fbpx

Buat Ruangan Kedap Suara untuk Area Kerja

Untuk bisa bekerja secara produktif, sebagian orang memerlukan suasana yang tenang tanpa gangguan suara bising dari luar. Namun, suasana ideal tersebut terbilang sulit didapatkan jika Anda tinggal di kota besar, apalagi jika tempat tinggal atau kantor Anda berada dekat dengan jalan raya. Solusi efektif yang bisa dilakukan adalah menahan kebisingan dari luar dengan membangun ruangan khusus yang kedap suara. Dari cara mudah yang bisa dilakukan sendiri hingga konsep profesional yang melibatkan ahli, berikut adalah beberapa cara membuat ruangan kedap suara yang bisa Anda terapkan.

 

  • Modifikasi Pintu dan Jendela

Celah di bagian bingkai pintu atau jendela membuat suara dari luar semakin mudah masuk. Oleh karena itu, untuk membangun ruangan kedap suara, hal pertama yang harus dilakukan adalah menutup celah-celah tersebut.

Sebagai langkah awal, Anda bisa melapisi pintu dengan lapisan soundproof khusus. Sementara itu, untuk menangkal suara yang masuk dari jendela, fitur weather strips bisa dipertimbangkan sebagai solusi utama. Ini merupakan salah satu cara membuat ruangan kedap suara yang terbilang mudah karena Anda bisa mencoba untuk memasangkannya sendiri.

 

  • Lapisi Seluruh Lantai dengan Karpet

Selain memodifikasi pintu dan jendela untuk mengurangi suara masuk, Anda juga bisa meredam gelombang audio dari luar dengan memasang karpet di seluruh bagian lantai ruangan.

Lantai berkarpet akan menahan suara yang datang dari luar karena getarannya tidak akan langsung terpantul. Selain itu, melapisi seluruh lantai dengan karpet juga akan membuat ruangan terasa lebih nyaman dan terlihat lebih stylish.

 

  • Manfaatkan Furnitur

Cara membuat ruangan kedap suara yang juga patut dicoba adalah dengan memanfaatkan furnitur berukuran cukup besar, seperti lemari atau rak buku. Cara ini terbilang mudah dan cukup efektif diterapkan di ruangan yang ukurannya luas.

Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan lemari atau rak buku persis di depan dinding ruangan. Furnitur yang menempel ke dinding akan mengurangi transmisi suara dari ruangan lain. Cara ini juga bisa dilakukan pada dinding ruangan yang tepat menghadap ke jalan raya.

 

  • Gunakan Panel Akustik

Panel akustik biasanya digunakan sebagai elemen peredam suara di studio musik. Namun, Anda pun bisa memasang panel ini untuk menciptakan ruangan kedap suara di rumah atau kantor.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah panel akustik berbahan fiberglass yang lapisan luarnya terbuat dari bahan Mylar tipis berlubang. Panel akustik jenis ini memang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis lainnya, tetapi hasilnya pun akan optimal dan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

 

  • Terapkan Sistem Insulasi Ruangan

Cara membuat ruangan kedap suara yang satu ini merupakan pilihan profesional yang hanya bisa dilakukan dengan bantuan tenaga ahli. Sistem insulasi dibangun secara menyeluruh dengan bahan-bahan bangunan khusus yang dipasangkan di setiap bagian ruangan, termasuk dinding, langit-langit, dan lantai. Oleh karena itu, hasilnya pun sudah tak perlu diragukan lagi.

Sistem ini mampu meredam segala jenis bunyi dari setiap celah sehingga Anda bisa memiliki ruangan yang benar-benar kedap suara. Selain berfungsi sebagai peredam kebisingan, sistem insulasi yang sering diterapkan di area perkantoran dan bangunan perkotaan modern juga memiliki fungsi untuk menahan sinar matahari. Dengan begitu, temperatur di dalam ruangan akan tetap stabil karena perambatan panas dari luar bisa tertahan.

 

Itulah beberapa cara membuat ruangan kedap suara untuk menciptakan area kerja atau tempat tinggal yang tenang dan nyaman. Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda bisa mendapatkan suasana ideal yang akan membantu produktivitas kerja tanpa gangguan suara bising dari luar.

Recent Posts

Leave a Comment

Webex Diagnostic 3