fbpx

Webex Event Center

Mengakses Cisco Webex Event Center

1. Buka halaman webex.com pada browser,  lalu klik Sign In

2. Pilih logo Webex Meetings

3. Masukan alamat email ,lalu klik Next

4. Masukan password ,lalu klik Sign In

5. Klik Webex Event

6. Halaman Webex Event Center

Membuat Scheduling Event Pada Webex Event Center

1. Isi kolom Event name dan Event

*Untuk opsi yang lain bisa biarkan secara default

2. Tentukan tanggal ,waktu, durasi dan Time Zone. Anda bisa mencentang Attendees can join …. , agar peserta bisa mengikuti sesi event bebrapa menit sebelum di mulai

*Untuk opsi lainnya bisa diabaikan

3. Pada Select Conference Type, pilih Webex Audio. Centang Mute attendees upon entry jika ingin menon-aktifkan bunyi notifikasi saat peserta masuk.

4. Anda bisa Isi deskripsi event, upload gambar/poster event, upload foto host dan materi event. Informasi ini akan di tampilakan saat peserta mengkases link registrasi. Peserta bisa melihat poster event, foto host dan mendownload materi event.

* Untuk opsi lain biarkan secara default

5. Klik Create Invitation list, isi nama dan alamat email peserta yang akan di undang. Anda bisa mencentang Invite friends agar peserta diperbolehkan mengundang teman-teman mereka. Kemudian atur  jumlah peserta yang boleh mendaftar event  pada Maximum number of Registrant. Anda bisa mengatur agar peserta yang terdaftar bisa langsung mengikuti event atau harus butuh approval dengan mengaturnya pada Approval required.

* Untuk opsi lain biarkan secara default

6. Klik Create Invitation list, untuk membuat daftar undagan panelist. Isi panelist info dan panelist password agar tidak sembarang orang bisa menjadi panelist.

 *Untuk tahap ini anda bisa abaikan

7. Tahap ini adalah pengaturan isi format email. Anda bisa abaikan tahap ini dan biarkan secara default. Anda juga bisa mengaktfikan email reminder dan follow-up untuk para peserta event dengan mencentang opsi reminder emails dan follow-up emails dan atur jadwal pengiriman email. Jika pengaturan sudah selesai anda bisa klik Schedule.

Membuat Form Post Survey Pada Webex Event Center

Tahap ini adalah detail customize form Post-event survey pada tahap scheduling 4. Anda bisa membuat post-event survey dan meng-kustomisasi form survey sesuai dengan kebutuhan anda.

Pada Post-event survey, klik Create post-event survey  kemudian isi nama survey, upload header dan footer image, kustom kata sambutan dan buat pertanyaan survey sesuai dengan keinginan anda. Anda bisa memilih tipe pertanyaan survey anda seperti:

  • Text Box
  • Check Boexes
  • Option Button
  • Drop-Down List

Setelah selesai membuat pertanyaan anda bisa melihat priview form survey anda buat dengan mengklik Priview. Jika sudah sesuai klik Save untuk menyimpan settingan tersebut.

Contoh Post-Event Survey pada Webex Event Center

Berikut merupakan contoh post-event survey pada Webex Event Center. Setelah event selesai maka peserta akan diarahkan ke website survey.

Form Registration Pada Webex Event Center

Tahap ini adalah detail customize form registrasi pada tahap 5 di halaman 6 . Anda bisa meng-kustomisasi form pendaftaran dengan meng-klik click here to customize you registration form, maka akan muncul halaman pengaturan form seperti disamping anda bisa mencentang attribute tambahan (selain nama dan email address) yang dibutuhkan untuk registrasi seperti title, company, address , phone number dan informasi tambahan lainnya yang tersedia, lalu klik Save.

Mengatur Registrasi Peserta Pada Webex Event Center

Untuk melihat informasi detail event yang telah kita schedule klik Site Event(1), lalu pilih sesi event yang telah anda buat, kemudian klik nama event (2). Kemudian akan tampil Event Information yang berisi informasi seperti topic event , event address , event password , panelist password dan lain sebagainya. Untuk melihat dan mengatur registrasi peserta anda bisa klik Manage Registration (3). Anda bisa mengatur peserta yang telah registrasi  apakah di appoved atau di reject.

Contoh Invitation Event

Berikut merupakan contoh undangan event pada Webex Event Center . Peserta bisa klik Register untuk memulai proses registrasi event.

Contoh Registrasi Peserta

Berikut merupakan halaman registrasi dari webex Event Center. klik Register untuk memulai registrasi

Peserta juga bisa mendowload materi sebelum event dimulai.

Contoh Form Registrasi Webex Event Center

Berikut merupakan contoh form registrasi Webex Event Center yang harus peserta isi. Klik Submit jika sudah mengisi form.

Contoh Registrasi Berhasil

Berikut merupakan contoh jika peserta berhasil registrasi. Peserta bisa langsung mengikuti event begitu proses registrasi berhasil dan di approved oleh host. Klik Join Now untuk mengikuti event.

Cara Memulai Sesi Online Event Pada Webex Event Center

1. Buka situs webex.com

Pada halam utama webex anda masuk ke menu Meetings lalu klik Start  pada sesi online event  yang tersedia atau dapat langsung mengakses aplikasi webex desktop kemudian klik Start pada sesi online event  yang tersedia.

Gambar (1) Halaman Webex; Gambar (2) Aplikasi Desktop Webex

2. Setting audio conference

Pada saat memulai sesi event anda diminta untuk men-setting audio conference yang akan digunakan,  anda bisa memilih Use Computer for audio untuk jika anda menggunakan laptop/PC. Untuk memastikan speaker dan microphone anda berfungsi, anda bisa melakukan Test Speaker/Microphone pada menu SettingsSetelah pengaturan audio dirasa cukup, anda bisa Start Event.

Fitur Webex Event Center

1. Quick Start

Panel ini adalah panel pintas memudahkan dalam akses fitur berikut:

  1. Mengatur audio mute/unmute
  2. Mengatur pengguna video/webcam
  3. Mengature share content/screen
  4. Merekam sesi
  5. Menampilkan panel participant
  6. Menampilkan panel chating
  7. Opsi tambahan seperti mengunci event, mengundang dan mengingatkan peserta, menyalin link event, pengaturan audio connection, kamera dan koneksi ke perangkat webex roomkit
  8. Mengakhiri atau keluar dari event

2. Participant/Peserta

Panel untuk melihat daftar dari Host, panelist, presenter dan peserta event.

  1. Daftar panelis/host/presenter.
  2. Daftar peserta
  3. Membuat participant menjadi presenter
  4. Daftar feedback
  5. Mengcek perhatian peserta event
  6. Mencari nama peserta
  7. Menampilkan score
  8. Menampilkan nama perusahaan peserta (jika mengisi)
  9. Refresh daftar peserta
  10. Daftar nama peserta
  11. Mengizinkan peserta menggunkan microphone untuk berbicara dengan panelis/host/presenter
  12. Mute peserta agar tidak bisa berbicara dengan panelis
  13. Merubah peran peserta menjadi panelist
  14. Mengeluarkan peserta dari event

3. Chat

Panel untuk mengirim chatting dan melihat interaksi chatting. Anda bisa memilih ingin mengirm chatting ke semua peserta event, panelist, presenter host, atau pesen pribadi ke peserta lain

4. Sesi Tanya & Jawab

Panel  untuk melakukan sesi Tanya jawab (Q&A) , panelist bisa melakukan interaksi tanya jawab dengan peserta dengan mudah. Panelis bisa memilih pertanyaan yang akan mereka jawab dengan meng-click pertanyaan lalu mengirimkan jawabannya. Jawaban akan terkirim sesuai pertanyaan yang dipilih jadi lebih terlihat rapih

  1. Q (Question): Pertanyaan dari peserta
  2. A (Answer): Jawaban dari panelis

5. Polling

Panel ini merupakan panel untuk membuat sebuah polling pada saat sesi online event.

  1. Membuat sebuah form polling
  2. Membuka template polling/polling tersimpan
  3. Menyimpan polling
  4. Mensunting pertanyaan atau jawaban polling
  5. Menghapus pertanyaan atau jawaban polling
  6. Memindahkan pertanyaan/jawaban poling keatas
  7. Memindahkan pertanyaan/jawaban poling kebawah
  8. Mambuat/mengubah pertanyaan polling berupa multiple choice (jawaban tunggal/banyak jawaban) atau pertanyaan dengan jawaban sederhana
  9. Membuat jawaban (multiple choice), serta mengatur jawaban yang benar
  10. Membuka sesi polling ke peserta
  11. Untuk mengatur timer dan hasil polling
  12. Menghapus seluruh pertanyaan dan jawaban
  13. Hasil sesi polling yang berlangsung
  14. Menutup sesi polling

6. Multimedia Viewer

Panel ini merupakan panel untuk menampilkan multimedia kepada peserta event. Anda bisa memasukan link content multimedia seperti link video atau link sebuah website.

Leave a Comment