4 Dampak Jaringan Internet Lambat Bagi Perusahaan

Jaringan internet menjadi penunjang di segala aktivitas manusia, mulai dari pendidikan, hingga sektor pekerjaan. Bahkan, hampir semua bidang memanfaatkan jaringan internet sebagai sarana pendukung.

Oleh sebab itu sekarang ini baik perusahaan besar maupun kecil sangat membutuhkan jaringan internet untuk menunjang kegiatan operasional para karyawannya.

Lalu bagaimana jika jaringan yang digunakan oleh perusahaan lambat? Tentu akan sangat berdampak pada kelancaran perusahaan bukan?

Baca Juga: 6 Masalah Jaringan yang Biasa Terjadi Pada Perusahaan

Apa Saja Dampak Jaringan Lambat untuk Perusahaan?

Internet Lambat

Karena kehadirannya begitu vital dalam sebuah perusahan dan bisnis, tentu siapapun mengharapkan internet bisa lancar tanpa hambatan. Ada banyak dampak yang mungkin bisa saja terjadi jika koneksi internet di perusahaan Anda lambat, apa saja dampaknya? Berikut ini ulasannya:

1. Menurunkan Produktivitas Karyawan

Internet yang lambat dan tidak stabil bisa menurunkan produktivitas karyawan. Kenapa? Ya karena kelancaran project bisa sangat terganggu. Pekerjaan yang seharusnya bisa terselesaikan hari ini. Bisa saja menjadi terhambat karena jaringan yang tidak stabil. Terutama pada proyek yang erat kaitannya dengan aspek digital.

Kalau memulai pekerjaan saja sudah terganggu seperti ini. Tentu akan membuat semangat karyawan menurun dan berdampak langsung pada produktivitasnya. Jika hal ini terjadi terus menerus, perusahaan tentu akan semakin menurun citranya dan bahkan bisa saja dianggap tidak profesional.

2. Akses Layanan Cloud Terganggu

Hampir semua perusahaan atau bisnis yang berjalan di era digitalisasi seperti sekarang ini memanfaatkan layanan cloud  atau komputasi awan guna menyimpan berbagai macam filenya. Dilansir dari data yang dikeluarkan oleh iTel.com, hampir 87% perusahaan telah mempercayakan satu beban kerjanya pada sistem cloud.

Terutama aplikasi yang berhubungan dengan layanan ini seperti contohnya Google Drive dan Point of Sale (PoS) sangat amat bergantung dengan kestabilan jaringan internet yang digunakan perusahaan. Sehingga sebagus apapun layanan cloud yang perusahaan Anda miliki. Namun jika jaringan internet  yang perusahaan Anda miliki tidak memadai sama saja bohong.

3. Kepercayaan Klien Berkurang

Dampak jaringan internet lambat bagi perusahaan berikutnya adalah  mampu mempengaruhi kepercayaan klien terhadap pelayanan perusahaan Anda. Kesulitan mengakses situs perusahan tentu akan mempengaruhi kesan setiap konsumen yang terlibat bukan?

Dalam sebuah survey yang telah dilakukan oleh i-ras.co.uk, hampir 57% pengguna akan meninggalkan halaman web yang tidak terbuka dalam waktu 3 detik. Waktu 3 detik ini bahkan bisa menurunkan konversi hingga 7%.

Sehingga para pelanggan akan beralih ke website lain yang lebih baik responnya ketimbang website yang memiliki respon lama. Dan Ini tentu akan berdampak buruk pada kelancaran dan besaran pendapatan yang akan perusahaan Anda peroleh.

Selain itu menyambung poin nomor satu dengan kendala jaringan yang lambat. Membuat pekerjaan menjadi terganggu dan membuat pekerjaan akan molor lewat dari deadline yang telah ditentukan oleh klien.

Hal ini bisa membuat kepercayaan klien menurun kepada perusahaan. Dan klien bisa saja akan berpindah kepercayaan kepada perusahaan lain untuk menangani proyek mereka untuk kedepanya.

4. Menghambat Kelancaran Video Conference

Koneksi internet yang buruk juga bisa mempengaruhi kelancaran aplikasi yang perusahaan Anda gunakan, termasuk yang paling penting aplikasi video conference. Ini menjadi alat penting karena bisa digunakan untuk meeting jarak jauh. Terlebih aplikasi ini juga sangat membantu kelancaran project bisnis.

Untuk mendapatkan video conference yang realtime tentu diperlukan koneksi internet yang stabil. Jaringan yang lambat bisa membuat video conference ini tersendat-sendat, bahkan bisa menggagalkan meeting secara tiba-tiba.

Baca Juga: Jasa Network Assessment | Edavos

Penutup

Nah, demikianlah informasi terkait dampak jaringan internet lambat bagi perusahaan.

Jika Anda mengalami permasalahan jaringan, seperti halnya jaringan internet lambat. Bisa saja penyebabnya bukan hanya dari ISP langganan perusahaan Anda saja. Bisa saja ada kemungkinan lain yang terjadi. Nah, salah satu cara untuk mengidentifikasi masalahnya adalah dengan cara melakukan network assessment.

Untuk itu Edavos siap membantu perusahaan Anda dalam memecahkan permasalahan jaringan internet perusahaan Anda dengan jasa network assessment dari kami. Berbekal pengalaman di dunia Networking lebih dari 10 tahun.  Serta tenaga IT profesional kami yang telah tersertifikasi secara internasional dan berpengalaman menangani berbagai macam perusahaan lokal hingga multinasional.

Sehingga kami dapat memberikan informasi/insight yang dapat membantu mengatasi issue atau meningkatkan performa jaringan. Dan kami juga dapat memberikan rekomendasi yang dapat membantu menyelaraskan IT roadmap dengan business plan perusahaan Anda. Jadi jika Anda tertarik dengan jasa network assessment dari Edavos, langsung saja klik disini.

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment