Network Assessment

Pembahasan artikel kali ini kita akan mengulas serba serbi mengenai apa itu network assessment? Kira-kira buat apa network assessment itu? Lalu kenapa Anda harus melakukan network assessment, dan seberapa pentingnya melakukan network assessment untuk jaringan perusahaan anda? Yuk langsung saja kita simak penjelasanya di bawah ini.

Apa Itu Network Assessment?

1400 x 800

Untuk pembahasan awal kita mulai dari dari penjelasan apa itu Network Assessment? Nah network assessment adalah suatu kegiatan untuk mengidentifikasi infrastruktur jaringan yang ada pada perusahaan sehingga para tenaga IT dapat memilih Langkah yang tepat kedepannya dalam mengatasi issue ataupun meningkatkan performa jaringan untuk mendukung target bisnis perusahaan.

Lalu untuk melihat apakah network assessment tersebut dibutuhkan atau tidak dapat dilihat dari kondisi apakah setiap tenaga IT di suatu perusahaan sudah memiliki visual yang jelas atau sudah paham betul akan kondisi Infrastruktur jaringan pada perusahaannya masing-masing? Jika belum, maka Network Assessment dibutuhkan.

Baca Juga: Software Defined Networking

Lalu tujuan dari dilakukanya network assessment adalah untuk memberikan visual yang jelas dan terupdate perihal kondisi infrastruktur jaringan yang ada serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerjanya sesuai kebutuhan perusahaan. Lantas apakah ada Team IT yang tidak paham atau kurang jelas akan infrastruktur jaringannya sendiri? Jawabannya TERNYATA ADA. Dan para tenaga IT yang sudah paham pun juga terkadang membutuh Network Assessment.

Tapi terkadang Network assessment ini juga kurang diminati dikarenakan kurangnya pemahaman klien akan manfaat dari assessment ini. Rata-rata klien membandingkan biaya jasa nya yang dianggap mahal dengan hasil yang didapat yang hanyalah berupa report/informasi. Tapi hal ini hanya terjadi ketika klien belum mendapat pencerahan ataupun penjelasan dari konsultan. Karena ketika si konsultan bisa menjelaskan apa saja manfaat yang didapat dari network assessment ini ke pada klien, dan dalam penjelasan tersebut sesuai dengan visi dan misinya sang klien pun akan berbalik arah dan tertarik untuk melakukan network assessment tersebut.

Contoh Kasus Ketika Anda Membutuhkan Network Assessment

Berikut ini adalah beberapa contoh kasus yang sering team IT Edavos jumpai dimana team IT membutuhkan network assessment:

  1. Tidak adanya dokumentasi jaringan atau dokumentasi tersebut tidak ter-update. Bila tidak ada dokumentasi, atau tidak tahu mengenai kondisi infrastruktur yang ter-update, maka team it tentu akan lebih kesulitan bila ada masalah dalam jaringan atau ketika ingin membuat rencana roadmap IT kedepannya.
  2. Team IT yang tidak memiliki waktu atau sibuk. Mungkin saja mereka sudah ada rencana untuk melakukan network assessment atau mampu melakukan network assessment, tetapi hal tersebut tidak sempat dilakukan.
  3. Membutuhkan sudut pandangan orang lain. Contohnya pihak ke 3 atau yang di rasa lebih capable, sehingga membutuhkan jasa network assessment dari vendor atau consultant untuk kebutuhan trace issue network atau referensi untuk membuat rencana infrastruktur it kedepannya.
  4. Identifikasi permasalahan yang ada.

Jadi Network Assessment dapat dilakukan oleh tim IT masing-masing perusahaan ataupun pihak ke 3 (IT Vendor Atau IT Consultant). Hanya saja hasil nya tentu tergantung dari metode dan knowledge masing-masing Tenaga IT tersebut.

Struktur Network Assessment

Terdapat 4 langkah struktur network assessment yang biasa digunakan diantaranya:

  1. Pre-Assessment. Mempersiapkan dokumen perizinan,perjanjian dan scope pekerjaan.
  1. Discovery. Identifikasi status/kondisi existing Infrastruktur jaringan dengan cara mengumpulkan data-data seperti status log,konfigurasi perangkat, informasi dari user terkait jaringan existing dan dapat mendukung target bisnis yang diharapkan, dokumentasi jaringan dan yang lainnya.
  1. Assessment. Melakukan identifikasi serta me-review data-data yang sudah dikumpulkan tersebut. Apakah desain jaringan sudah sesuai,apakah ada missconfig atau hal hal yang dapat di optimize untuk meningkatkan performa jaringan demi memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan. 
  1. Post-Assessment. Membuat Dokumen Assessment dan mengadakan design review meeting bersama client untuk menjelaskan dan berdiskusi tentang apa saja temuan yang didapatkan dan membahas keadaan jaringan user saat itu,membahas perbaikan apa yang dapat dilakukan atau cara meningkatan performa infrastruktur jaringan yang dapat diterapkan. 

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Network Assessment Dari Edavos? 

Nah bagi yang membutuhkan jasa network assessment, teman-teman tenaga IT dapat menggunakan jasa network assessment dari Edavos. Dengan layanan ini tenaga IT perusahaan tidak perlu report lagi untuk melakukan network assessment sendiri. 

Apa saja yang bisa kita dapat bila menggunakan network assessment dari Edavos ?

  1. Assessment Report yang berisi:
    • Informasi status jaringan ter-update.
    • Hasil Analisa dan review pada jaringan serta rekomendasi yang diperlukan untuk meningkatkan performa atau memperbaiki issue jaringan yang ada. 
  1. Assessment Review Meeting yang merupakan sesi diskusi yang membahas tentang hasil network assessment tersebut.

Baca Juga: Jasa WiFi Assessment | Edavos

Lalu kenapa menggunakan jasa network assessment dari Edavos? Berbekal pengalaman di dunia Networking lebih dari 10 tahun, tenaga IT profesional yang telah tersertifikasi secara internasional dan berpengalaman menangani berbagai macam perusahaan dari perusahaan lokal hingga multinasional, sehingga diharapkan kami dapat memberikan informasi atau insight yang dapat membantu melakukan rekomendasi dalam mengatasi issue atau meningkatkan performa jaringan sehingga dapat lebih memenuhi kebutuhan perusahaan. Tenaga IT perusahaan juga dapat menggunakan hasil dari assessment report sebagai referensi bagi teman-teman yang berencana membuat roadmap infrastruktur IT menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment