Sedang Mencari Pekerjaan di Era Work From Home? Coba Lakukan 7 Tips Berikut Ini!

Saat ini bekerja dari kantor sudah mulai jarang dilakukan dan beralih menjadi bekerja dari rumah atau disebut juga dengan “Work From Home”. Hal ini berimbas karena adanya pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai, serta adanya peraturan pemerintah yang membatasi pergerakan masyarakatnya untuk mengurangi penularan.

Adanya situasi seperti sekarang ini, mencari sebuah pekerjaan menjadi tantangan tersendiri, apalagi bagi Anda yang mungkin baru lulus atau fresh graduation.  Tetapi walaupun begitu dengan adanya kemajuan teknologi, mencari sebuah pekerjaan ditengah pandemi relatif lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Para rekrutmen kerja pun juga beradaptasi dalam mencari calon karyawan. Walau begitu, para pencari kerja tetap harus dapat merepresentasikan diri dengan baik agar dapat bergabung dengan perusahaan yang diinginkan.

mencari pekerjaan

Baca Juga: Tips Work From Home yang Produktif,
beserta Kelebihan & Kekurangannya

Lantas bagaimana cara mencari pekerjaan di era work from home seperti sekarang ini, dan apa saja yang perlu dipersiapkan? Simak terus penjelasanya pada artikel ini!

1. Persiapkan CV dan Surat Lamaran

Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran merupakan hal penting ketika Anda melamar sebuah pekerjaan. Buatlah CV yang sesuai dengan posisi yang sedang dilamar. Dengan begitu, Anda dapat memfokuskan kemampuan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. 

Jika Anda menggunakan CV yang sama untuk melamar semua posisi lowongan, nantinya CV Anda akan terkesan tidak fokus dan kemampuan yang Anda miliki justru akan terkesan biasa saja. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat CV dan surat lamaran yang terlihat profesional. Serta akan lebih baik bila Anda juga menyertakan portofolio untuk menunjukkan kemampuan Anda.

2. Libatkanlah Koneksi Jaringan Kenalan Anda

Tidak memiliki sebuah pekerjaan bukanlah sebuah aib yang buruk bagi Anda. Justru biarkan teman serta keluarga Anda tahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Di masa sulit seperti ini, orang-orang pasti mengerti, dan kemungkinan ingin membantu sebisa mereka. Selain itu akan lebih baik bila Anda juga memberitahu mereka tentang jenis pekerjaan yang sedang Anda cari. Jadi, ketika mereka mendapatkan info lowongan kerja yang sesuai, mereka dapat segera menghubungi Anda.

Selain itu, jangan malu untuk menghubungi mantan kolega atau atasan Anda, dan juga rekan-rekan Anda saat sekolah atau kuliah dulu. Bisa saja mereka memiliki informasi lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria Anda melalui jaringan mereka sendiri. Dengan begitu, Anda bisa meminta tolong kepada mereka supaya dapat merekomendasikan Anda. Atau siapa tahu mereka memiliki informasi lowongan pekerjaan di tempat mereka bekerja.

Jadi, Intinya semakin banyak Anda melibatkan koneksi jaringan kenalan Anda, semakin banyak pula informasi lowongan kerja yang didapat. Bangunlah kembali komunikasi dengan mereka.

3. Bangun Jaringan Online

Di era digital membangun hubungan dengan orang baru lebih mudah, maka dari itu anda harus mengikuti berbagai komunitas atau group profesional di berbagai platform sosial media, contohnya facebook dan linkedin. 

Kedua platform ini menawarkan berbagai opsi dan juga grup untuk setiap profesi yang dapat Anda masuki. Misalnya pada LinkedIn, jika Anda mencari pekerjaan di bidang pemasaran, Anda dapat bergabung dengan grup Pemasaran Global dan Profesional Komunikasi. Dengan begitu jaringan yang Anda miliki semakin besar dan informasi mengenai lowongan kerja semakin terbuka lebar.

4. Persiapkan dan Latihan Wawancara Via Telpon atau Video

Di era work from home seperti sekarang ini, sebagian besar perusahaan melakukan proses rekrutmen secara online. Mulai dari lamaran yang dikirim via email atau melalui portal kerja, sampai dengan proses wawancara. Jadi ada kemungkinan besar Anda akan diwawancarai melalui panggilan telepon atau video.

Maka dari itu untuk memanfaatkan waktu sambil Anda menunggu panggilan wawancara, ada baiknya Anda lakukan untuk latihan wawancara. Nantinya wawancara akan dilakukan lewat telepon atau video call dengan memanfaatkan aplikasi video conference seperti; Cisco Webex Meeting, Zoom Meeting, Google Meet, dsb. 

Pasalnya wawancara lewat telepon kemungkinan akan lebih sulit. Karena reaksi seseorang akan sulit ditebak. Begitu pula melalui video, sama sulitnya. Bagi Anda yang kurang akrab dengan kamera, pasti akan merasa gugup. Oleh karena itu, mempersiapkan diri Anda dengan latihan wawancara itu sangat penting untuk dilakukan. 

5. Tunjukan Keahlian dalam Berkolaboratif

Dengan bekerja secara work from home pastinya Anda akan menjadi pekerja jarak jauh. Hal ini membuat Anda tidak akan berinteraksi dengan kolega dan manajer Anda secara langsung di kantor. Walau begitu, calon atasan Anda ingin mengetahui strategi apa yang akan kamu lakukan untuk berhubungan dan berkolaborasi dengan karyawan lainnya.

Maka dari itu Anda perlu mendeskripsikan bagaimana cara untuk memanfaatkan teknologi seperti video conference dan teknologi penunjang pekerjaan lainya agar dapat menyelesaikan masalah atau untuk berunding dengan calon rekan kerja Anda.

6. Terus Mencari Informasi dan Tetap Up-to-Date

Teruslah mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan, dan pastikan juga Anda mendapatkan informasi terbaru dan terpercaya pada lowongan yang Anda temui.  Caranya Anda dapat memanfaatkan internet. Dengan mencarinya lewat mesin pencarian seperti Google dan portal lowongan pekerjaan, atau bahkan Anda dapat memanfaatkan sosial media dalam mencari lowongan kerja. Tak sedikit perusahaan yang menginformasikan lowongan pekerjaan pada media sosial yang mereka miliki.

7. Tetap Semangat dan Pantang Menyerah

Mendapatkan informasi lowongan kerja secara online memang dengan mudah untuk ditemui. Namun, hal ini rentan akan adanya penipuan. Jadi, usahakan Anda untuk selalu double check pada setiap lowongan yang Anda temui atau masuki. 

Bila lamaran sudah dikirim, tapi panggilan wawancara tak kunjung datang juga. Jangan mudah untuk menyerah dan patah semangat! Tetap bersabar, lalu berdoa, dan tetap berpikir positif. Pantau terus situs perusahaan atau situs tempat bekerja yang Anda Lamar. Dan selalu ingat Anda harus berusaha semaksimal mungkin!

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa disampaikan untuk Anda lakukan dalam mempersiapkan, dan mencari pekerjaan di era work from home. Semoga Anda lekas mendapatkan pekerjaan yang anda impikan. 

Baca Juga: Tools Hybrid Working

Jika Anda membutuhkan tools yang dapat membantu Anda dalam berkolaborasi ketika bekerja dari rumah, Edavos telah menyiapkan solusi rental video conference per bulan menggunakan Cisco Webex Room Kit Mini/USB beserta softwarenya dengan mudah di Tokopedia Edavos. Solusi rental video conference dari Edavos siap memajukan bisnis Anda di masa pandemi seperti sekarang ini, yang tentunya dengan fitur All In One Package yang memudahkan Anda untuk menjalani Work From Home dengan produktif dan aman. Kami juga menyewakan akun Cisco Webex Meetings perbulan maupun pertahun. Tunggu apa lagi? Kunjungi Edavos sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

rental video conference

Leave a Comment