Mengenal Platform Interaktif Slido

Meeting online atau webinar Anda terasa membosankan? ingin membangun interaksi dengan audience meeting anda? Mungkin Anda perlu mencoba sebuah aplikasi bernama Slido. Dengan Slido dapat membantu Anda dalam mendapatkan hasil maksimal dari rapat dan forum yang sedang dijalankan. Hal itu dapat dilakukan dengan mengumpulkan pertanyaan serta melibatkan peserta menggunakan polling dan juga kuis. 

Selain itu Slido memiliki fitur dan juga desain yang intuitif bagi penggunanya. Hal ini lah yang menjadikan Slido sering kali menjadi pilihan utama bagi para profesional untuk kepentingan diskusi maupun project management.

Lantas mengapa Anda harus benar-benar menggunakan Slido? Dan apa saja fitur yang terdapat pada Slido? Simak terus penjelasanya di bawah ini.

Foto Slido

Apa itu Slido?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai fitur apa saja yang dimiliki Slido, ada baiknya kita mulai membahas dari definisi serta fungsi dari aplikasi ini terlebih dahulu.

Slido merupakan sebuah platform interaksi yang memungkinkan penggunanya untuk mengumpulkan pertanyaan dan juga melibatkan para audiens dengan polling, kuis dan juga QnA. Slido sendiri sudah berdiri sejak tahun 2012.  

Menurut data yang diberikan oleh situs Capterra, Slido sudah digunakan pada 1,8 juta acara diskusi dan telah melibatkan lebih 55 juta peserta aktif. Karena hasil kinerja yang baik, Slido telah digunakan oleh perusahaan besar seperti Asana, BBC, Oracle, dan juga perusahaan konferensi terkenal seperti SXSW. Selain itu Slido sangatlah fleksibel dan juga mudah dalam penggunaanya. Hanya dengan memasukkan “hashtag” acara yang pengguna ingin ikuti, pengguna dapat langsung terhubung dengan sesi diskusi tersebut. Baru-baru ini Slido sudah merupakan bagian dari Cisco Webex. Jadi bagi Anda yang memiliki akun Cisco Webex Meetings, Anda sudah dapat menikmati Slido mulai dari versi webex 41.6 secara Gratis! Walau begitu Slido juga bekerja sama dengan platform presentasi dan konferensi video lainya seperti Microsoft Teams, PowerPoint, dan Google Slides. Selain itu Slido juga mulai bekerja sama dengan platform live video seperti Youtube, Facebook Live, dan Vimeo.

Fitur-Fitur Slido

Kelebihan yang dimiliki oleh Slido adalah fiturnya yang unik dan intuitif. fitur-fitur yang dimilikinya dianggap sangat memudahkan proses diskusi dan juga penyaringan dalam aspirasi seluruh pesertanya. Nah, berikut ini fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini melansir situs resmi Slido:

  1. Fitur Q&A Management
Graphical user interface, text, application, chat or text message

Description automatically generated

Fitur pertama yang disediakan oleh platform Slido adalah Q&A management. Pada fitur ini memungkinkan semua peserta meeting atau diskusi dapat melontarkan pertanyaan secara anonim dan memilih jawaban yang paling mereka sukai, dengan mengangkat topik yang paling penting.

Baca Juga: Cara Membuat Webinar Dengan Topik Yang Menarik

  1. Fitur Live Polling
Graphical user interface, application

Description automatically generated

Fitur berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah live polling.  Fitur ini dapat membuat meeting dan acara diskusi menjadi lebih interaktif dengan melakukan polling secara real time. Terdapat 6 fitur polling yang bisa Anda lakukan

  1. Multiple Choice. Membuka jajak pendapat dengan pilihan ganda.
  2. World Cloud. Tampilkan jawaban paling popular dari para peserta.
  3. Quiz. Uji pengetahuan peserta dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
  4. Rating. Dapatkan umpan balik secara rating dari para peserta.
  5. Open Text. Lakukan survei dengan jawab atau komentar yang diinginkan oleh peserta.
  6. Ranking. Memprioritaskan dan mengidentifikasi topik, projek, informasi yang paling relevan dari para peserta.
  1. Fitur Live Quiz
Graphical user interface, application, Word

Description automatically generated

Fitur ketiga yaitu live quiz. Dengan fitur ini Anda dapat mencairkan suasana sebelum masuk ke dalam pembahasan utama. Di fitur ini Anda dapat membuat kuis atau game trivia, sehingga dapat memunculkan semangat bersaing dan menjadikan meeting menjadi lebih menyenangkan.

  1. Fitur Event Analytics
Graphical user interface, application

Description automatically generated

Dan fitur terakhir adalah event analytics. Fitur ini merupakan sebuah tools yang sangat berguna, karena fitur ini mampu menganalisis semua insight dari meeting ataupun diskusi yang telah dilaksanakan pengguna Slido. Data yang tertera pada fitur ini berupa pertanyaan yang paling sering dilontarkan, hasil jawaban atau polling dan juga jumlah peserta yang aktif. Bahkan, data-data tersebut ditampilkan secara menarik dan interaktif, seperti infografik. Selain itu data-data yang ditampilkan tersebut dapat Anda export atau download.

Kelebihan dan Kekurang Slido

Dilansir dari situs Trust Radius Slido memiliki rating score sebesar 8,9 dari 10, walau begitu Setiap aplikasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Lalu apa saja kelebihan yang diberikan slido dan juga kekurangan yang dimiliki slido? Berikut hasil review dari situs Trust Radius :

Kelebihan 

  • User interface aplikasi ternilai baik, sehingga memudahkan untuk dipelajari dan digunakan oleh siapa pun.
  • Slido sangat user-friendly.
  • Sistem kode acara yang intuitif memudahkan para peserta untuk dapat bergabung atau mengakses ke acara diskusi.
  • Segmen Q&A yang mudah diatur dan juga termasuk pengambilan atau pemungutan suara yang mudah dilakukan.
  • Pengguna dapat mem-posting jawaban secara anonim. Sehingga memberikan kepercayaan diri untuk mengajukan pertanyaan yang mungkin membuat peserta gugup.

Kekurangan

  • Pertanyaan yang baru ditambahkan ke daftar cukup sulit untuk diikuti para peserta.
  • Saat penyelenggara menghapus pertanyaan, peserta takkan bisa melihatnya lagi.
  • Tidak adanya fitur yang dapat mengelompokan pertanyaan serupa, jadi semua pertanyaan perlu dijawab satu per satu.
  • Fitur eksplorasi dan pengumpulan data masih kurang rapi.
  • Kinerja Slido pada web browser terkesan lambat.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Webex Meetings Untuk Webinar

Bagaimana Cara Menggunakan Slido?

Untuk cara penggunaan Slido Anda dapat menyimak video berikut ini

Nah, sekian pembahasan mengenai Slido yang bisa Anda manfaatkan dalam membangun interaksi dengan audience meeting Anda.

Jika Anda membutuhkan tools yang dapat membantu Anda dalam berkolaborasi ketika bekerja dari rumah, Edavos telah menyiapkan solusi rental video conference per bulan menggunakan Cisco Webex Room Kit Mini/USB beserta softwarenya dengan mudah di Tokopedia Edavos. Solusi rental video conference dari Edavos siap memajukan bisnis Anda di masa pandemi seperti sekarang ini, yang tentunya dengan fitur All In One Package yang memudahkan Anda untuk menjalani Work From Home dengan produktif dan aman. Kami juga menyewakan akun Cisco Webex Meetings perbulan maupun pertahun. Tunggu apa lagi? Kunjungi Edavos sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

FAQ

  1. Apakah ada harga tambahan jika ingin menggunakan Slido pada Webex Meetings?

    Tidak ada harga tambahan jika Anda sudah memiliki akun Webex Meetings. Tapi pastikan anda sudah mengupdate cisco webex meetings versi 41.6 atau versi yang lebih tinggi

  2. Apakah saya bisa menggunakan Slido tanpa menggunakan aplikasi webex meetings?

    Tentu saja bisa, Anda dapat mengakses nya pada web slido.com dan log in dengan akun Webex Meetings Anda.

  3. Apakah terdapat batasan dalam membuat polling dalam Slido?

    Untuk Anda yang sudah memiliki akun Webex Meetings, tidak ada batasan dalam membuat polling, jadi Anda bisa membuat dan menggunakannya sesuka Anda.

  4. Apakah Slido pada Webex juga tersedia pada Webex Event?

    Sayangnya untuk saat ini belum tersedia, tapi untuk kedepannya akan segera tersedia, jadi tunggu saja.

  5. Bagaimana, dengan keamanan data yang dikumpulkan pada Slido?

    Tenang saja untuk keamanan data tersimpan dengan aman, karena data terenkripsi dengan metode SH-256 with RSA Encryption, TLS 1.2, dan AWS RDS Encryption – AES – 256.

  6. Dimana saya bisa membeli akun webex meetings?

    Anda dapat membelinya pada tokopedia PT. Edavos , kami memiliki monthly atau yearly subscriptions.

rental video conference

Leave a Comment