fbpx

Ukur Kualitas Meeting Anda dengan Webex Diagnostic!

Pada masa pandemi ini banyak perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah cara kita berinteraksi dan berkolaborasi dalam bekerja. Saat  kita diwajibkan untuk Work From Home interakasi kita beralih dari pertemuan fisik ke virtual atau bertemu secara daring. Perusahaan / organisasi marak menggunakan teknologi meeting online seperti zoom, google meet, ms teams, dan cisco webex. Dalam memilih teknologi yang sesuai untuk suatu perusahaan/organisasi adalah salah satu peran terpenting yang dimiliki manajer TI. Manajer TI harus bisa memastikan bahwa teknologi yang diterapkan bisa diukur kualitasnya dan mudah dalam menangani permasalahan yang timbul saat digunakan. Terkadang disaat meeting anda tidak tahu apa yang menyebabkan meeting anda terganggu. Apakah penyebabnya dari konkesi yang buruk atau memang ada masalah dari kemampuan perangkat (laptop/pc/smartphone) seperti CPU yang tinggi, memory yang full dan lain sebagainya. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Hal tersebut bisa dianalisa oleh tool webex control hub yaitu Webex Diagnostic.

Webex Diagnostic

Webex diagnostic adalah bagian dari tools webex control hub yang berfungsi sebagai reporting dari kondisi sebuah meeting. Webex diagnostic memudahkan IT administrator untuk mengumpulkan data detail tentang kualitas meeting yang sedang berlangsung atau telah berlangsung. Data seperti kondisi koneksi saat meeting, kualitas audio, kualitas video, dan kualitas sharing presentasi bisa anda peroleh melalui webex diagnostic. Dengan data yang dikumpulkan oleh webex diagnostic anda bisa menganalisa kualitas dan kendala yang sebenarnya terjadi.

Cara Mengetahui Kualitas dari Sebuah Meeting Menggunakan Webex Diagnostic

Untuk menggunakan webex diagnostic terlebih dahulu anda harus memiliki account webex control hub dengan role sebagai  full administrator pada organisasi webex anda. Jika anda sudah sebagai administrator, akses halaman control hub anda pada url admin.webex.com.

1. Masukan username dan password

Webex Diagnostic 1
Webex Diagnostic 2

2. Setelah masuk kedalam dashboard webex control hub, pilih Troubleshooting.

Webex Diagnostic 3

3. Pada halaman Troubleshooting anda bisa memilih untuk mencari informasi meeting yang sedang berlangsung (Live Meeting) atau mencarai informasi meeting yang lampau (Search) (1).Untuk mencari informasi meeting yang anda inginkan, ketik email / Meeting Number / Nama Perangkat yang digunakan pada kalom ber icon      (2), anda juga bisa menentukan rentang tanggal meeting yang anda cari (3). Kemudian klik meeting yang ingin anda lihat informasi diagnostic-nya (4).

Webex Diagnostic 4

4. Pada halaman diagnostic meeting anda bisa melihat informasi mengenai penggunaan audio, video, sharing, dan detail meeting masing-masing peserta.

  • Audio

Berikut adalah informasi mengenai penggunaan audio peserta meeting. Pada grafik di bawah menampilkan kualitas audio dari saat peserta awal meeting hingga meeting berakhir .jika ada peserta yang tidak mengaktifkan audio ( mute ) anda bisa mengetahuinya. Untuk melihat istilah simbol dan indikator kualitas ada pada chart legend yang tersedia pada bagian bawah.

Webex Diagnostic 5
  • Video

Berikut adalah informasi mengenai penggunaan video peserta meeting. Pada grafik di bawah menampilkan kualitas video hd ataupun non-hd dari saat peserta awal meeting hingga meeting berakhir .jika ada peserta yang tidak mengaktifkan video ( mute ) anda bisa mengetahuinya. Untuk melihat istilah simbol dan indikator kualitas ada pada chart legend yang tersedia pada bagian bawah.

Webex Diagnostic 6
  • Sharing

Berikut adalah informasi mengenai penggunaan sharing konten peserta meeting. Pada grafik di bawah menunjukan bahwa meeting tersebut tidak ada sharing konten . Untuk melihat istilah simbol dan indikator kualitas ada pada chart legend pada bagian bawah.

Webex Diagnostic 7

5. Untuk melihat informasi secara detail kualitas meeting masing-masing peserta anda bisa mengklik nama peserta yang ingin anda lihat.

Webex Diagnostic 8
  • Detail Kualitas Audio

Berikut adalah detail grafik dari kualitas audio saat meeting berlangsung . Anda bisa melihat nilai latency, packet loss, jitter , dan media bitrate dari send ataupun receive audio saat meeting . Dari sini anda bisa menentukan apakah infrastruktur jaringan anda memadai untuk melakukan meeting secara online. Untuk melihat istilah simbol dan indikator kualitas ada pada chart legend yang tersedia pada bagian bawah.

Webex Diagnostic 9
Webex Diagnostic 10
  • Detail Kualitas Video

Berikut adalah detail grafik dari kualitas video saat meeting berlangsung . Anda bisa melihat nilai latency, packet loss, jitter , media bitrate , frame rate (fps) hingga resolusi video saat meeting  dari send ataupun receive. Dari sini anda bisa menentukan apakah infrastruktur jaringan anda memadai untuk melakukan meeting secara online. Untuk melihat istilah simbol dan indikator kualitas ada pada chart legend yang tersedia pada bagian bawah.

Webex Diagnostic 11
Webex Diagnostic 12
  • Detail Kualitas Sharing Konten

Berikut adalah detail grafik dari kualitas sharing konten saat meeting berlangsung . Anda bisa melihat nilai latency, packet loss, jitter , media bitrate , frame rate (fps) hingga resolusi konten yang di sharing  saat meeting  berdasarkan send ataupun receive. Dari sini anda bisa menentukan apakah infrastruktur jaringan anda memadai untuk melakukan meeting secara online. Untuk melihat istilah simbol dan indikator kualitas ada pada chart legend yang tersedia pada bagian bawah.

Webex Analytics 13
  • Detail Penggunaan CPU dan Memory

Berikut adalah detail grafik dari presentase penggunaan CPU dan Memory saat meeting menggunakan aplikasi webex . Dari sini anda bisa menentukan apakah perangkat komputer anda mampu digunakan untuk kegiatan meeting secara online menggunakan webex. Untuk melihat istilah simbol dan indikator kualitas ada pada chart legend yang tersedia pada bagian bawah.

Webex Analytics 14

Selain detail yang sudah dijelaskan di atas anda juga bisa melihat detail informasi mengenai IP address , versi aplikasi webex, koneksi yang digunakan ( wireless/wired/cellular ) , bahkan jenis kamera, microphone dan speaker yang digunakan.

Kata Penutup

Webex diagnostic sangatlah luas dan tidak mungkin artikel ini mencakup semua yang ada di dalamnya. Cara terbaik untuk mempelajari featurenya adalah dengan mencoba dan menjelajahi sendiri secara langsung . Jika Anda tertarik dengan demo Webex atau Webex Diagnostic , silakan klik di sini untuk menghubungi kami atau mengirim pesan kepada kami. Kami ingin menunjukkan kepada anda apa yang ditawarkan platform hebat ini.

Anda tertarik dengan Webex Diagnostic?

Edavos siap membantu anda

Recent Posts

Leave a Comment

Cara Membuat Ruangan Kedap SuaraCisco Webex Endpoint