Hapus Kendala Perbedaan Bahasa Dengan Fitur Webex Simultaneous Interpretation 

Pernahkah Anda mengalami kesulitan bahasa saat menghadiri webinars online yang narasumbernya berasal dari luar negeri? Atau pada saat meeting online anda bingung untuk menjelaskan ke client Anda, karena adanya perbedaan bahasa yang Anda berdua miliki. Hal-hal seperti ini bisa saja terjadi, lebih-lebih jika Anda belum menguasai Bahasa Inggris sepenuhnya sebagai bahasa internasional yang sangat umum digunakan.

Tapi tenang saja sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena Cisco Webex baru saja mengeluarkan fitur terbarunya yang bernama “Webex Simultaneous Interpretation”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan seorang Interpreter atau penerjemah bahasa ke dalam Webex meeting Anda. yang nantinya para peserta dapat memilih atau merubah channel audio bahasa yang mereka inginkan.

Fitur Webex Simultaneous Interpretation

Baca Juga: Mengoptimalkan Webex Meetings Untuk Webinar

Fitur WebEx Simultaneous Interpretation dapat Anda aktifkan pada schedule Webex meeting dan webinars Anda. Contoh bila Anda ingin mengadakan webinars online yang akan dihadiri oleh peserta dari berbagai negara, maka Anda sebagai Host dapat membuat beberapa channel audio Bahasa sesuai dengan Bahasa yang peserta gunakan. Sehingga para peserta yang bergabung di webinar tersebut dapat memahami materi yang disampaikan sesuai dengan Bahasa yang mereka kuasai. Channel audio Bahasa ini nantinya akan diisi oleh para “Interpreter” atau penerjemah bahasa, namun perlu diingat Cisco hanya menyediakan fitur interpretasinya saja, sedangkan untuk seorang penerjemahnya disediakan oleh Anda sendiri.

3 Peranan Utama Fitur WebEx Simultaneous Interpretation

1. Host

Sebagai Host ketika Anda sedang menjadwalkan sebuah meeting atau webinars, Anda dapat mengaktifkan fitur Webex Simultaneous Interpretation. Selain itu Anda juga dapat membuat audio channel bahasa yang Anda mau, serta berhak untuk mengundang dan menetapkan penerjemah bahasa yang nantinya bertanggung jawab dalam menerjemahkan bahasa di dalam sebuah meeting atau webinars. Berikut adalah Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur WebEx Simultaneous Interpretation:

  1. Sebelumnya Login ke Halaman WebEx Control Hub Admin untuk mengaktifkan fitur Simultaneous Interpretation pada menu Organization Settings > Simultaneous Interpretation, seperti gambar dibawah ini:
image
  1. Setelah fitur Simultaneous Interpretation Aktif, Login ke halaman situs WebEx Anda, lalu pilih Schedule a Meeting
  2. Pada halaman Schedule a Meeting, klik Show Advanced Options > Scheduling Options, kemudian check box Enable Simultaneous Interpretation, kemudian klik Assign Interpreters, untuk mengundang seorang penerjemah Bahasa ke dalam meeting atau webinars

SJRWFqObpPTcVJLf0OIw85ogToiRNYOD4zLM66Z1KVjucEyt5QdYeyEwcW7eITQQ5sbdB8rpdcLn9cynuuAA56J8LlNM4s8Krss fhVoXa2ZqeBV 4RHzeamjxG L7jmncCqqmsT73fC Pif2AaRtM9728B

  1. Atur channel audio Bahasa yang ingin diterjemahkan, contoh Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, masukan alamat email penerjemah yang akan diundang pada kolom Interpreter, lalu klik Add dan Save

Graphical user interface, text, application, email

Description automatically generated

  1. Ulangi Langkah nomor 3 untuk menambahkan channel audio bahasa lainnya beserta dengan penerjemah bahasa yang ingin Anda undang
  2. Setelah semuanya selesai klik Schedule.

Selain itu jika dibutuhkan audio channel bahasa tambahan atau penerjemah tambahan, Anda juga dapat menambahkan audio channel bahasa yang Anda perlukan beserta seorang penerjemah tambahan disaat schedule meeting sedang berlangsung, dengan cara sebagai berikut:

  1. Klik Interpretation > Manage Interpretation
image 1
  1. Klik Add New Language, lalu pilih Bahasa yang akan diterjemahkan
image 2
  1. Selanjutnya pilih Penerjemah yang tersedia di daftar menu drop-down Interpreter atau Anda juga bisa menunjuk peserta meeting dan webinars untuk menjadi seorang penerjemah, kemudian klik Apply
image 3

2. Interpreter

Sebagai seorang Interpreter atau Penerjemah Bahasa Anda akan mengikuti semua pembahasan dan semua kegiatan yang ada pada saat meeting atau webinars online berlangsung dan tugas Anda adalah menerjemahkan semua itu kedalam Bahasa yang sudah ditentukan oleh Host.

Dalam sebuah meeting atau webinars jika Host menyediakan beberapa Interpreter dalam satu audio channel Bahasa yang sama, Anda sebagai Interpreter pertama dapat bergantian dalam menerjemahkan. Caranya Anda dapat memilih Hand Off to Next. Nantinya secara otomatis tugas menerjemahkan akan di transfer ke Interpreter kedua. Untuk melakukan Hand Off to Next ikuti langkah dibawah ini:

  1. Klik Interpretation
image 4
  1. Pilih Other Controls > Hand Off to Next, lalu klik Send Request
image 5
  1. Ketika Interpreter kedua sudah menerima request dari Anda, selanjutnya Interpreter kedua yang nanti akan mengambil alih tugas Anda.

Fitur lain yang tidak kalah penting untuk seorang Interpreter adalah Relay Interpretation. Perlu Anda ketahui fitur ini baru hanya tersedia pada Cisco Webex dan belum tersedia di platform meeting online lainnya. Dengan fitur Relay Interpretation memungkinkan seorang Interpreter dapat memilih source audio yang ingin mereka dengarkan. Sebagai contoh ketika Anda hanya bisa menerjemahkan dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, tetapi pada satu waktu yang sama di webinars yang anda hadiri terdapat narasumber yang berbicara menggunakan Bahasa Jerman. Tentunya hal ini akan menyulitkan Anda karena Anda tidak bisa menerjemahkan Bahasa Jerman ke Bahasa Indonesia.

Namun dengan fitur Relay Interpretation jika Host Anda memiliki Interpreter lain yang dapat menerjemahkan Bahasa Jerman ke Bahasa Indonesia, Anda sebagai Interpreter dapat dengan mudah mengubah source audio Anda dengan source dari Interpreter lain yang dapat menerjemahkan Bahasa Jerman ke Bahasa Indonesia. Dengan begitu Anda hanya akan mendengar source audio Bahasa Inggris dan Anda dapat dengan mudah menerjemahkannya ke Bahasa Indonesia. Untuk mengubah source audio Anda dapat mengikuti langkah berikut: 

  1. Klik Interpretation > Other Control
image 6
  1. Lalu pilih source audio yang Anda inginkan
image 7

3. Attendees

Sebagai peserta yang menghadiri Webex Meeting atau webinars ketika Host menyediakan seorang penerjemah Bahasa, Anda dapat memilih source audio Bahasa yang Anda inginkan. Sehingga Anda dapat lebih memahami isi materi dari meeting atau webinars yang Anda hadiri. Berikut adalah langkah-langkah untuk memilih source audio Bahasa jika Anda sebagai peserta:

  1. Klik Interpretation saat Anda ingin memulai meeting, Anda juga dapat mengubah source audio Bahasa pada saat meeting atau webinars sedang berlangsung
image 8
  1. Pilih source audio Bahasa yang Anda inginkan atau Anda juga bisa memilih Original Audio (floor), jika Anda ingin mendengarkan audio asli tanpa ada audio dari penerjemah bahasa
image 9
  1. Cisco Webex juga menyediakan slider sensitivity untuk menyeimbangkan suara audio antara penerjemah dan original audio dari pembicara pada saat meeting atau webinars berlangsung.
image 10

Jika dibandingkan dengan platform meeting online yang lain, selain interface yang lebih baik fitur Webex Simultaneous Interpretation menawarkan fitur yang lebih menarik berkat adanya Relay Interpretation dan tentunya fitur Webex Simultaneous Interpretation bisa Anda dapatkan secara gratis jika sebelumnya Anda sudah berlangganan layanan Cisco Webex. Berbeda dengan platform meeting online yang lain Anda harus menambahkan biaya tambahan untuk mendapatkan fitur Interpretation.

Demikian penjelasan mengenai fitur Webex Simultaneous Interpretation, semoga dengan adanya fitur ini dari negara manapun Anda berasal, perbedaan Bahasa tidak lagi menjadi penghalang untuk Anda dalam berkomunikasi dan berkolaborasi.

Bila Anda masih bingung dengan cara penggunaan fitur webex simultaneous interpretation dan masih ingin tahu lebih mengenai fiturnya. Yuk, langsung saja simak video di bawah ini.

Baca Juga: Cara Pemakaian Aplikasi Webex Meetings

Dan bagi Anda yang belum dan ingin berlangganan layanan Cisco Webex silahkan kunjungi Tokopedia Edavos karena kami menyewakan akun Cisco Webex Meetings perbulan maupun pertahun. Selain itu Edavos Tidak hanya menyediakan layanannya saja, tetapi juga memiliki solusi rental video conference Cisco yang siap memberikan Anda seluruh perangkat lengkap demi memudahkan proses kelangsungan bisnis secara virtual.

rental video conference

Leave a Comment