Jaringan Internet Di Kantor Lambat? Ini Penyebab dan Solusinya

Jaringan internet memiliki peran sangat penting untuk membantu pekerjaan selama di kantor.

Jika jaringan internet kantor lemot maka aktivitas tentu akan terganggu. Terhambatnya pekerjaan tentu juga akan mempengaruhi kinerja perusahaan itu sendiri.

Tidak heran jika koneksi internet yang lemot mengundang perasaan kesal penggunanya. Terlebih jika sedang menghadapi deadline pekerjaan yang mengharuskan kirim ke klien.

Padahal sudah menggunakan layanan internet dedicated dengan bayaran yang lumayan mahal. Jika jaringan internet masih mengalami gangguan selama bekerja tentu rasanya sangat kesal.

Apa Penyebab Jaringan Internet Kantor Lemot?

Jaringan Internet Kantor Lemot 1

Apakah perusahaan Anda menggunakan dedicated internet? Tapi internet Anda masih berjalan lemot? Jangan langsung menyalahkan ISP tempat Anda berlangganan.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab koneksi internet Anda lemot. Mari kita pahami faktor apa saja yang menyebabkan jaringan internet kantor Anda lemot;

1. Terjadi Interferensi Pada Jaringan

Ketika proses pemasangan sebuah jaringan. Biasanya pihak ISP terlebih dahulu akan menentukan batasan  frekuensi yang digunakan.  Batasan frekuensi mana saja yang bisa digunakan publik sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Mau tidak mau batasan frekuensi tersebut bisa menyebabkan  tabrakan frekuensi ( interferensi jaringan).  Nah, Interferensi yang terjadi pada  frekuensi ISP lain bisa menyebabkan internet lemot.

2. Perangkat Mengalami Kerusakan

Penyebab koneksi internet di kantor lemot selanjutnya adalah terjadinya kerusakan pada perangkat. Kondisi perangkat akan menjadi faktor penentu kualitas kecepatan internet yang diterima.

Kerusakan yang terjadi pada perangkat biasanya berupa kerusakan kabel. Atau kerusakan pada perangkat jaringan seperti gateway. Hal ini terjadi bisa saja karena perangkat tersebut termakan oleh waktu. Sehingga sudah tidak layak digunakan.

3. Full Traffic atau Bandwidth Kecil

Faktor penyebab internet tidak stabil berikutnya adalah traffic pada jaringan penuh. Sedangkan bandwidth yang Anda miliki kecil. Jika pengguna jaringan terlalu banyak, dan salah satu ada yang mengambil bandwidth besar. Pasti jaringan internet menjadi lemot.

Apalagi ketika terdapat pengguna yang sedang download file besar. Sudah pasti pengguna lain  akan mengalami internet yang lemot. Terlebih jika dikantor semua sedang menggunakan jaringan dengan bandwith besar.

4. Adanya Aktivitas Berbahaya

Ketika berselancar di internet, lalu Anda mengunjungi sebuah situs dan hal lainya.  Bisa saja membuat  virus maupun malware masuk ke jaringan internet. Terlebih bila Anda asal masuk ke dalam sebuah website. Yang ternyata website tersebut merupakan sarang sebuah virus.

Hal tersebut bisa menyebabkan koneksi internet pada komputer tersebut jadi lemot. Usahakan untuk menggunakan antivirus untuk melindungi jaringan dari aktivitas berbahaya.

5. Desain Jaringan yang Buruk

Faktor penyebab jaringan lemot yang terakhir adalah buruknya desain jaringan di perusahaan. Desain yang buruk dapat mempengaruhi jaringan tidak bisa mencapai potensi sepenuhnya.

Anda harus memperhatikan desain dari ISP saat proses instalasi jaringan di kantor. Desain harusnya dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan jauh sebelum jaringan dirancang atau diinstalasi.

Baca Juga: 6 Masalah Jaringan yang Biasa Terjadi Pada Perusahaan

Bagaimana Solusi Mengatasi Jaringan Internet Kantor lemot?

Anda tidak perlu khawatir jika kantor mengalami jaringan internet yang lemot. Semua pasti ada solusinya.  Anda tinggal menyesuaikan dengan kondisi dan faktor penyebab internet Anda lemot.

1. Lindungi Jaringan dari Serangan Virus

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan melindungi jaringan dari serangan virus. Sudah dijelaskan sebelumnya. Bahwa virus bisa saja masuk ke dalam jaringan dari situs yang Anda kunjungi.

Agar perangkat kantor yang Anda gunakan untuk berselancar aman. Maka Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus terbaik. Jika sudah terpasang maka Anda bebas berselancar.

2. Batasi Jumlah Pengguna Jaringan

Salah satu tips jika jaringan internet di kantor Anda lemot. Maka batasi saja pengguna jaringannya. Anda bisa menentukan berapa maksimal pengguna suatu jaringan agar tidak disalah gunakan.

Anda bisa melakukan perubahan jumlah pengguna melalui pengaturan dari perangkat seperti monitoring jaringan. Karena pengguna yang padat akan membuat jaringan internet lebih lemot dari biasanya.

3. Update Bandwidth

Cara lain yang perlu Anda lakukan. Untuk mengatasi internet lemot adalah update saja kapasitas Bandwidth Anda. Anda tinggal menghubungi ISP untuk menambah kapasitas Bandwidth.

Sebelum merancang instalasi jaringan internet sebaiknya Anda memperhitungkan Bandwidth terlebih dahulu. Pesanlah jasa ISP dengan jumlah bandwidth yang sesuai kebutuhan perusahaan.

4. Gunakan Alat untuk Monitoring Jaringan

Jika Anda penasaran dengan jalannya jaringan yang digunakan oleh semua pekerja. Maka gunakanlah alat untuk monitoring jaringan. Anda bisa dengan mudah memantau pergerakan pengguna internet di perusahan.

5. Kompres Data

Salah satu solusi jika Anda memiliki bandwidth yang kecil. Dan jaringan Anda sering lemot cobalah untuk kompres data. Cara ini sangat ampuh untuk membuat jaringan lebih cepat.

Kompres data maksudnya adalah mengurangi ukuran file data yang akan dikirim. Agar bergerak 4 kali lebih cepat dari sebelumnya.

Baca Juga: Jasa Network Assessment | Edavos

Penutup

Ok, cukup sekian pembahasan artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dalam dunia teknologi. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment