fbpx

Internet of Things

Evolution or Revolution?

iot

Internet of Things (IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk terhubungnya semua benda fisik ke jaringan internet. Kemunculan IoT mampu menjembatani mesin yang memproduksi data dengan memanfaatkan sensor, dalam perangkat seperti ponsel dan perangkat pintar lainnya untuk mengumpulkan informasi secara realtime. IoT memiliki kemampuan untuk berbagi data, sebagai remote control, dll. Kemampuan IoT dapat diaplikasikan juga pada benda mati maupun benda hidup yang ada di dunia nyata  selama benda tersebut tersambung ke jaringan lokal atau global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif. Pada dasarnya manfaat dari IoT itu sendiri bertujuan untuk untuk membuat pekerjaan yang kita lakukan menjadi cepat, mudah, dan efisien. Kita pun dapat mengambil keputusan yang terbaik dan tercepat dari informasi realtime yang disajikan oleh penerapan IoT.

iot-blog

Menurut Edavos komponen IoT yang di perlukan diantaranya:

  • Visibility jaringan dimana kita bisa mengetahui aplikasi apa saja yang lewat di dalam jaringan kita. Sehingga kita bisa memonitor secara real time.
  • Keamanan Aplikasi dan Jaringan, ini adalah komponen yang sangat penting dalam teknologi IoT kita harus menjamin bahwa aplikasi dan jaringan tersebut aman, karena semua akan terkoneksi ke jaringan melalui aplikasi.
  • Perangkat bisa terkoneksi ke jaringan IP baik lewat kabel maupun nirkabel, dimana perangkat ini juga sudah memiliki aplikasi yang bisa menganalisa data.
  • Sistem aplikasi yang sudah terintegrasi dengan perangkat, jaringan dan keamanan.

Tujuan dari Teknologi IoT menurut Edavos, antara lain:

  • Memudahkan hidup manusia dengan tidak terbatas oleh fisik dan waktu.
    Contoh: Lemari pendingin yang memiliki teknologi IoT mampu memberikan notifikasi kepada pemilik bahwa persediaan makanan/minuman yang kian menipis atau sudah kedaluwarsa supaya pemilik dapat berbelanja.
  • Meningkatkan keamanan alat yang di pakai setiap hari.
    Contoh: Mobil self driving bisa mencegah terjadinya kecelakaan yang bisa diakibatkan oleh kesalahan manusia
  • Meningkatkan produktifitas bisnis.
    Contoh: Gudang yang smart dimana semua pekerjaan bisa dikerjakan oleh robot dan tetap aman sesuai dengan protocol yang ada.
iot-blog2

Edavos merupkan system integrator yang bisa membantu customer dalam menerapkan konsep IoT untuk melakukan transformasi bisnis digital dan mengidentifikasi tren bisnis kedepannya. Edavos bekerjasama dengan Cisco sebagai penyedia teknologi jaringan dan keamanan data dan Crestron sebagai penyedia sensor dan aplikasi. Contoh project IoT yang pernah di kerjakan oleh Edavos antara lain smart room dengan menggunakan teknologi Crestron dan Cisco. Edavos juga mempunyai keahlian dalam mengimplementasikan teknologi Enterprise Network, Collaboration Tools, Security dan Data Center yang dimana teknologi tersebut adalah keharusan dalam mengimplementasikan IoT.

Jika Internet of Things sudah berada di depan mata,

apakah hidup dan bisnis anda sanggup untuk mengelola kompleksitas teknologi IoT? 

Bersiaplah untuk menikmati perangkat ber-IoT dalam kehidupan sehari-hari kita, segera!

Hubungi kami, segera!

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt