Pentingnya Security Untuk Software Video Conference

security untuk software video conference

Di tengah maraknya berbagai macam kelas online hingga webinar, banyak yang meragukan keamanan dari software atau aplikasi video conference. Ada yang merasa takut bahwa informasi di dalam online meeting tersebut di-hack hingga bocor ke internet. Selain itu masih ada hal-hal lainnya yang ditakuti ketika berbicara mengenai keamanan. Tentunya topik khusus mengenai pentingnya security untuk software video conference menjadi penting saat ini.

Keamanan dari software video conference memang sebenarnya berbeda-beda. Ini semua tergantung dari software apa yang digunakan oleh Anda untuk mengadakan meeting online, kelas online, atau webinar. Namun untuk bisa menjaga keamanan data di dalamnya, ada beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan. Tentunya persiapan ini sangat penting agar keamanan sepanjang online meeting berjalan maksimal.

Menggunakan Software Resmi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah selalu menggunakan aplikasi atau software resmi. Saat ini tersedia cukup banyak software video conference yang bisa Anda gunakan. Dari sekian banyak software yang ada, pilih versi resmi. Unduh setiap software dari website resminya. Kemudian jangan lupa untuk selalu menggunakan versi terbaru karena bisa saja ada pembaruan yang meningkatkan sisi keamanan software

Baca juga: Memilih Video Conference Terbaik

Terdapat Fitur Enkripsi

Sekarang Anda harus melihat apakah software yang digunakan memiliki fitur enkripsi, private chatend-to-end encryption, hingga link communication. Tentunya seluruh fitur itu bisa digunakan sepanjang video conference berlangsung. Jadi keamanan menjadi semakin kuat dari gangguan pihak tidak bertanggung jawab.

Ada Fitur Pembatasan

Selain itu perhatikan fitur Security yang biasanya memang selalu ada di tiap software video conference. Perhatikan apakah ada fitur pembatasan peserta untuk bergabung ke dalam online meeting. Fitur ini bisa membuat para peserta berada di dalam Waiting Room sebelum Anda izinkan masuk. Anda bisa melihat apakah setiap peserta yang sedang menunggu di Waiting Room memang valid atau tidak. Hal ini meminimalisir orang asing masuk ke dalam room.

Baca juga: Perbandingan Software Video Conference

Menggunakan Password

Dalam membahas pentingnya security untuk software video conference, jangan lupa untuk selalu memberikan password dengan ID setiap melakukan online meeting. Jadi tidak akan sembarangan orang bisa masuk karena hanya pihak tertentu yang pastinya mendapatkan password dan ID dari Anda.

Menggunakan Akun Resmi Sebagai Host

Anda juga harus menggunakan akun resmi sebagai host. Apalagi menggunakan akun milik pribadi karena hal itu bisa membuat pihak peserta kurang percaya dengan keamanan video conference tersebut.

Setiap Peserta Memakai Nama dan Foto Asli

Pastikan untuk meminta seluruh peserta menggunakan nama dan foto asli. Dari sana bisa dilihat apakah memang orang-orang yang ikut memang sudah terdaftar atau belum. Persyaratan ini meminimalisir orang asing masuk ke dalam room sehingga keamanan data bisa lebih terjaga.

Baca juga: Pengertian Video Conferencing Beserta Manfaatnya

Selalu Menanyakan Akses Kamera dan Audio

Software yang aman dan terjamin selalu bertanya kepada Anda ketika ingin membuka akses kamera dan audio. Jika tiba-tiba bisa langsung terbuka dan terdengar walaupun baru pertama kali, berarti ada yang salah. Anda harus lebih hati-hati menggunakan software tersebut.

Di antara semua software video conference yang ada, Cisco Webex adalah pilihan paling tepat untuk Anda. Dengan tingkat keamanan paling tinggi diantara software yang lain, Anda bisa terjaga dari gangguan pihak tidak bertanggung jawab. Selain itu, Anda juga tetap mendapatkan beragam fitur menarik lainnya. Ingin tahu informasi lebih lengkap tentang Webex Meeting? Hubungi kami karena Edavos merupakan official partner Cisco Webex di Indonesia!

Leave a Comment

shares