Cyber Security vs Network Security, Perbedaan & Kelebihannya

cyber security vs network security

Cyber security vs network security, mana yang lebih utama untuk kebutuhan bisnis? Di artikel ini, Anda akan menemukan jawabannya.

Keduanya memang sama-sama bertujuan untuk melindungi bisnis dari berbagai ancaman digital, tetapi lingkupnya berbeda. 

Catatan: Anda ingin mendapatkan Gratis Security Assessment eksklusif dari Cisco Umbrella? daftarkan diri anda sekarang! Ingat penawaran ini terbatas hanya untuk 30 pendaftar pertama. Jika anda membutuhkan Solusi IT lainnya, kami memiliki berbagai layanan Jasa IT Terbaik yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

Untuk mencegah bisnis Anda mengalami peretasan, serangan malware, atau pencurian data, Anda perlu memahami konsep cyber dan network security.

Lantas, bagaimana keduanya bekerja dan apa kelebihan masing-masing? Kami jelaskan secara lengkap di bawah ini.

Pengertian Cyber Security dan Network Security

Supaya tidak salah paham lagi, pertama-tama Anda harus tahu terlebih dahulu definisinya.

Cyber security adalah sebuah sistem yang menjaga keamanan perangkat dan interaksi di ruang web agar tetap aman dari ancaman online.

Baca Juga: 8 Tips Perlindungan Ransomware untuk Bisnis Paling Ampuh

Maraknya kasus serangan ransomware dan pelanggaran data mendorong banyak perusahaan mulai berinvestasi pada cyber security.

“Kesadaran perusahaan ditandai dengan nilai pasar global cyber security yang bernilai USD 18,6 miliar di tahun 2023.” ~ Canalys

Sementara itu, pengertian network security adalah perlindungan dari dalam yang fokus mengamankan infrastruktur IT dan sistem bisnis.

Jadi, sebenarnya network security adalah bagian dari cyber security. Jika ditarik ke atas lagi, keduanya termasuk dalam upaya melindungi keamanan informasi.

perbedaan cyber security vs network security

Cyber Security vs Network Security, Apa Perbedaannya?

Dari penjelasan tadi, perbedaan cyber security vs network security sudah cukup jelas, bukan? Lebih lengkapnya, simak poin-poin berikut:

1. Hal yang Dilindungi

hal yang dilindungi

Cyber security memiliki cakupan yang luas meliputi semua aspek keamanan online untuk mencegah serangan dari dunia maya (cyberspace).

Perannya adalah melindungi seluruh data bisnis Anda, baik yang berada di perangkat lokal maupun server. 

Di sisi lain, network security melindungi lalu lintas informasi di jaringan komputer lokal dari penyusup yang ingin mengakses data secara ilegal.

Meski cakupannya lebih sempit, network security penting untuk peningkatan keamanan bisnis.

2. Jenis Ancaman

ancaman cyber security

Perbedaan yang kedua yaitu jenis ancaman yang dihadapi. 

Harus diakui, bahwa ancaman cyber security jumlahnya lebih banyak, termasuk phishing, malware, DNS tunneling, dan kejahatan cyber lainnya.

Sementara gangguan yang biasanya terjadi dalam jaringan antara lain virus, trojan, worm, social engineering, dll.

3. Cara Pengamanan Datanya

pengamanan data cyber security dan network security

Bagaimana cara cyber security mengamankan data?

Saat menangani keamanan cyber, biasanya hal-hal yang menjadi fokus utama adalah celah keamanan di source code, filter email, atau DNS.

Baca Juga: Review Cisco Umbrella: Pilihan Terbaik untuk Keamanan Cloud Bisnis

Jika ingin mendapatkan perlindungan cyber yang menyeluruh, gunakan DNS aman Cisco Umbrella. Hubungi kami untuk mendapatkan uji coba gratis!

Sementara itu, network security menggunakan firewall, antivirus, VPN, dan cara lain untuk melindungi infrastruktur IT serta data di dalamnya.

4. Contoh Praktiknya

contoh cyber security dan network security

Selanjutnya, contoh cyber security vs network security komputer. Praktiknya agak berbeda karena skala perlindungan keduanya pun berbeda.

Untuk meningkatkan cyber security, hal yang dilakukan misalnya mengevaluasi keamanan cloud atau merencanakan backup dan recovery data.

Pada network security, praktiknya cenderung lebih sederhana. Sebagai contoh, patching sistem operasi, mengenkripsi WiFi, mengaktifkan firewall, dll.

Anda bisa menggunakan jasa IT jika ingin mendapatkan layanan lengkap.

5. Peran Profesional Cyber Security dan Network Security

peran profesional cyber security dan network security

Profesional keamanan cyber bertanggung jawab memantau sekaligus melindungi sistem perusahaan dari berbagai macam ancaman online.

Mereka biasanya juga ahli dalam proses recovery data dan mendeteksi potensi ancaman. Sedangkan ahli keamanan jaringan umumnya lebih proaktif dengan tugasnya menjaga infrastruktur IT.

Seorang profesional network security harus dapat mencegah dan menangani gangguan jaringan yang bisa membahayakan data.

Keuntungan Menerapkan Kedua Jenis Keamanan

Kesimpulannya, cyber security dan network security saling terkait. Keduanya harus diterapkan bersama. Berikut keuntungan dari masing-masing sistem keamanan tersebut:

Cyber SecurityNetwork Security
Melindungi jaringan bisnis dari serangan cyber.Melindungi infrastruktur IT dari gangguan.
Membuat Anda lebih aman saat berselancar di internet.Memastikan keamanan data yang mengalir di jaringan perusahaan.
Menjamin keamanan semua jenis data, termasuk data sensitif, informasi pribadi, hak cipta, dll.Meningkatkan kinerja dan keandalan jaringan.
Menurunkan risiko kerugian finansial akibat kejahatan cyber.Melindungi informasi yang tersimpan di dalam jaringan.
Mampu mendeteksi serangan cyber dan meresponsnya dengan cepat.Melindungi jaringan internal perusahaan dari akses ilegal.

Wajar jika keuntungannya terlihat mirip. Pasalnya, cyber security dan network security adalah dua hal yang saling melengkapi.

Baca Juga: Keamanan Jaringan: Pengertian, Jenis & Manfaatnya bagi Bisnis

Menerapkan keduanya akan melindungi bisnis Anda lebih optimal dari berbagai ancaman serta memastikan kelangsungan bisnis.

Tingkatkan Kesadaran tentang Keamanan Bisnis Anda!

Keamanan digital tidak boleh diabaikan seiring berkembangnya berbagai ancaman baru di dunia maya.

Semua bisnis harus siap menghadapinya. Oleh karena itu, investasikan lebih untuk kebutuhan cyber security dan network security.

Tidak perlu mahal, Edavos menawarkan jasa network assessment yang dapat membantu menganalisis serta meningkatkan keamanan bisnis Anda.Sekarang Anda tidak perlu berdebat lagi tentang cyber security vs network security. Tidak ada yang lebih utama karena keduanya sama-sama penting. Pelajari lengkapnya tentang network assessment Edavos atau hubungi kami dengan menekan tombol WhatsApp pada banner di bawah.

Suka Artikel Ini?

Untuk tetap up-to-date dengan artikel terbaru dan tips menarik mengenai Security, ayo bergabung di Newsletter Edavos.