini digunakan untuk berbagi resources, Internet, serta printer.

3. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN
Sumber gambar: Dataglobal

Jenis jaringan MAN cakupan wilayahnya lebih luas dibandingkan dengan LAN dan PAN. Karena jenis jaringan ini merupakan jenis jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota di jaringan yang sama. Contoh dari penerapan jaringan MAN untuk jangkauan kota Jakarta, Bandung, dan Bekasi.

4. CAN (Campus Area Network)

CAN
Sumber gambar: Pinterest

Jenis jaringan CAN bisa dibilang mirip dengan jenis jaringan MAN, tetapi terbatas pada jaringan yang terdapat di universitas. Jenis jaringan ini diperuntukkan khusus untuk kebutuhan akademik di universitas, seperti pembaruan kelas, praktik lab, email, ujian, pemberitahuan, hingga pengaksesan e-mail untuk mendistribusikan informasi kepada civitas akademik.

5. WAN (Wide Area Network)

WAN
Sumber gambar: Dataglobal

Jaringan WAN merupakan jenis jaringan yang memberikan keuntungan berupa jangkauan area yang sangat luas. Karena bisa dibilang jaringan WAN merupakan kumpulan LAN yang tersebar secara geografis, maksudnya WAN mampu menjangkau jaringan antar negara hingga benua. Jenis jaringan ini menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi.

6. Internet

Internet
Sumber gambar: Pinterest

Interconnected Network (Internet) adalah salah satu jenis jaringan yang merupakan wadah komunikasi secara global yang dapat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya di seluruh penjuru dunia. Untuk dapat terhubung dengan jaringan ini banyak teknologi dan infrastruktur yang digunakan. Internet terbuka untuk semua orang, karena siapa saja bisa terhubung ke internet, internet juga dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.

7. VPN (Virtual Private Network)

VPN
Sumber gambar: Pinterest

Virtual Private Network adalah salah satu dari jenis jaringan yang digunakan ketika seseorang ingin mengakses internet memakai jaringan pribadi. Karena jarangan ini menyediakan koneksi Internet yang aman, sebagai contoh sebuah perusahaan memiliki dua kantor; satu di Jakarta dan lainnya di Bandung. Dalam hal ini perusahaan dapat menggunakan VPN untuk menghubungkan kedua kantor tersebut.

Apa Manfaat dan Kekurangan Dari Jaringan?

Setiap teknologi yang diciptakan pasti memiliki manfaat dan juga kekurangan yang dimilikinya, tidak terkecuali teknologi jaringan. Dengan adanya manfaat dan juga kekurangan pada jaringan, diharapkan para penggunanya dapat menggunakan teknologi ini dengan bijaksana dalam memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Manfaat dari adanya jaringan adalah sebagai media untuk berbagi informasi, data maupun resource antara satu pengguna komputer dengan pengguna komputer lainnya. Dengan adanya jaringan ini, para pengguna komputer tidak terkendala dengan jarak dan waktu.

Manfaat dari jaringan berikutnya adalah sebagai media yang membantu mengatur data dengan lebih baik. Contohnya saja pada bidang pekerjaan administrasi pada sebuah perusahaan, administrator dapat memanfaatkan jaringan sebagai media yang membantunya mengatur data perusahaan agar lebih mudah ketika ingin digunakan atau disimpan.

Selain itu, manfaat jaringan juga dapat memenuhi kebutuhan pribadi Anda. Contohnya saja dengan adanya jaringan yang terkoneksi dengan internet, Anda bisa mengakses berbagai konten hiburan yang tersedia pada aplikasi-aplikasi hiburan bahkan melalui ponsel.

Setelah membahas manfaat dari jaringan, Anda juga perlu mengetahui kekurangan yang dimiliki dari jaringan. Yang pertama adalah adanya resiko data atau informasi terkena virus ketika dibagikan dari satu komputer dengan komputer lainnya sehingga jaringan membutuhkan perawatan berkala agar virus atau bug dapat diketahui sedini mungkin.

Lalu berikutnya biaya yang dikeluarkan untuk membentuk sebuah jaringan tidak sedikit, Anda harus menginvestasikan dana untuk menyediakan perangkat lunak, perangkat keras, desain jaringan dan implementasi jaringan.

Baca Juga: Pengertian Network Assessment

Selain itu pembentukan dari sebuah jaringan harus dilakukan dengan baik , supaya data maupun informasi yang Anda simpan terjaga dengan aman. Jika jaringan tidak dibentuk dengan baik, maka ada resiko jaringan Anda terserang hacker akan semakin besar.

Penutup

Itu tadi informasi mulai dari pengertian jaringan, jenis-jenis jaringan, hingga manfaat serta kekurangan dari jaringan. Hadirnya berbagai jenis jaringan di masa sekarang tentunya membuat segala hal menjadi lebih efektif dan juga efisien. Sehingga dapat mengirim dokumen berukuran besar hingga berbagi informasi ke seluruh penjuru dunia.

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment