Mengenal Definisi Webinar dan Jenisnya


Apa itu Webinar dan Jenisnya?

Semakin hari semakin banyak pihak yang menyelenggarakan webinar. Tentu saja itu adalah pertanda bagus karena banyak ilmu baru yang diberikan kepada masyarakat dan para pelaku industri. Namun apakah Anda tahu definisi webinar dan jenisnya?

Ya, sebenarnya definisi webinar cukup menarik untuk dibahas. Apalagi bagi Anda yang memang ingin menyelenggarakan webinar. Selain itu jenis webinar ternyata tidak hanya ada satu. Ada beberapa jenis yang menarik untuk dibahas agar Anda tahu perbedaannya. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Topik yang akan dibahas:

1. Definisi Webinar

2. Jenis Webinar

Apa itu Webinar?

Definisi webinar mungkin sudah banyak yang tahu. Pada dasarnya, webinar adalah singkatan dari web seminar. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa dengan mudah memberikan seminar via online.

Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, disarankan untuk tetap berada di rumah daripada pergi ke luar. Mau dari pihak pembuat seminar atau pun peserta. Inilah yang akhirnya membuat webinar semakin layak untuk dipilih pada saat ini.

Untuk bisa menjalankan webinar, tentunya Anda membuatkan platform video conference dengan bantuan berbagai perangkat lainnya agar hasilnya maksimal. Begitu juga dengan jaringan internet cepat agar para peserta tidak merasakan gangguan selama berjalannya webinar.

Webinar memangsangat bergantung pada teknologi. Untungnya akses kepada setiap teknologi semakin terbuka lebar. Semakin banyak orang yang tahu bagaimana mengikuti webinar dengan mudah. Selain itu platform video conference juga mudah untuk digunakan. Jadi dari dua sisi, penggunaan teknologi telah terpenuhi dan saling menunjang satu sama lain.

Jenis-Jenis Webinar

1. Web Conference

Dari dua jenis webinar yang ada di daftar ini, web conference paling terkenal. Semua webinar yang diselenggarakan secara live dengan jumlah peserta dari puluhan hingga ratusan, bisa disebut sebagai web conference. Memang untuk jumlah peserta tidak bisa diprediksi seberapa banyak untuk setiap webinar. Namun kalau webinar yang Anda selenggarakan memenuhi kriteria jumlah peserta seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda telah membuat seminar online dengan jenis web conference.

2. Web Broadcast

Kalau web conference itu seperti webinar yang bisa diselenggarakan, apa bedanya dengan web broadcast? Ada perbedaan yang cukup mencolok sebenarnya. Kalau web conference terdiri dari peserta dengan jumlah puluhan hingga ratusan, berbeda dengan web broadcast yang minimal pesertanya sebesar 1.000. Ya, kalau ada webinar dengan jumlah peserta di atas 1.000, maka itu bisa disebut sebagai web broadcast. Secara pembawaan materi, topik, dan lainnya bisa dibilang sama saja di antara dua jenis di atas. Namun yang membedakan memang dari sisi jumlah peserta.

Jadi itulah penjelasan tentang definisi webinar dan jenisnya. Untuk menjalankan webinar dengan lancar, Anda bisa memanfaatkan platform video conference terbaik di kelasnya. Solusi yang bisa ditawarkan adalah Cisco Webex.

Cisco Webex adalah platform video conference dengan tingkat keamanan paling tinggi serta memiliki fitur maksimal untuk membuat webinar menjadi lebih seru. Untuk bisa mendapatkan kesempatan langganan Cisco Webex di Indonesia, Anda tidak perlu bingung. Edavos telah hadir sebagai official partner untuk Cisco Webex di Indonesia. Ingin tahu lebih lengkap terkait informasi platform video conference untuk webinar? Hubungi Edavos sekarang juga!

Leave a Comment