7 Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan

Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih mempermudah seluruh aktivitas, baik untuk urusan pendidikan, pemerintahan, transportasi, bahkan bisnis. Saat ini hampir semua bidang membutuhkan teknologi dan jaringan untuk meningkatkan produktivitas. 

Berbicara tentang jaringan dalam dunia bisnis, kita harus tahu apa sih manfaat jaringan komputer untuk perusahaan? Seberapa penting teknologi jaringan komputer? Ataukah kehadiran jaringan komputer merupakan hal vital untuk dunia bisnis? Yuk simak informasinya selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: IP Address: Pengertian, Fungsi, & Jenisnya

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer Bagi Perusahaan

1. Sharing File Menjadi Lebih Mudah

Perusahaan apapun tidak pernah lekat dari yang namanya files, baik berupa dokumen, gambar, pdf, dan lainnya. Itulah mengapa, jaringan internet atau komputer yang stabil sangat dibutuhkan demi kelancaran pekerjaan.

Jika dulunya para karyawan dalam suatu perusahaan harus susah payah mengoper dokumen secara fisik, kini semua itu bisa lebih praktis dengan menggunakan manfaat jaringan komputer. Jadi semua hanya memerlukan komputer dan akses yang lancar tentunya.

2. Menjaga Privasi Data Perusahaan

Kehadiran jaringan bagi perusahaan juga mampu menjaga kerahasiaan data dan dokumen yang sifatnya privasi. Pemilik file bisa mengatur akses file sehingga orang lain yang tidak diizinkan mengakses dan membobolnya. Meskipun statusnya sebagai karyawan perusahaan, namun ada beberapa data yang tidak boleh disebarluaskan kepada pihak lain.

Adapun jaringan yang terbaik untuk sharing file adalah jaringan local. Dimana, pada jaringan ini  hanya bisa diakses oleh perangkat komputer yang ada di kantor tersebut saja. Tentunya, ini bisa menghindarkan dari tindakan jahat seperti peretasan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

3. Komunikasi Antar Divisi Bisa Menjadi Lebih Mudah

Kerjasama tim dalam perusahaan tentu sangat dibutuhkan untuk membangun sinergi bisnis. Bahkan, komunikasi menjadi elemen utama agar kestabilan kerjasama dan kekuatan team bisa semakin terjaga. Kabar baiknya, jaringan komputer dalam sebuah perusahaan bisa mempermudah proses komunikasi ini.

Sebuah kantor bisa mengatur semua perangkat komputer yang ada disana agar terkoneksi satu sama lain melalui aplikasi chat dan sharing file yan lebih mudah. Sehingga, karyawan tak perlu lagi kerepotan jika akan memberikan pengumuman ataupun sekedar bertanya seputar pekerjaan.

4. Informasi Akan Lebih Mudah Disampaikan

Jaringan komputer di sebuah perusahaan bisa membuat arus informasi menjadi lancar. Dengan begitu, bekerja team maupun karyawan akan semakin meningkat dan menambah kredibilitas perusahaan. Seperti yang diketahui bersama jika informasi terupdate adalah poin penting dalam menjalankan bisnis.

Meskipun dari jarak yang jauh, karyawan yang tergabung dalam perusahaan yang sama tetap bisa berbagi ide dan meningkatkan kreativitas guna mengembangkan perusahaan yang menaunginya. setiap pengguna, bisa menyimpan ataupun mengambil informasi ini dalam berbagai bentuk, seperti: video, suara, gambar, maupun teks.

5. Akses Data ke Dalam Server Semakin Mudah

Setiap perusahaan rasanya wajib untuk memiliki servernya masing-masing. Sebab, induk server ini memudahkan karyawan untuk mengakses segala data internal perusahaan. Server berperan sebagai induk utama dari jaringan yang tugasnya menyajikan data utama sebuah perusahaan.

Anggaplah contoh kecilnya, ada data karyawan yang ingin dicari, maka pihak berkepentingan tersebut bisa langsung mengaksesnya melalui server. Tentu, informasi yang didapat lebih akurat dan mudah bukan?

6. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Tak hanya efisien dan efektif dalam menyampaikan ide dan informasi saja, jaringan komputer juga lebih hemat waktu dan tenaga. Mengapa? Karena jaringan komputer lebih hemat karena perusahaan tak perlu membeli hardware dan waktu untuk pemeliharaan sistem komputer juga terbilang sedikit.

Contohnya, perusahaan tak perlu lagi mengadakan printer untuk setiap komputer yang terpasang di kantor. Cukup dengan satu printer saja lalu menghubungkannya dengan semua komputer itu sudah cukup. Pemeliharaanya hanya perlu dilakukan dari satu lokasi dan ini sudah mencakup keseluruhan sistem komputer yang terhubung tadi. Secara tidak langsung, Anda sudah menghemat tenaga terkait pemeliharaan bukan?

Perusahaan juga bisa lebih hemat budget transportasi apalagi untuk karyawan yang lokasinya jauh. Menariknya lagi, jaringan ini bisa memfasilitasi semua karyawan untuk mengerjakan satu proyek secara bersamaan dengan real time meski berada di lokasi yang berbeda.

Urusan internal perusahaan akan semakin mudah untuk di manajemen bukan? Kehadiran jaringan komputer bagi perusahaan memang amat vital di tengah perkembangan teknologi saat ini. Selain efektif dan efisien, tentunya bisa lebih hemat biaya. Produktivitas dan kredibilitas perusahaan pun akan semakin meningkat.

7. Sebagai Fasilitator Internal Perusahaan

Agar urusan internal perusahaan lebih efisien, pemanfaatan jaringan komputer memang sangat membantu. Seperti misalnya saat akan diadakan meeting, perusahaan hanya perlu menggunakan software yang setiap karyawan bisa mengaksesnya. 

Software inilah yang nantinya akan mencari jadwal meeting terbaik yang  bisa dihadiri oleh setiap karyawan yang telah menginput jadwalnya masing-masing. Bagi karyawan yang berhalangan, meeting  bisa dilakukan secara online melalui teleconference.

Baca Juga: Pengertian Network Assessment

Penutup

Nah, itulah beberapa manfaat jaringan komputer bagi perusahaan. Menarik bukan? Oleh karena itu, tidak heran jika hampir semua perusahaan saat ini menggunakan manfaat jaringan komputer untuk kebutuhan operasional mereka. Bagaimana dengan perusahaan Anda, pastikan untuk memilikinya juga ya.

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment