WiFi Assessment: Solusi Masalah Internet Lambat untuk Bisnis

Internet lambat bukan berarti salah provider, mungkin saja instalasinya yang kurang tepat. Cek dengan jasa WiFI assessment untuk memastikannya.

Catatan: Koneksi WiFi di kantor Anda tidak stabil? Saatnya periksa jaringan WiFi anda dengan WiFi Assessment eksklusif dari Edavos, daftarkan diri anda sekarang! Jika Anda membutuhkan Solusi IT lainnya kami memiliki berbagai layanan Jasa IT Terbaik yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Assessment maksudnya mengevaluasi kualitas WiFi di suatu area. Anda mungkin membutuhkannya karena saat ini jumlah perangkat nirkabel semakin masif.

Ini adalah solusi untuk mengetahui penyebab sinyal lemah dan mencari solusinya. Daripada ganti provider atau beli alat baru, cara ini jauh lebih efisien.

Lebih lengkapnya, berikut penjelasan tentang WiFi assessment untuk kebutuhan bisnis.

Mengapa Anda Perlu Melakukan WiFi Assessment?

Apabila perusahaan Anda sangat bergantung pada WiFi, suatu saat Anda mungkin akan mengalami masalah WiFi di kantor, seperti:

  • Sinyal WiFi yang lemah.
  • Koneksi internet yang buruk atau tidak stabil.
  • Kecepatan internet menurun.
  • Kebocoran data yang dapat membahayakan keamanan jaringan.

Masalah-masalah di atas tentunya dapat memengaruhi efisiensi kerja karyawan. Oleh karena itu, perusahaan perlu segera melakukan WiFi assessment.

Salah satu penyebab utama masalah pada WiFi di lingkungan kantor adalah workload yang padat dan berat.

Apa itu workload WiFi?

Secara singkat, workload WiFI adalah jumlah data dan koneksi yang harus ditangani oleh jaringan WiFi dalam waktu tertentu.

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, maka semakin besar beban kerja WiFi. Akibatnya bisa terjadi penurunan kualitas sinyal dan kecepatan.

Inilah salah satu tujuan utama WiFi assessment, yaitu supaya tahu seberapa besar beban kerja WiFi di kantor Anda saat ini. 

Alat seperti WiFi analyzer dibutuhkan untuk memantau jumlah perangkat yang terhubung, penggunaan bandwidth, dan performa jaringan secara keseluruhan. 

Baca Juga: Wifi Design: Solusi Wifi Efektif untuk Bisnis yang Produktif

Informasi tersebut berguna dalam menentukan langkah selanjutnya, apakah harus membatasi jumlah perangkat yang terhubung atau mengganti jenis router.

Perusahaan wajib melakukan assessment ketika hendak melakukan perubahan infrastruktur, teknologi, atau perangkat.

Manfaat Melakukan WiFi Assessment bagi Bisnis

manfaat wifi assessment

Berikut beberapa manfaat penting yang akan Anda peroleh setelah melakukan assessment pada jaringan WiFi bisnis:[3]

1. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Keandalan koneksi WiFi dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi bisnis Anda, contohnya di sektor hospitality.

Penyediaan akses WiFi berkualitas oleh bisnis hospitality pasti meningkatkan kepuasan pelanggan dan akhirnya mendorong loyalitas mereka.

2. Meningkatkan Keamanan WiFi

Keamanan WiFi lemah membuka celah bagi peretas untuk menyusup ke jaringan dan mencuri data sensitif atau mengganggu bisnis.

Anda wajib waspada karena berbagai jenis malware dan ransomware bisa masuk ke jaringan bisnis melalui kerenanan WiFi.

Beberapa penyebab kerentanan WiFi antara lain:

  • Password kurang unik.
  • Tidak menggunakan enkripsi yang memadai.
  • Firmware router sudah usang.

Melalui analisis WiFi assessment, petugas akan mengidentifikasi celah keamanan tersebut dan menyarankan upaya perlindungan terbaik yang perlu Anda lakukan. 

3. Mengurangi Downtime

WiFi bisnis seharusnya bisa diandalkan untuk beroperasi 24/7 dengan sedikit atau tanpa gangguan sama sekali.

Pasalnya, WiFi bermasalah berpotensi menimbulkan downtime yang akhirnya mengganggu produktivitas atau bahkan sampai menyebabkan kerugian finansial.

Itulah alasan assessment WiFi penting supaya operasional bisnis selalu berjalan lancar.

4. Memperkuat Sinyal WiFi

Manfaat assessment yang lainnya adalah memperkuat sinyal dengan cakupan WiFi yang teroptimasi di area yang benar-benar dibutuhkan.

Ini dapat mencegah adanya dead spot atau interferensi dari sinyal WiFi ruangan sebelah, sehingga konektivitas tetap terjaga di seluruh area.

