fbpx

7 Jenis Presentasi Video

Di era serbadigital seperti sekarang, video memegang peranan penting dalam menyampaikan pesan dan menyajikan pembahasan tertentu. Media ini terbukti mampu menarik perhatian audiens sehingga pesan yang ingin disampaikan pun bisa lebih mudah diterima dan dimengerti.

Video juga bisa digunakan sebagai media penunjang presentasi. Presentasi video dibuat sedemikian rupa untuk menyampaikan beragam ide atau mengomunikasikan gagasan dengan banyak orang. Agar bisa menggunakan media ini dengan tepat, Anda perlu mengetahui jenis-jenis presentasi video berdasarkan tujuannya. Berikut adalah beberapa tipe presentasi video yang bisa Anda temukan.

 

  • Presentasi Video Persuasi atau Pitching

Jenis-jenis presentasi video dibuat dengan visi dan tujuan yang berbeda, termasuk jenis video yang satu ini. Berisi konten-konten persuasif, video pitching bertujuan untuk menarik perhatian calon klien atau investor bisnis Anda.

Presentasi yang disampaikan melalui media audio-visual seperti video akan membuat bisnis Anda terlihat positif dan profesional di mata calon investor. Pemaparannya pun akan terkesan lebih menarik dan mudah dimengerti.

 

  • Presentasi Video Penjualan

Salah satu tujuan utama sebuah bisnis atau perusahaan adalah meningkatkan penjualan. Untuk mencapai target penjualan optimal, video presentasi yang tepat sasaran merupakan media yang bisa diandalkan. Pemaparan tentang produk-produk yang akan dijual juga bisa ditampilkan dengan lebih terstruktur. Anda pun dapat menambahkan sejumlah elemen menarik ke dalam video untuk meningkatkan daya tarik penjualan.

 

  • Presentasi Video Promosi

Sekilas, presentasi video promosi terdengar serupa dengan video penjualan. Namun, dua jenis presentasi ini ternyata memiliki tujuan dan karakteristik yang berbeda. Video promosi tidak selalu ditujukan untuk meningkatkan penjualan. Anda bisa menggunakan media tersebut untuk memperkenalkan konsep produk baru, memaparkan program, atau menjelaskan gerakan sosial bagi masyarakat.

 

  • Presentasi Video Informasi

Seperti namanya, tujuan presentasi video ini murni untuk menyampaikan beragam informasi. Isi informasi yang disampaikan dapat berupa laporan cuaca, peristiwa, atau kondisi alam dan sosial. Tujuannya memberikan pengetahuan kepada audiens agar mereka bisa lebih peka dan kritis terhadap informasi yang didapatkan. Film dokumenter merupakan salah satu contoh video informasi yang paling sering ditemui.

 

  • Presentasi Video Edukasi

Tak hanya memenuhi kebutuhan promosi dan penyampaian informasi, video presentasi juga bisa digunakan sebagai media edukasi. Dengan menggunakan media audio-visual, aktivitas belajar-mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Penggunaan jenis video presentasi ini tidak hanya bisa dilakukan saat pembelajaran tatap muka. Beberapa portal online course di dalam dan luar negeri juga kerap menampilkan video edukasi sebagai bagian dari sesi pembelajaran.

 

  • Presentasi Video Pelatihan

Saat membahas jenis-jenis presentasi video, video pelatihan adalah tipe yang tak boleh dilewatkan. Presentasi video ini bisa digunakan dalam sesi training karyawan baru di sebuah perusahaan.

Isinya dapat berupa pengenalan perusahaan, profil pemimpin dan staf, hingga deskripsi pekerjaan dan peraturan yang harus diikuti para karyawan baru. Presentasi yang disampaikan lewat video interaktif biasanya akan membuat karyawan lebih termotivasi.

 

  • Presentasi Video Hiburan

Dibandingkan jenis-jenis presentasi video lainnya, presentasi video hiburan memiliki isi dan format yang paling fleksibel. Presentasinya dapat berupa catatan perjalanan liburan, ulasan buku atau film, hingga video musik. Karena tujuannya menghibur, presentasi video hiburan bisa dibuat oleh siapa saja tanpa perlu berkaitan dengan konteks profesional.

 

Melihat jenis-jenis presentasi video dengan ragam fungsi dan tujuannya, tak heran jika media audio-visual ini kian ramai digunakan dalam berbagai konteks, dari konteks bisnis hingga pendidikan. Anda pun bisa ikut menciptakan sarana penyajian yang kreatif dan menarik dengan menggunakan presentasi video dalam berbagai kesempatan.

Recent Posts

Leave a Comment

Apa itu TeleconferenceManfaat Kantor Virtual