Apa itu Wi-Fi & Cara Kerjanya

WiFi Adalah

Saat ini siapa yang tidak mengenal Wi-FiTeknologi yang ini sudah tidak asing lagi. Tetapi tidak banyak orang yang mengetahui apakah Wi-Fi dan bagaimana cara kerjanya. Wi-Fi adalah singkatan dari “Wireless Fidelity” yaitu tenologi nirkabel yang memanfaatkan gelombang radio sebagai penghubung perangkat-perangkat untuk dapat saling bertukar informasi. Pada sejarahnya teknologi Wi-Fi mengalami perkembangan yang cukup panjang. Pada tahun 1971 WiFi dikembangkan oleh ALOHA System untuk memanfaatkan UHF Frequency dalam berkomunikasi. Hingga pada 1991 perusahaan NCR Corporation dengan AT&T mempopulerkan teknologi standard protokol 802.11 untuk digunakan di mesin kasir. Hingga pada saat ini teknologi Wi-Fi digunakan di banyak perangkat sehari-hari. Seperti Handphone, laptop, Televisi, printer, digital kamera, game konsol dan sebagainya.

wifi1
Radio Frequncy 2.4Ghz & 5Ghz

Pada dasarnya teknologi Wi-Fi pada standar IEEE 801.11 memungkinkan sebuah Local Arena Network(LAN) untuk dapat saling berkomunikasi secara nirkabel. Untuk jaringan di dalam wireless kita dapat menyebutnya dengan istilah WLAN(Wireless Local Area Network)

Cara Kerja Wi-Fi

wifi2
Radio Frequncy 2.4Ghz & 5Ghz

Wi-Fi adalah jaringan lokal atau LAN (Local Area Network) yang tidak memerlukan kabel untuk media komunikasinya. Wi-Fi menggunakan signal Radio sebagai komponen utama untuk berkomunikasi. Radio Frequency yang umumnya digunakan adalah Frequency 2.4Ghz dan 5Ghz. Frequency 2.4Ghz umumnya digunakan untuk menjangkau area yang cukup luas, namun memiliki resiko gangguan lebih besar. Sedangkan 5Ghz memiliki jangkauan lebih kecil, namum memiliki kualitas yang lebih baik dari 2.4Ghz. 

wifi3

Router atau Access Point akan menerima data dari internet lalu akan di terjemahkan menjadi sinyal radio lalu kemudian akan di transmisikan dari antenna Wi-Fi dan di pancarkan ke perangkat-perangkat penerima. Lalu perangkat penerima akan mengkap sinyal melalui Antenna Wi-Fi yang dimiliki perangkat penerima. Lalu terjadilah komunikasi melalui Wi-Fi. Sebagai contoh sebuah laptop yang akan akses ke internet. Laptop tersebut akan menterjemahkan data tersebut menjadi sinyal radio dan di transmisikan melalui antenna ke perangkat Wifi. Lalu perangkat Wifi menerima melalui antenna dan menterjemahkan ke data untuk dikirimkan ke perangkat Modem dan di teruskan ke internet dapat akses ke internet.     Komunikasi transmisi tersebut menggunakan teknologi standard 802.11. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Performa Wifi Rumah

Generasi Wifi 

WIFI4png
Wifi Generation

Pada perkembangannya wifi memiliki beberapa fase perkembangan teknologi. Tiap fase menghadirkan fitur dan kecepeatan yang berbeda-beda. Hal ini tentu untuk menunjang kecepatan atau speed yang semakin cepat. 

Kita tentu pernah mendengar dalam istilah Wifi 802.11a/b/g/n/ac/ax. Tapi tahukah anda apakah yang dimaksudnya dengan 802.11? 802.11 adalah standrard teknologi yang ditetapkan oleh IEEE. Berikut beberapa perbedaannya:

