Wifi Design: Solusi Wifi Efektif untuk Bisnis yang Produktif

WiFi design dapat menjadi solusi jaringan WiFi yang efektif agar bisnis Anda lebih produktif. Pelajari manfaat dan caranya di sini.

Catatan: Koneksi WiFi di kantor Anda tidak stabil? Saatnya periksa jaringan WiFi anda dengan WiFi Assessment eksklusif dari Edavos, daftarkan diri anda sekarang! Jika Anda membutuhkan Solusi IT lainnya kami memiliki berbagai layanan Jasa IT Terbaik yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebuah bisnis. Sayangnya, tanpa sebuah WiFi design yang baik, alih-alih mendukung produktivitas, jaringan internet bisnis Anda justru bisa jadi beban usaha.

Simak infonya hingga akhir.

Mengenal WiFi Design

Baca Juga: Memahami WiFi Heatmap Kekuatan Sinyal pada Desain Jaringan

WiFi design adalah proses merancang jaringan WiFi yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan baik.

Dalam kacamata bisnis, baik ini berarti stabil, cepat, dan aman. Demikian sehingga mampu memberikan dampak yang optimal dan efisien bagi bisnis Anda.

Proses perancangan ini penting, karena kalau Anda tidak merancangnya dengan baik, hasilnya WiFi dapat lemot, tidak efisien, sehingga bisnis Anda dapat terganggu.

Contoh masalah jaringan yang sering muncul di antaranya:

  1. Internet yang lambat walaupun Anda sudah menambah modem dan router,
  2. Kecepatan internet yang berbeda antar ruangan,
  3. Adanya sudut mati (dead zone) yang tak terjangkau jaringan,
  4. Pemborosan karena pembelian perangkat yang tidak perlu,
  5. Keamanan jaringan buruk sehingga mudah diserang dari luar.

Dengan menyelesaikan masalah-masalah yang muncul karena jaringan WiFi yang buruk di atas, tentu ini memberikan dampak positif bagi bisnis Anda.

Keuntungan melakukan WiFi design sejak awal bagi bisnis Anda antara lain:

4 Manfaat WiFi Design
  1. Mendapatkan kecepatan koneksi internet yang lebih cepat, stabil, dan sesuai kebutuhan di setiap ruangan,
  2. Hemat biaya pembelian dan maintenance perangkat yang sebenarnya tak perlu Anda beli,
  3. Aman dari kebocoran data dan informasi bisnis yang penting,
  4. Karyawan dapat bekerja lebih produktif dan pelanggan dapat merasakan pengalaman yang memuaskan.

6 Pertimbangan Mendesain Jaringan WiFi

Memasang jaringan WiFi tidak bisa semata-mata meletakkan modem atau router di sebuah ruangan. Agar jangkauan maksimal dengan jaringan yang optimal, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

Coverage

Ini tentang seberapa luas area yang dapat dicakup oleh sebuah perangkat modem atau router.

Tanpa mempertimbangkan jangkauan sinyal perangkat, bisa terjadi pemborosan karena terlalu banyak router terpasang, atau ada sudut mati yang tak terjangkau sinyal.

End User

Ini tentang seberapa banyak pengguna dalam satu tempat. Anda tak bisa menyamakan kebutuhan jaringan ruangan kantor berisi 8 orang dengan kebutuhan ruang rapat untuk puluhan atau ratusan orang.

Kanal dan Interferensi

Bagaimana kondisi kanal (channel) WiFi Anda? Apakah ada kanal lain yang menginterferensi di sekitarnya? Jika ada interferensi, sinyal dapat patah-patah dan tidak stabil.

Baca Juga: WiFi Planning yang Tepat Dapat Meningkatkan Kinerja Jaringan

Keamanan Jaringan

Apakah jaringan WiFi kantor Anda sudah terproteksi dengan baik? Apakah password WiFi yang Anda gunakan kuat? Adakah kemungkinan terjadinya kebobolan data dan informasi melalui jaringan WiFi tersebut?

Skalabilitas

Ini berkaitan dengan kemungkinan pengembangan jaringan ke depannya. Apakah mudah untuk melakukan penambahan jaringan nantinya, baik secara sementara ataupun permanen?

Langkah Mendesain Jaringan WiFi

Untuk memastikan hasil rancangan WiFi berjalan sempurna, Anda perlu memahami cara mendesain jaringan WiFi.

Sebagai gambaran bagaimana proses WiFi design berjalan, Anda bisa memperhatikan workflow berikut.

5 Tahap WiFi Design

Identifikasi Kebutuhan

Berapa banyak orang yang akan menggunakan jaringan ini? Bagaimana distribusi user-nya? 

Penggunaan datanya seperti apa? Apakah dominan video, gambar, atau data teks? Perencanaannya perlu menggunakan WiFi design software agar optimal.

Analisis Lokasi

Selanjutnya, yaitu proses survei dan analisis lokasi. Ini untuk menentukan di titik mana saja modem atau router akan dipasang. 

Proses ini mempertimbangkan jangkauan sinyal, serta kemungkinan terjadinya interferensi dan scale up jaringan.

Pemilihan Perangkat

Pemilihan perangkat mempertimbangkan faktor biaya dan fungsi jaringan yang optimal. 

Bagaimana dengan cost vs benefit perangkat tersebut? Layakkah dibeli? Perlukah? Adakah substitusinya sehingga lebih hemat bagi perusahaan tanpa mengurangi keandalan jaringan?

Konfigurasi Jaringan

Ini adalah proses instalasi. Proses ini mempertimbangkan pengaturan konfigurasi, hak pengguna, dan faktor keamanan jaringan.

Baca Juga: WiFi Assessment: Solusi Masalah Internet Lambat untuk Bisnis

Uji Coba dan Evaluasi

Setelah semua terpasang, perlu dilakukan testing atau uji coba. Apakah sudah sesuai dengan kriteria yang bisnis Anda butuhkan? Jika belum, apa perbaikan yang perlu dilakukan?

Panduan WiFi Design Praktis

Jika Anda belum begitu memahami tentang WiFi design, ada beberapa tips praktis yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan jaringan Anda.

Pertama, untuk mengoptimalkan jaringan wifi, Anda perlu menempatkan akses poin Wifi secara strategis. Jangan terlalu dekat sehingga kapasitas jaringan bisa maksimal.

Selanjutnya, untuk menghindari interferensi jaringan, Anda bisa meniadakan penghalang fisik di kantor, beralih ke jaringan 5 GHz, dan menjauhkan router dari perangkat elektronik lain.

Butuh jasa WiFi design untuk mengoptimalkan jaringan internet bisnis Anda? Hubungi Edavos untuk mendapatkan solusi jaringan WiFi yang efektif guna membuat bisnis Anda lebih produktif.

Promo Wifi Assessment

Suka Artikel Ini?

Untuk tetap up-to-date dengan artikel terbaru dan tips menarik mengenai WiFi, ayo bergabung di Newsletter Edavos.