WiFi Assessment: Solusi Masalah Internet Lambat untuk Bisnis

Internet lambat bukan berarti salah provider, mungkin instalasinya kurang tepat. Cek dengan jasa wifi assessments untuk memastikannya.

Catatan: Koneksi WiFi di kantor Anda tidak stabil? Saatnya periksa jaringan WiFi anda dengan WiFi Assessment eksklusif dari Edavos, daftarkan diri anda sekarang! Jika Anda membutuhkan Solusi IT lainnya kami memiliki berbagai layanan Jasa IT Terbaik yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Jika internet di lokasi bisnis Anda lambat, jangan buru-buru beli perangkat atau pasang instalasi baru. Lakukan WiFi assessment untuk mengetahui penyebab dan merumuskan solusinya.

WiFi assessment adalah proses mengukur dan mengevaluasi kualitas jaringan WiFi. Tujuannya untuk menemukan penyebab dari masalah sinyal lemah, konektivitas buruk, atau kecepatan internet yang lambat.

Mengapa Anda Perlu Melakukan WiFi Assessment?

Umumnya, WiFi assessment perlu dilakukan ketika terjadi masalah dalam jaringan internet Anda. Contoh masalahnya seperti:

  • Sinyal lemah,
  • Koneksi buruk atau tidak stabil,
  • Kecepatan internet lambat,
  • Ada kebocoran data.

Namun, assessment juga perlu untuk meningkatkan kinerja jaringan. Jika sebelum instalasi jaringan Anda sudah melakukan WiFi design, besar kemungkinan Anda tidak memerlukan WiFi assessment.

Baca Juga: Memahami WiFi Heatmap Kekuatan Sinyal pada Desain Jaringan

Akan tetapi, kalau Anda melewatkan proses desain tersebut, maka Anda akan perlu melakukan assessment, paling tidak 1 kali.

Selain itu, assessment juga perlu kalau Anda hendak melakukan perubahan pada instalasi. Contohnya seperti menambah jangkauan dan kapasitas jaringan.

Dengan melakukan assessment, Anda bisa mendapatkan benefit sebagai berikut:

  1. Menghilangkan masalah jaringan yang muncul saat ini atau punya potensi muncul di masa depan, mulai dari sekarang
  2. Kecepatan internet yang lebih cepat dan hemat, tanpa harus beli perangkat baru atau tambah kapasitas jaringan
  3. Mendapat bandwidth maksimal dari provider, jadi tak ada yang terbuang atau tidak digunakan.
Before After WiFi Assessment

Cara Melakukan WiFi Assessment

Wifi assessment melibatkan proses pengukuran dan analisis yang membutuhkan ketelitian tinggi. Berikut adalah cara melakukan WiFi assessment secara runut dalam sebuah contoh kasus.

Misal, perusahaan ABC memiliki kantor 3 lantai, menghadapi masalah internet lemah, tidak stabil, lambat saat melakukan transfer data atau mengakses situs web.

Perusahaan pun menyewa jasa WiFi assessment profesional seperti Edavos. Maka, Edavos pun melakukan langkah berikut:

Baca Juga: Pentingnya WiFi Survey untuk Meningkatkan Produktivitas
  1. Mempersiapkan perangkat (laptop, tablet, phone) dan software wifi analyzer sebagai WiFi assessment tools untuk pengujian,
  2. Tim kemudian memposisikan perangkat di titik berbeda-beda dengan jarak tertentu yang sama terhadap titik akses,
  3. Selanjutnya, proses scanning mulai dengan memilih SSID wifi. Hasilnya, analyzer akan memperlihatkan gambaran kekuatan sinyal, kecepatan internet, jumlah perangkat terhubung, dan WiFi checklist lainnya.
  4. Dari hasil analisis, tampak bahwa beberapa area kantor memiliki sinyal lemah, kanal yang terlalu padat, dan koneksi internet yang tidak stabil,
  5. Untuk mengatasinya, tim melakukan beberapa tindakan perbaikan. Contohnya seperti: memindahkan posisi router, mengganti kanal aktif pada router, dan memasang akses poin tambahan di lokasi sinyal lemah.
  6. Setelah itu, tim melakukan scan ulang untuk memastikan masalah tersebut tidak ada lagi,
  7. Terakhir, tim melakukan pengujian untuk memastikan kinerja WiFi sudah meningkat dan kecepatan internet sudah stabil dan cepat.

Jenis-Jenis WiFi Assessment

Dalam proses tersebut, ada beberapa assessment yang biasa dilakukan, di antaranya sebagai berikut:

Jenis WiFi Assessment
  1. Site Survey, yaitu proses pemindaian area yang mengalami masalah jaringan. Proses ini melibatkan penempatan perangkat di titik tertentu untuk menemukan apa dan di mana masalah sebenarnya.
  2. Spectrum Analysis, yaitu proses analisis spektrum radio di area masalah. Proses ini untuk mengidentifikasi ada tidaknya interferensi sinyal yang menyebabkan sinyal lemah dan koneksi tidak stabil.
  3. Penetration testing, yaitu proses pengujian keamanan jaringan. Proses ini untuk mendeteksi adanya celah keamanan (wireless vulnerability assessment) dalam jaringan agar dapat diperbaiki.
  4. Performance testing, yaitu proses pengujian kinerja jaringan di berbagai kondisi, termasuk proses unggah, unduh, dan skenario tertentu.

Tips Optimasi Jaringan WiFi

Untuk mengoptimalkan jaringan WiFi Anda, pastikan: 

5 Tips Optimasi Jaringan WiFi Kantor
  1. Posisi router sudah tepat, tidak terlalu dekat sehingga menimbulkan interferensi, juga tidak terlalu jauh sehingga tercipta sudut mati,
  2. Gunakan enkripsi yang kuat, 
  3. Pilih kanal yang benar,
  4. Gunakan firmware paling update, dan 
  5. Lakukan monitoring serta maintenance secara berkala. 

Masih merasa jaringan lambat? Hubungi Edavos untuk mendapatkan jasa WiFi assessment profesional. 

Baca Juga: Wifi Design: Solusi Wifi Efektif untuk Bisnis yang Produktif

Kami dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah dalam jaringan WiFi Anda dan memberikan solusinya secara efektif.

Jangan biarkan masalah jaringan WiFi menghambat produktivitas bisnis Anda. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran khusus jasa WiFi assessment agar koneksi internet Anda bekerja secara optimal!

Promo Wifi Assessment

Suka Artikel Ini?

Untuk tetap up-to-date dengan artikel terbaru dan tips menarik mengenai WiFi, ayo bergabung di Newsletter Edavos.