Mengenal Lebih Dalam Mengenai Keamanan Jaringan

Di dunia serba digital ini memang kita sangat dipermudah dengan adanya teknologi komputer. Namun, jangan sampai kita dibuat lengah dan berakhir data-data perusahaan menjadi bocor dan dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab. 

Dari data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sudah ada lebih dari 700 juta serangan siber yang terjadi di Indonesia pada tahun 2022 ini. Maka dari itu diperlukan pengamanan jaringan yang bisa melindungi seluruh komponen data serta jaringan komputer pada perusahaan Anda.

Simak artikel ini untuk meningkatkan pemahaman Anda mengenai keamanan jaringan dan juga jenis-jenisnya. 

Apa itu Keamanan Jaringan?

Keamanan Jaringan

Begitu penting memperhatikan keamanan jaringan komputer yang Anda miliki. Namun, sebelum membahas lebih jauh ada baiknya untuk memahami terlebih dulu pengertian keamanan jaringan itu sendiri. 

Sistem keamanan satu ini disebut juga dengan istilah  network security system. Yang merupakan sebuah perangkat yang berperan mencegah segala kegiatan ilegal dalam jaringan komputer Anda. Adapun aktivitas ilegal yang dimaksud seperti pencurian data dengan berbagai macam modus dan berakhir tertanamnya virus dalam komputer pengguna.

Secara sederhana, pengamanan jaringan sebagai usaha nyata yang dilakukan untuk melindungi segala kerahasiaan data serta perlawanan dari segala bentuk ancaman cyber. Kerja keamanan jaringan ini dengan memblokir segala ancaman yang ingin masuk dalam jaringan komputer pengguna. 

Baca Juga: Mengenal Firewall, Fungsi, dan Jenisnya

Apa saja aspek keamanan pada jaringan yang perlu diperhatikan Dalam implementasi Keamanan Jaringan?

Bentuk pengamanan jaringan sudah mencakup semua elemen dalam jaringan komputer, termasuk di dalamnya perangkat keras atau hardware, hingga akses jaringan di dalamnya. Adapun ulasan lebih lengkapnya sebagai berikut:

1.    Pengamanan Hardware

Aspek pertama dalam pengamanan  jaringan adalah menyangkut hardware. Masih banyak pengguna yang acuh tak acuh dengan kemana perangkat keras komputernya. Padahal, ini jadi aspek penting kerahasiaan data yang ada di komputer secara keseluruhan. Salah satu usaha pengamanan adalah meletakkan komputer jauh dari jangkauan orang yang tak berkepentingan.

2.    Pengamanan Data

Komputer pribadi saja harus dipastikan keamanan datanya secara keseluruhan, terlebih lagi jika menyangkut data perusahaan. Wajib hukumnya bagi pihak terkait mengamankan seluruh data agar tidak diakses orang tak bertanggung jawab . Adapun bentuk penggunaannya adalah memberi password saat akan mengoperasikan komputer.

3.    Pengamanan Komunikasi Jaringan

Aspek berikutnya yang harus masuk dalam pengamanan jaringan adalah terkait pengamanan komunikasi jaringan itu sendiri. Dalam hal ini dibutuhkan sistem keamanan dengan kerumitan lebih tinggi. Pasalnya, melibatkan proses enkripsi menggunakan kriptografi dengan maksud setiap data yang keluar masuk bisa tetap aman.

4.    Pengamanan Akses

Untuk aspek terakhir dalam pengamanan jaringan perusahaan adalah terkait akses setiap pengguna yang terlibat dalam pengoperasian komputer tersebut. Dalam perusahaan, tentu karyawan lah yang memiliki hak akses guna kelancaran pekerjaan. Dengan memberi akses pengguna berserat sandi akan mengamankan komputer dan jaringan dari pihak luar.

6 Jenis Keamanan  Jaringan

Begitu penting keamanan jaringan ini, dan perlu diketahui jika ada banyak sekali jenis-jenis keamanan jaringan yang dirancang sesuai dengan fungsi dan tujuannya masing-masing. Berikut ini beberapa jenis-jenis keamanan jaringan yang perlu Anda ketahui: 

1.    Endpoint Security

Merupakan jenis keamanan jaringan yang berada di tahapan terakhir atau biasa juga disebut dengan keamanan titik akhir. Perangkat apapun selalu berpeluang besar diserang oleh hacker, untuknya diperlukan keamanan lebih tinggi agar peluang tersebut bisa diminimalisir. Endpoint berperan mengamankan perangkat Anda saat terhubung dengan perangkat bisnis lain seperti contohnya mesin faksimile dan sejenisnya.

2.    Firewall

Selanjutnya adalah firewall yang berperan sebagai pelindung jaringan komputer dari segala perangkat eksternal yang digunakan. Fungsi keamanan satu ini yakni memeriksa keseluruhan jaringan eksternal yang terhubung dengan beberapa prosedur berlaku, lalu memblokir trafik yang dinilai membahayakan jaringan internal.

3.    Antivirus serta Antimalware

Pengamanan jaringan berikutnya dengan memasang antivirus serta antimalware. Dimana, antivirus ini berperan sebagai penangkal segala virus yang masuk dalam jaringan, baik yang tertanam ataupun virus yang dikirim oleh cyber. Sedangkan antimalware bertugas mendeteksi komputer dari bahaya malware. Serangan ini bisa melumpuhkan jaringan untuk beberapa waktu.

4.    Wireless Security

Wireless security atau bisa disebut dengan keamanan nirkabel juga penting untuk dijaga. Sebab, elemen satu ini sangat mudah ditembus akibat enkripsi yang terbilang mudah. Wireless security ini berperan memperkuat jaringan. Dengan menggunakan Wi-Fi Protected Access (WPA) jaringan nirkabel akan lebih aman saat diakses.

5.    Network Segmentation

Network segmentation atau segmentasi jaringan Merupakan jenis yang berfungsi meningkatkan  keamanan dengan cara mengelompokkan beberapa jaringan ke dalam beberapa segmen atau bagian. Lalu, Beberapa segmen ini yang akan mengontrol berbagai jenis lintas jaringan serta berbagai macam resiko atau ancaman yang terjadi di dalamnya.

6.    Virtual Private Network (VPN)

Jaringan pribadi virtual (VPN) Merupakan jenis keamanan yang berfungsi sebagai alat Pendeteksi komunikasi antara  jaringan serta perangkat komputer yang digunakan. Adapun sistem kerjanya, di sini jaringan pribadi membuat akses terenkripsi yang aman guna menghubungkan perangkat komputer pengguna sehingga mencegah adanya ancaman dari jaringan yang digunakan.

Baca Juga: Cyber Security Threat

Penutup

Sebagai pemilik perusahaan, keamanan jaringan  sangat penting untuk diperagakan. Mengingat ancaman cyber sangat berpengaruh terhadap kemajuan usaha digital yang ada saat ini. Dengan keamanan jaringan yang baik, tentu orang yang tidak berkepentingan tidak lagi memiliki akses terhadap data penting ataupun mencuri nya.

Ok, cukup sekian pembahasan artikel kali ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami serba-serbi tentang keamanan jaringan. Sampai jumpa kembali, dan nantikan artikel kami selanjutnya.

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment