Bagaimana Jasa IT Security Membantu Mengatasi Ancaman Siber?

jasa it security

Pada semester I/2023, Indonesia mendapatkan lebih dari 300 juta serangan cyber. Apakah jasa IT security dapat melindungi bisnis dari ancaman tersebut?

Ya, serangan cyber memang semakin merajalela. Tidak ada jaminan bisnis Anda pasti aman jika tidak memperkuat keamanan IT. 

Catatan: Anda ingin mendapatkan Gratis Security Assessment eksklusif dari Cisco Umbrella? daftarkan diri anda sekarang! Ingat penawaran ini terbatas hanya untuk 30 pendaftar pertama. Jika anda membutuhkan Solusi IT lainnya, kami memiliki berbagai layanan Jasa IT Terbaik yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Setiap pelaku bisnis saat ini harus lebih menyadari pentingnya peran jasa keamanan cyber.

Sebagai edukasi, di sini kami ingin membahas poin berikut:

  • Keamanan cyber adalah hal yang krusial dalam bisnis modern.
  • Layanan IT security membantu mengatasi masalah keamanan digital di bisnis Anda.
  • Pentingnya proaktif dalam menghadapi ancaman cyber.

Bagi Anda kurang familiar dengan istilah ancaman cyber, silahkan pahami dulu pengertiannya.

Apa Itu Ancaman Cyber?

Ancaman keamanan cyber adalah upaya serangan untuk mengakses suatu jaringan komputer yang bertujuan merusak data atau mencuri informasi. 

Beberapa contoh ancamannya seperti malware, peretasan data, phising, DDoS,  DNS attack, dan lainnya.

ancaman keamanan IT

Jika ini terjadi, dampaknya bisa sangat merugikan bisnis. Itulah kenapa Anda butuh jasa IT untuk memperkuat sistem keamanan.

Baca Juga: 8 Tips Perlindungan Ransomware untuk Bisnis Paling Ampuh

Peran Jasa Keamanan Siber

Jasa cyber security Indonesia adalah pihak ketiga yang bertanggung jawab melindungi jaringan, infrastruktur dan sistem suatu organisasi.

Artinya, secara tidak langsung tim profesional keamanan IT ini harus siaga 24/7 apabila sewaktu-waktu terjadi masalah.

peran jasa cyber security

Jasa keamanan IT memiliki peran penting dalam melindungi sistem, data, dan perangkat dari ancaman siber. Peran utama jasa IT Security meliputi;

  • Deteksi Ancaman: Jasa keamanan IT bertanggung jawab untuk mendeteksi potensi ancaman siber yang bisa mengganggu sistem dan data bisnis.
  • Proteksi dan Pencegahan: Melaksanakan langkah-langkah proaktif untuk mencegah serangan siber, termasuk penerapan firewall, enkripsi data, dan pemantauan lalu lintas jaringan.
  • Respon Terhadap Serangan: Saat terjadi serangan siber, jasa keamanan IT merespons dengan cepat untuk mengurangi dampak serangan dan memulihkan sistem ke kondisi normal.
  • Pelatihan dan Pendidikan: Memberikan pelatihan kepada karyawan untuk mengidentifikasi tanda-tanda serangan siber dan menerapkan praktik keamanan yang baik.
  • Penilaian Keamanan: Mengevaluasi sistem dan infrastruktur secara berkala untuk mengidentifikasi celah keamanan potensial.
  • Kepatuhan Hukum dan Regulasi: Memastikan bahwa bisnis mematuhi regulasi keamanan data dan melindungi informasi pelanggan dengan benar.
  • Investigasi Keamanan: Menyelidiki insiden keamanan, termasuk pencurian data atau serangan siber, untuk mengidentifikasi pelaku dan memahami cara kerja serangan tersebut.

Mengapa Perlindungan IT Itu Penting?

pentingnya it security

Jawabannya: Data Anda adalah aset berharga. Pada saat bisnis Anda memiliki trek rekor baik soal keamanan data, pelanggan pun pastinya akan lebih percaya. 

Selain melindungi informasi yang bersifat rahasia, ada pula regulasi keamanan IT yang memang wajib dipatuhi para pelaku bisnis.

Baca Juga: Jasa IT Panggilan, Atasi Gangguan Teknologi di Bisnis Anda

Apa yang Dilakukan Jasa Cyber Security?

jasa cyber security

Intinya, layanan keamanan IT memegang peran kunci dalam mengatasi ancaman cyber pada bisnis. Cara-cara yang dilakukan jasa keamanan IT antara lain:

1. Update Software dan Sistem

Hal pertama yang kami kerjakan adalah memperbarui software dan sistem. 

Alasannya, serangan cyber terus menguat seiring waktu. Sistem yang sudah usang mungkin tidak sanggup lagi mencegah itu. Jadi, semuanya harus up to date.

Serahkan pemeliharaan sistem pada jasa IT supaya operasional bisnis Anda tetap berjalan lancar.

2. Perlindungan Endpoint

Selanjutnya, kami melakukan perlindungan endpoint. Ini adalah upaya melindungi perangkat pengguna akhir, contohnya laptop, smartphone, tablet, dan lainnya.

Semua perangkat yang terhubung ke jaringan bisnis wajib mendapatkan perlindungan ini.

“Perlindungan endpoint mencakup lokal, cloud dan hybrid.”

3. Pemasangan Firewall

Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari serangan cyber adalah dengan mengaktifkan firewall di jaringan Anda. 

Kami memasang firewall sebagai upaya proaktif mencegah akses jaringan tanpa izin. Contoh serangannya man-in-the-middle (MITM).

Sistem firewall akan memblokir serangan sebelum terjadi dampak yang tidak diinginkan.

4. Mengenkripsi dan Backup Data

Informasi rahasia menjadi makanan empuk bagi para hacker. Maka dari itu, kami bantu Anda mengenkripsi dan mencadangkan data agar lebih aman.

Perusahaan wajib melakukan dua hal ini untuk mencegah pencurian identitas dan mengantisipasi serangan ransomware.

Banyak perusahaan yang datanya “diculik” oleh ransomware. Itulah gunanya backup supaya Anda terhindar dari downtime dan kehilangan data.

Baca Juga: Keamanan Jaringan: Pengertian, Jenis, & 6 Aspek yang perlu diperhatikan

5. Memperkuat Keamanan WiFi

Langkah selanjutnya untuk mengatasi ancaman cyber adalah memperkuat keamanan jaringan WiFi lokal.

Pasalnya, perangkat WiFi yang tidak aman dapat disusupi oleh pelaku kejahatan cyber dan dapat membahayakan bisnis Anda.

Saat ini di perkantoran hampir semua perangkat terhubung secara nirkabel via WiFi. Oleh karenanya, keamanan WiFi harus sangat diperhatikan.

6. Melakukan Audit Rutin

Seperti telah dikatakan di awal, konsultan cyber security juga memiliki peran untuk mengaudit keamanan IT untuk menurunkan risiko serangan. Semua hal yang disebutkan sebelumnya akan kami cek lagi secara berkala.

“Dengan IT security yang berkualitas, bisnis dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, mitra dan pemangku kepentingan lainnya.” – Jesper Zerlang, CEO LogPoint

Perkuat Keamanan IT Bisnis Anda dengan Edavos

Kesimpulannya, keamanan cyber memang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari bisnis modern. Ke depan, dunia cyber akan terus memunculkan tantangan baru. 

Ancaman kejahatannya bisa menyerang kapan saja dan merusak reputasi bisnis Anda. Maka dari itu, menggunakan jasa IT security Edavos adalah langkah cerdas untuk melindungi bisnis Anda secara menyeluruh.

Tingkatkan keamanan perusahaan Anda dengan layanan keamanan canggih dan terintegrasi untuk melindungi aset penting, seperti Cisco Umbrella dari Edavos. Kami menyediakan solusi IT terdepan untuk pengalaman yang seamless dan perlindungan yang andal.

Suka Artikel Ini?

Untuk tetap up-to-date dengan artikel terbaru dan tips menarik mengenai Security, ayo bergabung di Newsletter Edavos.

Share