5. Merencanakan Perubahan di Masa Depan

Terakhir, Anda juga mendapat kemudahan ketika berencana melakukan perubahan teknologi atau kebutuhan bisnis di masa mendatang, misalnya:

  • Ingin menambah jumlah perangkat.
  • Menggunakan teknologi terbaru.
  • Memindahkan router ke lokasi lainnya.

Petugas assessment akan memberi saran yang tepat untuk mengefisienkan pengeluaran.

Baca Juga: 7 Manfaat WiFi Mesh, Hilangkan Masalah Dead Zone di Kantor

Bagaimana Prosedur WiFi Assessment?

WiFi assessment melibatkan proses pengukuran dan analisis yang membutuhkan ketelitian tinggi. Berikut adalah cara melakukan WiFi assessment secara runut dalam sebuah contoh kasus.

cara melakukan wifi assessment

Katakanlah perusahaan ABC memiliki kantor 3 lantai. Mereka menghadapi masalah sinyal WiFI lemah, tidak stabil, dan internet lambat saat melakukan transfer data atau mengakses situs web.

Perusahaan pun menyewa jasa WiFi assessment profesional seperti Edavos. Maka, Edavos akan melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Mempersiapkan perangkat (laptop, tablet, ponsel) dan aplikasi WiFi analyzer sebagai WiFi assessment tools untuk pengujian.
  2. Petugas kemudian memposisikan perangkat di titik berbeda-beda dengan jarak tertentu yang sama terhadap titik akses.
  3. Selanjutnya, memulai proses pemindaian dengan memilih SSID. Hasilnya, analyzer akan memperlihatkan gambaran kekuatan sinyal, kecepatan internet, jumlah perangkat terhubung, dan WiFi checklist lainnya.
  4. Dari hasil analisis, tampak bahwa beberapa area kantor memiliki sinyal lemah, saluran yang terlalu padat, dan koneksi internet yang tidak stabil.
  5. Untuk mengatasinya, petugas melakukan beberapa tindakan perbaikan. Contohnya memindahkan posisi router, mengganti ke saluran yang tidak ramai, dan memasang access point tambahan di lokasi sinyal lemah.
  6. Setelah itu, petugas melakukan pemindaian ulang untuk memastikan apakah masalah tersebut sudah teratasi atau belum.
  7. Terakhir, petugas menguji kembali untuk memastikan kinerja WiFi meningkat, stabil, dan cepat.

Jenis Jenis WiFi Assessment

jenis jenis wifi assessment

Dalam proses assessment, ada beberapa macam hal yang biasanya dilakukan oleh petugas, yaitu:

  • Site Survey: Jenis assessment pada area yang mengalami masalah jaringan dengan melibatkan penempatan perangkat di titik tertentu untuk menemukan sumber masalahnya.
  • Spectrum Analysis: Ini adalah analisis spektrum jaringan WiFi di area bermasalah. Tujuannya untuk mengidentifikasi ada/tidaknya interferensi sinyal yang menyebabkan sinyal lemah dan koneksi tidak stabil.
  • Penetration Testing: Selanjutnya ada assessment pengujian keamanan jaringan. Dengan melakukan ini, petugas dapat mendeteksi celah keamanan (wireless vulnerability assessment) dalam jaringan.
  • Performance Testing: Terakhir, ini adalah pengujian kinerja jaringan di berbagai kondisi, termasuk proses unggah, unduh, dan skenario lainnya.

Tips Optimasi Jaringan WiFi

tips optimasi jaringan wifi kantor

Untuk mengoptimalkan jaringan WiFi di kantor, pastikan beberapa hal berikut: 

  • Posisi router sudah tepat, tidak saling berdekatan sehingga tidak menimbulkan interferensi, juga tidak terlalu jauh agar tidak ada dead spot.
  • Gunakan enkripsi WiFi yang kuat.
  • Pilih saluran yang tidak ramai (bisa cek menggunakan analyzer).
  • Gunakan firmware paling update.
  • Lakukan monitoring serta maintenance secara berkala. 

Baca Juga: Pentingnya WiFi Survey untuk Meningkatkan Produktivitas

Masih mengalami masalah jaringan setelah melakukan tips di atas? Hubungi Edavos untuk mendapatkan penanganan WiFi assessment profesional. 

Kami siap membantu Anda menemukan akar masalah dalam jaringan WiFi Anda dan mengimplementasikan solusi yang paling efektif.

Jangan biarkan masalah jaringan WiFi menghambat produktivitas bisnis Anda. Klik banner di bawah untuk mendapatkan penawaran khusus WiFi assessment agar koneksi internet Anda bekerja secara optimal!

Promo Wifi Assessment

Suka Artikel Ini?

Untuk tetap up-to-date dengan artikel terbaru dan tips menarik mengenai WiFi, ayo bergabung di Newsletter Edavos.