Apa Perbedaan Internet vs Intranet?

Anda pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya internet bukan? Dengan internet Anda dengan mudah tetap dapat terhubung dengan teman maupun keluarga yang jauh jaraknya atau tetap dapat menerima informasi terbaru tanpa beranjak dari rumah. Dilansir dari situs Statista pada April 2022, terdapat lima miliar pengguna internet di seluruh dunia, yang berarti 63% dari populasi dunia.

Namun bagaimana dengan intranet, apakah Anda mengenal istilah tersebut? Secara sederhana, intranet merupakan jaringan internet dalam suatu lingkungan lokal, yang mulai diperkenalkan di akhir tahun 1995 dengan mengadopsi teknologi internet.

Lalu apa perbedaan internet vs intranet? Apakah intranet sama dengan internet? Tenang saja, di artikel kali ini kita akan membahas satu-satu, mulai dari apa itu internet vs intranet, cara kerja dari keduanya bagaimana, dan perbedaan masing-masing dari internet dan juga intranet. Jadi langsung saja simak pembahasanya di bawah ini.

Internet vs Intranet

Apa itu internet?

Dilansir dari laman Kompas, pengertian internet menurut Muhammad Said Is adalah internet merupakan singkatan dari interconnection-networking, yang secara arafiah diartikan sebagai sistem global dari seluruh jaringan komputer secara global yang saling terhubung.

Jadi internet merupakan jaringan global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia, yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi satu sama lain dan berbagi data dalam jumlah besar dalam berbagai format.

Untuk dapat terhubung internet menggunakan protokol TCP / IP. Internet tersedia dalam dua versi, yaitu versi dengan menggunakan kabel dan tanpa kabel atau nirkabel. Pada versi menggunakan kabel data bergerak melalui kabel seperti serat optik, sedangkan dalam mode nirkabel, data berjalan melalui gelombang radio.

Bagaimana cara kerja internet?

Internet merupakan jaringan yang dibuat dengan menghubungkan sejumlah besar komputer atau jaringan komputer. Internet bekerja berdasarkan jaringan routing yang terhubung ke Internet Protocol (IP) dan Transport Control Protocol (TCP).

TCP dan IP bekerja sama untuk memastikan bahwa transmisi data di internet dapat konsisten dan terpercaya, apa pun perangkat yang Anda gunakan atau di mana Anda menggunakannya.

Ketika data ditransfer melalui internet, data tersebut dikirimkan dalam bentuk pesan dan paket. Data yang dikirim melalui internet disebut pesan, tetapi sebelum pesan dikirim, mereka dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang disebut paket.

Pesan-pesan dan paket-paket ini bergerak dari satu sumber ke sumber berikutnya menggunakan Internet Protocol (IP) dan Transport Control Protocol (TCP).

Dengan menggunakan alamat numerik (IP Address), sistem IP menerima instruksi lebih lanjut tentang bagaimana data harus ditransfer. Lalu Transport Control Protocol (TCP) bekerja dengan IP untuk memastikan transfer data dapat terpercaya dan memastikan bahwa tidak ada paket yang hilang. Lalu paket-paket tersebut disusun kembali dalam urutan yang benar, dan memastikan tidak ada keterlambatan yang dapat menurunkan kualitas data.

Baca Juga: Pengertian Internet of Things

Apa itu intranet?

Jhonsen dalam buku Membangun Portal Intranet dengan Aplikasi Open Source Moregroupware (2004) menjelaskan bahwa intranet adalah bentuk pemanfaatan teknologi dalam lingkup organisasi atau perusahaan.

Dimana intranet adalah bagian dari internet yang dimiliki dan digunakan secara pribadi oleh suatu organisasi atau perusahaan. Secara konsep, intranet hampir mirip dengan internet. Keduanya bisa digunakan untuk berbagi informasi maupun berbagi data. Hanya saja intranet berjalan pada area LAN, sehingga koneksinya terbatas pada seberapa luas LAN yang ada. Biasanya intranet dilengkapi dengan firewall dan password yang hanya bisa diakses oleh pengguna intranet itu sendiri.

Adanya intranet membuat perusahaan menjadi lebih mudah dalam berbagi informasi. Hal ini karena semua data dalam jaringan tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna lain yang masih dalam satu jaringan. Meskipun areanya terbatas, intranet juga sering digunakan untuk berbagi data secara aman.

Contoh penerapan intranet adalah pada jaringan instansi pemerintahan, rumah sakit, dan perusahaan yang digunakan sebagai sarana koordinasi, maupun internal suatu organisasi.

Bagaimana cara kerja intranet?

Cara kerja intranet tidak terlalu berbeda jauh dengan internet. Intranet biasanya berjalan di lingkungan klien atau server dimana komputer terhubung menggunakan jaringan area lokal (LAN). Server ini digunakan untuk mengelola berbagai kebutuhan perusahaan. Dengan menggunakan server lokal, file-file yang disimpan akan lebih mudah dicari oleh pengguna lain di jaringan intranet yang sama.

Pada intranet, terdapat banyak jaringan lokal (LAN) yang saling terhubung. Web server yang ada pada intranet sama dengan internet yaitu menggunakan koneksi TCP/IP, HTTP, dan protokol lainnya. Di dalam intranet, biasanya juga sudah ada komputer yang terhubung ke jaringan internet. Hal ini digunakan untuk melakukan koneksi intranet dari jarak jauh.

Biasanya Intranet dilengkapi dengan firewall yang berfungsi untuk memfilter elemen yang tidak diinginkan masuk ke dalam jaringan dan melindunginya dari penyusup eksternal, termasuk konektivitas jaringan dan sistem telekomunikasi publik. Dengan adanya firewall para staf dapat secara aman mengakses dan berbagi data, proyek, dan operasi perusahaan. Jika ingin mengakses intranet dari luar jaringan, biasanya seseorang menggunakan VPN.

Apa perbedaan internet vs intranet?

Kita tahu hampir semua orang menggunakan internet, sehingga menjadi istilah yang sangat familiar. Namun, tidak untuk intranet, walaupun kedua istilah ini terdengar hampir sama tapi tidak semua orang tahu apa itu intranet, apalagi untuk membedakannya. Padahal banyak perbedaan internet vs intranet, untuk mudah dipahami dalam membedakannya, berikut penjelasan yang telah kami simpulkan:

  • Internet menghubungkan berbagai jaringan komputer dari seluruh dunia, sedangkan Intranet hanya menghubungkan beberapa komputer yang berada dalam suatu jaringan privat, contohnya komputer-komputer yang berada dalam jaringan komputer perusahaan.
  • Internet tidak dimiliki oleh golongan atau organisasi tertentu. Sedangkan jaringan Intranet merupakan kepunyaan suatu organisasi atau perusahaan tertentu. Oleh sebab itu jaringan internet disebut sebagai jaringan publik dan jaringan intranet disebut sebagai jaringan private.
  • Jumlah user yang bisa mengakses Internet tidak terbatas, sedangkan jumlah user Intranet dibatasi dalam satu perusahaan atau satu organisasi saja.
  • Siapapun bisa mengakses Internet, sedangkan Intranet hanya bisa diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan saja. Biasanya untuk bisa masuk ke intranet, user harus login terlebih dahulu.
  • Informasi di Internet sangat luas yang melibatkan hampir setiap topik, kategori, dan bidang. Sebaliknya, Intranet mencakup informasi terbatas yang mengacu pada grup atau organisasi mana pun, seperti basis data perusahaan.
  • Internet bisa menggunakan berbagai macam jaringan teknologi seperti teknologi wireless, optic, atau elektronik. Sedangkan Intranet kebanyakan hanya menggunakan teknologi LAN atau WAN.
  •  Internet memiliki data yang disimpan pada server hosting yang bersifat umum atau share global, sedangkan Intranet memiliki data yang disimpan pada server sendiri yang tidak bersifat share global.
  • Keamanan Internet sangat rapuh dikarenakan aksesibilitasnya yang luas. Data dan informasi penting yang ditransfer atau dikirimkan melalui internet bisa saja bocor ke pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Sedangkan keamanan jaringan Intranet lebih kuat karena aksesibilitasnya yang terbatas. Jika pihak luar bisa mendapatkan data informasi yang ada di dalam server intranet, itu berarti ada sumber orang dalam yang membocorkannya jadi perusahaan lebih mudah mengidentifikasi sumber kebocorannya.

Apakah internet dan intranet memiliki persamaan?

Walau internet dan intranet memiliki begitu banyak perbedaan, ternyata keduanya memiliki sedikit persamaan. Berikut penjelasanya.

  • Internet dan Intranet sama-sama menggunakan protokol internet seperti TCP / IP dan FTP.
  • Halaman situs Intranet dapat diakses melalui browser web dengan cara yang sama seperti halaman situs web di Internet. Namun, hanya anggota jaringan Intranet yang dapat mengakses situs yang diinangi intranet.
  • Di Intranet, instant messenger dapat digunakan seperti halnya yahoo messenger, facebook messenger dan gtalk melalui Internet.
  • keduanya memiliki kegunaan yang sama yaitu digunakan untuk berbagi informasi dengan pengguna lain yang sama-sama mengakses jaringan itu.

Baca Juga: Pengertian Network Assessment

Penutup

Bagaimana sekarang sudah tidak bingung lagi bukan untuk membedakan antara internet vs intranet? Perbedaan utamanya hanya pada cakupan areanya saja, yang mana internet bisa dicakup secara global karena aksesnya yang publik. Sedangkan intranet memiliki cakupan lokal (LAN), karena diperuntukan untuk jaringan privat, seperti halnya jaringan perusahaan Anda.

Ok cukup sekian pembahasan artikel kali ini. Kami harap Anda telah mendapatkan informasi yang lengkap dan cukup jelas mengenai perbedaan internet vs intranet, cara kerjanya dan definisi dari keduanya. Nantikan artikel kami selanjutnya.

Promo Wifi Assessment

Leave a Comment