  • 802.11a & 802.11b: adalah generasi pertama dari teknologi wireless. Teknologi ini lahir pada tahun 1999. Teknologi jenis wireless ini memiliki kekurangan jangkauan yang tidak terlalu jauh dan tidak bisa menembus dinding. Teknologi 802.11a/b masih di gunakan di beberapa wireless rumahan. Teknologi ini hanyak memiliki kecepatan 11 Mbps. 
  • 802.11g : merupakan gabungan teknologi yang sudah dikembangkat dari Wifi 802.11a dan 802.11b. Wifi 802.11g merupakah generasi ketiga Wifi. Wifi generasi 802.11g memiliki jangkauan yang lebih jauh dan memiliki kecepatan 54 Mbps. 
  • 802.11n : merupakan teknologi wifi generasi ke 4 pengembangan dari 802.11g. Wifi generasi ini sudah memiliki fitur MIMO yang memungkinkan memiliki antena ganda sehingga perangkat yang tersambung lebih banyak dalam satu waktu. Teknologi ini termasuk populer masih banyak di gunakan dan memiliki kecepatan hingga 450 Mbps.
  • 802.11ac : merupakan teknologi wifi generasi ke 5. Generasi wifi 802.11ac merupakan pengembangan dari 802.11n yang memungkinkan dengan fitur MU-MIMO dan dual band. Sehingga perangkat yang terkoneksi dalam waktu bersamaan lebih banyak dan sdh support dual band Radio 2.4GHz & 5GHz. Wifi 802.11ac memiliki jangkauan yang lebih jauh serta memiliki kecepatan hingga 1300 Mbps.  
  • 802.11ax : merupakan wifi generasi 6. Wifi 802.11ax memungkinkan peneratapan dualband Radio, MU-MIMO, serta antenna yang lebih banyak hingga 8×8 antenna. Sehingga perangkat yang bisa terkoneksi dengan 802.11ax jauh lebih banyak. Kecepatan 802.11ax empat kali lebih cepat dari 802.11ac hingga 3.5Gbps. utk wifi generasi 6 masih belum banyak perangkat atau access point utk mengadopsi teknologi 802.11ax. 

Perbedaan Radio Frequency 2.4Ghz dan 5Ghz 

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Radio Frequency Wifi menggunakan gelombang Frequency 2.4Ghz dan 5Ghz. Lalu apa perbedaan antara keduanya? Dan kapan saat yang tepat menggunakannya? 

1. Frequency 2.4Ghz adalah gelombang Radio dari 2.4 hingga 2.463Mhz dan memiliki 11 saluran atau umumnya disebut 11 channel. Frequency 2.4GHz memiliki cakupan signal yang lebih luas. Namun Frequency 2.4GHz juga banyak digunakan di perangkat lain misalnya bluetooth, microwave, lampu fluorescent, dll. Sehingga Frequency 2.4GHz rentan sekali terintervensi oleh perangkat sekitar yang minggunakan Frequency 2.4GHz juga. Dan dari 11 channel yang dimiliki, sebetulnya hanya 3 channel yang tidak saling salin tumpang tindih.

2. Frequency 5Ghz adalah gelombang dari 5.180 hingga 5.850Mhz dan memiliki channel 36 ~ 165 yang di dapat di gunakan. Frequency 5Ghz memiliki transmisi data yang lebih tinggi sehingga kecepatannya pun juga semakin tinggi. Frequency 5GHz memiliki cakupan luas area yang lebih kecil dibandingkan Frequency 2.4GHz. Dan Frequency 5Ghz juga tidak banyak terinterferensi oleh Frequency lainnya. Sehingga koneksi juga lebih stabil.

WIFI5
Perbedaan frekuensi WiFi

Baca Juga: VOIP adalah Teknologi Yang Akan Mengntungkan Anda

Dapat kita lihat di gambar atas Frequency 2.4GHz memiliki gelombang yang lebih panjang sehingga cakupan jangkauannya lebih jauh. Dan Frequency 5GHz memiliki gelombang yang lebih padat, sehingga cakupannya areanya lebih kecil namun memiliki kualitas yang lebih baik. 

2.4 GHz5 GHz
KelebihanCakupan sinyal lebih luas sehingga lebih baik untuk cover area-area dengan objek padatKoneksi lebih cepat, tidak banyak gangguan dari Frequency 2.4GHz, dan sedikit yang menggunakan frekuensi ini
KekuranganTidak terlalu cepat, banyak interferensi, dan banyak perangkat yang menggunakan frekusensi iniCakupan area lebih kecil, tidak terlalu kuat untuk menembus benda/objek padat
Kecepatanup to 150Mbpsup to 1 Gbps
Tabel perbedaan frekuensi Wifi 

Dapat disimpulkan jika kita mau mendapat area yang lebih luas maka menggunakan Frequency 2.4GHz. Tapi jika kita mau mendapatkan kualitas signal yang lebih stabil, cepat dan area covernya tidak terlalu luas, kita bisa menggunakan Frequency 5GHz. 

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment