6 Masalah Jaringan yang Biasa Terjadi Pada Perusahaan

Saat perusahaan mengalami masalah jaringan tentu bisa menghambat dan mempengaruhi produktivitas. Tak jarang juga membuat pekerja menjadi frustrasi terlebih jika sedang dihadapi pekerjaan penting.

Ada banyak masalah yang bisa mempengaruhi kinerja jaringan di perusahaan Anda. Sedangkan keberadaan jaringan itu sendiri menjadi suatu hal yang sangat penting dan berpengaruh di segala bidang.

Sehingga jika terjadi masalah jaringan akan menjadi suatu hal yang buruk dalam sebuah perusahaan. Untuk memudahkan Anda, simak uraian berikut ini agar Anda lebih mudah mengidentifikasi masalahnya. 

Apa Itu Masalah Jaringan?

Masalah Jaringan

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami kondisi seperti apa yang bisa dikategorikan sebagai masalah dalam jaringan. Beberapa diantaranya adalah aplikasi atau kecepatan jaringan yang lambat.

Lalu panggilan video yang lambat, unduhan buffering, serta tidak ada koneksi internet adalah beberapa gejalanya. Jika Anda tidak bisa menggunakan aplikasi penting dan berselancar di internet bisa jadi penyebabnya adalah masalah jaringan.

Masalah jaringan bisa mempengaruhi beberapa hal diantaranya voip calls, mengunduh file menjadi lambat, dan banyak lagi. Beberapa masalah tersebut muncul dari perangkat keras yang rusak. Seperti switches, router, serta kebakaran kabel. Selain itu pola penggunaan yang tidak terduga seperti lonjakan bandwidth, pelanggaran keamanan, atau perubahan konfigurasi aplikasi.

Jika terjadi masalah tersebut dalam perusahaan, Anda harus segera mengatasinya. Jika tidak maka akan memberi pengaruh besar untuk perjalanan bisnis Anda. Itulah mengapa penting memahami masalah pada jaringan.

Baca Juga: 7 Manfaat Jaringan Komputer Bagi perusahaan

6 Masalah Jaringan Yang Paling Umum Terjadi

Anda perlu memantau kinerja jaringan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah jaringan. Inilah beberapa masalah yang paling umum yang perlu Anda ketahui.

  1. Penggunaan bandwidth tinggi

Bandwidth yang merupakan jumlah maksimum data yang ditransmisi melalui koneksi internet dalam jumlah tertentu. Hal ini mengacu pada kapasitas jaringan dalam mengirim data antar perangkat atau internet dalam waktu tertentu.

Bandwidth sendiri sering disalah artikan dengan kecepatan internet. Padahal volume informasi yang bisa dikirim melalui koneksi dalam jumlah waktu yang terukur. Dihitung dalam megabit per detik (mbps).

Ukuran bandwidth memungkinkan data ditransfer ke seluruh jaringan dalam kecepatan tinggi dan mampu menopang banyak perangkat sekaligus. Aplikasi besar bisa memonopoli bandwidth sehingga menciptakan masalah jaringan.

Beberapa penyebab penggunaan bandwidth tinggi diantaranya adalah unduhan besar, latency, packet loss, streaming video, penggunaan aplikasi besar serta file sharing. Ini bisa menyebabkan jaringan jadi macet.

  1. Kegagalan server

Kegagalan server adalah kondisi server tidak bisa melayani client, meski koneksi LAN pada status connected. Hal ini membuat pengguna tidak bisa mengakses informasi dari server.

Diantara penyebabnya adalah server yang terlalu sibuk hingga menyebabkan kapasitas server melebihi batas. Keadaan ini menyebabkan server mengalami kegagalan dan mengganggu jaringan.

Penyebab lainnya adalah kondisi komputer server sedang tidak baik. Seperti harddisk yang terserang bad sector atau diserang virus. Akibatnya kinerja server melambat bahkan menjadi off.

  1. Kerusakan perangkat keras

Masalah jaringan berikutnya yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada perangkat keras di luar jaringan. Seperti kabel atau konektor mengalami kerusakan sehingga menghasilkan kesalahan jaringan.

Kabel yang rusak memungkinkan terjadi pengurangan jumlah data yang melewatinya tanpa kehilangan paket. Anda harus memeriksa kabel satu per satu secara rutin untuk mengetahui permasalahannya.

  1. Perangkat atau peralatan tidak berfungsi

Terkadang, masalah jaringan bisa saja terjadi pada peralatan jaringan atau perangkat seperti Firewall, Router, Switch, Wifi AP tidak berfungsi semestinya.

Anda perlu memastikan bahwa semua perangkat dalam jaringan telah dikonfigurasi dengan benar. Setiap kali Anda menginstal atau mengkonfigurasi ulang perangkat atau meningkatkan firmware peralatan di jaringan, wajib mengujinya terlebih dahulu.

Banyak masalah jaringan yang terjadi akibat kesalahan konfigurasi perangkat yang mempengaruhi jaringan. Periksa switch apakah berfungsi sebagaimana mestinya, dan segera atasi jika tidak berfungsi.

  1. Masalah DNS

DNS bertugas mengontrol cara pengunjung berselancar di situs web melalui internet. Masalah DNS adalah masalah jaringan yang sangat umum dan cenderung diabaikan banyak orang.

Masalah DNS terjadi ketika Anda tidak dapat menyambung ke alamat IP, menandakan bahwa Anda mungkin telah kehilangan jaringan atau akses Internet. Contoh masalah DNS lainnya seperti konfigurasi buruk, latensi DNS tinggi, nilai TTL tinggi, serta kegagalan perangkat keras.

  1. Gangguan di jaringan nirkabel

Maksudnya adalah gangguan pada koneksi wifi. Masalah interferensi nirkabel menyebabkan sinyal wifi yang dikirim dari router melemah. Beberapa tanda gangguan nirkabel adalah kekuatan sinyal menurun, koneksi internet lambat, koneksi yang terputus-putus, dan transfer file yang lambat.

Cara Mengidentifikasi Masalah Jaringan

Jika Anda merasa terganggu dengan masalah jaringan yang Anda alami, segeralah identifikasi masalahnya agar segera menemukan solusi. Sebelum melakukannya Anda perlu melakukan beberapa hal berikut.

  1. Gunakan software pemantau jaringan

Software pemantau jaringan bisa membantu Anda memantau jaringan dengan mudah. Karena dengan alat pemantau jaringan Anda dapat memantau kinerja jaringan ujung ke ujung dan mengidentifikasi masalah jaringan yang mempengaruhi pengguna jaringan Anda.

Selain itu Anda juga dapat mengetahui apakah masalah terjadi di infrastruktur jaringan lokal Anda, atau pada jaringan penyedia layanan internet Anda. Sehingga dengan software tersebut Anda dapat mengetahui dengan mudah masalah jaringan yang mengganggu.

  1. Lakukan network assessment

Selain mengidentifikasi masalah dengan alat pemantau jaringan Anda juga perlu melakukan network assessment untuk mengumpulkan beberapa informasi penting mengenai: apa masalahnya, serta dimana sumber masalahnya.

Selain itu Anda juga bisa mengetahui siapa yang bertanggung jawab untuk segmen jaringan ini. Barulah Anda bisa mengetahui tindakan apa yang harus diambil untuk mengatasi masalah jaringan tersebut.

Baca Juga: Jasa Network Assessment | Edavos

Penutup

Ada berbagai masalah jaringan yang akan berdampak pada bisnis Anda seperti: produktivitas, reputasi, dan pendapatan bisnis Anda. Dengan mengetahui tentang beberapa masalah jaringan yang paling umum, membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi jika terjadi masalah jaringan di masa depan.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai masalah jaringan. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan Anda dalam dunia teknologi. Nantikan artikel kami selanjutnya

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment